in

Air Terjun Alue Meuh Aceh

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Air Terjun Alue Meuh Aceh yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Banda Aceh.

Air Terjun Alue Meuh 

Alue Meuh, (bahasa Aceh, Alue = sungai kecil; meuh = emas), merupakan salah satu dari delapan dusun yang terlatak di Gampong (Desa) Gunci, Kecamatan Sawang Aceh Utara. Gampong Gunci itu sendiri adalah gampong yang terletaknya paling selatan di Kecamtan Sawang, berbatasan langsung dengan Kabupaten Bener Meriah. Sementara di sebelah barat dengan Kabupaten Bireuen. Gunci merupakan salah satu Gampong terluas di Aceh Utara yang mempunyai wilayah sekitar 15.000 ha.

Di Dusun Alue Meuh terdapat satu air terjun yang masih perawan yang diberi nama “Air Terjun Alue Meuh”. Air terjun ini belum banyak dijamah oleh manusia. Masih alami dan belum ada campur tangan manusia, baik oleh penduduk setempat maupun pemda. Di daerah ini belum terdapat fasilitas penunjang untuk memudahkan pengunjung melakukan berbagai aktivitas. Tidak ada pemandu jalan (guide), penjual makanan ataupun kios yang menjual keperluan. Pengunjung yang datang menikmati keindahan air terjun biasanya membawa keperluannya sendiri yang dibeli di Kota Sawang atau dari tempat lain.

Air terjun ini terletak lebih kurang 70 km dari kota Lhokseumawe ke arah Banda Aceh. Untuk pergi ke sana, kita dapat melalui Krueng Mane dan selanjutnya melalui jalan Sawang – Krueng Mane. Jalan ini sudah dapat dilalui dengan lancar karena sudah beraspal. Namun pada daerah-daerah tertentu jalan mulai berlubang karena sering dilewati truk pengangkut batu kali dan kayu. Jalan dengan lebar 5 m, dan dikiri kanan banyak ditumbuhi tanaman perkebunan seperti pinang, kakoa dan tanaman lainnya. Karena masih banyak hutan dan pohon, dalam perjalanan kita masih sering melihat burung dan hewan-hewan liar lainnya. Ini dapat menambah kenyamanan dalam perjalanan.

Jika sedang musim durian maka kita dapat membeli dengan harga murah. Durian merupakan salah satu daya tarik perjalanan ke Alue Meuh karena Gampong Gunci merupakan juga penghasil durian Sawang yang terkenal enak. Dalam perjalanan ke Alue Meuh kita akan melwati sungai dan jembatan Sawang. Jembatan ini terletak di atas Krueng (Sungai) Sawang dengan pemandangan yang indah. Krueng Sawang merupakan salah satu destinasi wisata lokal di Aceh Utara beberapa waktu yang lalu. Namun sekarang Krueng Sawang tidak diizinkan lagi sebagai tempat wisata karena berbagai pertimbangan.

Setiba kita di pusat Gampong Gunci, maka kita harus melakukan perjalanan lagi ke Alue Meuh. Jalan ke sana belum beraspal. Hanya jalan tanah yang sudah dilakukan pengerasan dengan menambah batu di atasnya. Jalanpun menajak dan menurun. Oleh karena itu traveler harus berhati-hati. Namun tantangan itu semua akan terbayar lunas ketika sampai di Air Terjun Alue Meuh. Pemandangan yang asri, air yang jernih dan bening serta suasana alam yang masih alami. Bagi para petualang, air terjun ini laksana sekeping mutiara di tengah hutan. Sangat indah.

Air Terjuan Alue Meuh punya potensi besar untuk dijadikan objek wisata. Namun harus dilengkapi dengan sarana pendukung, baik sarana di lokasi dan maupun sarana transportasi seperti jalan. Dengan pengelolaan yang baik maka wisatawan akan berdatangan ke sana. Ini akan akan meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan penduduk setempat. Satu hal lagi yang jangan dilupakan adalah hutan penyangga air harus tetap dijaga dengan baik. Hutan ini berfungsi mengalirkan air sepanjang tahun ke Air Terjun Alue Meuh. Jika tidak dijaga maka Air Terjun dan sungai akan menjadi kering di musim kemarau.

Dan itu adalah informasi tentang tempat wisata Air Terjun Alue Meuh Aceh yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang belribur di Banda Aceh.

Embung Lambadeuk Aceh

Museum Islam Samudera Pasai Aceh