Destinasi Wisata Air Terjun Di Bandung

Hi Brader and Sister,

Kami akan memberi informasi tentang Destinasi Wisata Air Terjun Di Bandung yang wajib Brader and Sister kunjungi ketika sedang liburan di Kota Bandung.

1. Curug Maribaya, Lembang

Curug Maribaya, yang berlokasi di Desa Maribaya, Lembang Kabupaten Bandung Barat. Salah satu nama Curug yang sangat populer namanya dari kawasan Maribaya ini adalah Curug Omas. Lokasinya berada 21 KM dari arah lembang, dengan daya tarik wisata utamanya adalah pesona keindahan alam sekitar curug yang memanjakan mata. Eksotisme Curug Omas yang pertama adalah keindahan dinding-dinding tebing di sekitar air terjunnya yang tampak kokoh tegak berdiri, menjadikan siapa pun yang melihatnya akan dibuat terkagum-kagum. Daya tarik selanjutnya dari Curug Omas lainnya adalah lintasan air atau arusnya cukp deras sekali, sehingga nampak aliran air yang jatuh dari atas curug, dan kemudian mengalir ke bawah menyusuri aliran sungai membentuk buih-buih putih kemilauan.

Spot paling menarik dan banyak diburu para pengunjung yang datang ke sana dari Curug Oomas adalah adanya sebuah jembatan gantung yang membentang di atas derasnya air terjun yang jatuh dari atas ke bawah. Curug Ciomas itu sendiri, sebenarnya merupakan jalur pertemuan antara dua sungai, yaitu sungai cikawari serta sungai Cigulung. Tempat ini selalu ada saja orang yang mengunjungi, terutama di waktu libur akhir pekan apalagi di musim libur panjang nasional, karena objek wisata ini telah dilengkapi dengan fasilitas wisata yang cukup memadai. Di sini sudah terdapat fasilitas wisata mulai dari Taman bermain anak, taman untuk acara pesta kebun, kemudian fasilitas umum seperti mushola, area parkir yang luas serta pusat informasi. Kegiatan yang paling seru yang wajib anda jajal di kawasan wisata air terjun Maribaya ini antara lain adalah trekking menyusuri rute jalan dari Maribaya melewati bukit-bukit dan hutan pinus yang rimbun dengan berjalan kaki. Dari lokasi Curug Omas dengan berjalan menyusuri trek rute jalan di atas, anda hany membutuhkan jarak sekitar 5 km agar anda bisa sampai di Taman Hutan Raya Ir.H.Djuanda dimana ada Dago Pakar.

2. Curug Malela, Cicadas

Lokasi Curug Malela sendiri berada di kampung manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung barat. Berda di ketinggian di atas 1000 mdpl, perlu waktu 3 jam anda untuk sampai ke lokasi dengan perjuangan yang tak mudah. Karena eksotismenya, Wisata Curug Malela bahkan hingga dijuluki ” Niagara Mini ” nya indonesia, hal ini karena air terjun ini memiliki lebar curug hingga 70 meter dengan ketinggian yang cukup tinggi 60 meter. Naman Curug Malela sendiri, kenapa dinamakan “Malela” ternyata namanya diambil dari salah satu nama tokoh masyarakat sekitar, yaitu Prabu Taji Malela, dan sebagai penghormatan dimana lokasi makamnya berada di atas tebing sebelah kanan Curug malela. Tebing yang terbentuk seperti sebuah bendungan besar tersebut terbentuk akibat dari letusan Gunung Purba Bandung di sebelah selatan, yang diyakini telah berusia antara lima hingga sepuluh juta tahun.

3. Curug Panganten, Cihanjuang

Curug Panganten memiliki 2 buah curug yang berdampingan.Curug utama adalah curug yang berukuran besar dan sirnya deras, sedangkan curug yang satunya lagi lebih kecil dari curug utama tadi. Waktu yang tepat untuk mengunjungi salah satu tempat wisata alam air terjun di kabupaten bandung barat ini adalah di waktu musim hujan, sehingga debit air yang terjun dari atas ketinggian akan jauh lebih terlihat eksotis, meski anda perlu tambah waspada juga. Bicara mengenai fasilitas, air terjun panganten ini belum sepenuhnya dikelola dengan baik. sejumlah sarana dan prasarana tampak rusak dan tak terawat, namun keadaan tersebut tidak mengurangi keindahan dari wisata air terjun ini sendiri.

Dan itu adalah Destinasi Wisata Air Terjun Di Bandung yang wajib Brother and Sister kunjungi jika sedang berlibur ke Bandung.