in

Air Terjun Sarasah Padang

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Air Terjun Sarasah Padang yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Padang.

Air Terjun Sarasah 

Selain kuliner dan keindahan pesisir pantai, Kota Padang di Sumbar punya air terjun indah yang tersembunyi. Namanya air terjun Sarasah Ulu Gadut, yang bentuknya pun unik karena berupa bebatuan bertumpuk-tumpuk seperti piramida. Air terjun yang ini berada di pedalaman hutan Bukit Sarasah, Desa Koto Baru, Ulu Gadut, Kelurahan Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat. Berjarak 17 km sebelah pusat  atau 2 km dari LIK Gadut dengan waktu tempuh sekitar 40 menit.

Menurut ceritanya Air Terjun Sarasah Ulu Gadut ini disebut juga dengan Air Terjun Sarah Banyak Gariang. Dahulunya kolam air terjun tersebut banyak ikan Gariang, karena itu masyarakat Ulu Gadut memberi nama Air Terjun Sarasah Banyak Gariang yang berada di ketinggian sekitar 40 meter. Menuju Air Terjun Sarasan Ulu Gadut sangat mudah dapat dilalui menggunakan kendaraan beroda dua dan empat namun baiknya menggunakan motor agar lebih mudah dan santai. Pada kesempatan itu saya bersama rekan komunitas mencoba menikmati indahnya air terjun tercantik di Kota Padang ini.

Perjalanan menuju air terjun dimulai dengan mengikuti jalan Raya Ulu Gadut hingga menemukan jalan yang berbatu. Kemudian sampai di posko sebelum jembatan kayu berwarna cat hijau yang memiliki atap seperti rumah. Pokoknya jalannya lurus saja mengikuti jalan utama. Bila ragu dapat bertanya kepada peduduk sekitar mereka akan dengan senang hati menunjukan arahnya. Sesampainya di posko, kendaraan diparkirkan. Posko ini berupa rumah penduduk yang memiliki kedai. Cukup membayar uang masuk Rp 3000 per orang dan parkir Rp 2000 per motor, sudah bisa memulai perjalanan

Untuk sampai lokasi, hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki saja,  cukup mudah, sudah ada jalurnya, tidak ada jalan yang mendaki atau turunan tajam, hanya menyusuri perkebunan mayarakat. Ikuti saja jalan setapak hingga bertemu dengan aliran sungai. Jalannya lurus dan tidak ada persimpangan. Kunci bila ingin menjelajah air terjun itu adalah cukup mengikuti aliran sungai pasti akan bertemu dengan sumbernya. Ketika bertemu dengan aliran sungai berarti semakin dekat dengan air terjun.

Dengan menyusuri aliran sungai akan bertemu dengan air terjun bila cuaca sedang bagus, namun bila cuaca kurang baik, bagusnya melewati perkebunan masyarakat yang berada di tepian sungai. Untuk sampai ke air terjun tersebut dapat memakan waktu kurang lebih 1,5 jam dengan jarak tempuh kira-kira 6 km. Sesampainya di lokasi akan disambut dengan pemandangan air yang terjun yang menakjubkan. Panorama jutaan kubik air yang menghempas bebatuan begitu mempesonannya dan jatuh menyebar ke segala arah.

Wajar saja dikatakan cantik, sebab air berjatuhan melewati bebatuan yang berbentuk seperti kubus menumpuk layaknya bangunan piramida.  Air terjun ini merupakan Air Terjun Sarasah Ulu Gadut tingkat pertama dengan ketinggian sekitar 6-8 m. Air Terjun Sarasah Ulu Gadut sebenernya memiliki 7 tingkatan dan masing-masing tingkatan tersebut memiliki jalur tersendiri. Dari air terjun tingkat pertama ini akan terlihat air yang mengalir lurus dari kejauhan yang merupakan Air Terjun Sarasah Ulu Gadut tingkat kedua.

Untuk bisa sampai ke sana cukup mudah dengan menaiki bebatuan dari air terjun tingkat pertama. Ketinggian air terjun ini sekitar 10-15 meter dan memiliki sebuah kolam.  Jika telah sampai di lokasi, harus hati-hati karena bebatuan di air terjun ini yang licin dan berlumut. Pengunjung biasanya bila datang ke Air Terjun Sarasah Ulu Gadut ini hanya sampai tingkat pertama dan kedua. Tak banyak yang mau mengeksplore lagi hingga ke tingkat ketujuh sebab trackingnya cukup sulit dan memacu adrenalin. Saat itu saya berhasil semua tingkatan air terjun ini. Untuk bisa sampai ke tingkatan paling tinggi dapat menaiki dan menyusuri tebing yang kemiringannya cukup menantang kira-kira di atas 50 derajat. Jalanan cukup licin dan berbatu. Perlu konsentrasi yang ekstra saat melewatinya.

Rugi rasanya bila tidak bermain air dan mandi di bawah kucuran air terjun yang mengenai badan. Sungguh menyegarkan. Begitu juga kurang lengkap bila tidak mengabadikan momen berlatarkan air terjun dan diunggah ke sosial media.

dan iu adalah informasi tentang tempat wisata Air Terjun Sarasah Padang yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Padang.

Wisata Pulau Sikuai Padang

Air Terjun Ngungun Saok Padang