Objek Wisata Banyuwangi Jawa Timur

Hi Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Objek Wisata Banyuwangi Jawa Timur yang wajib dikunjungi jika Brader and Sister sedang berlibur di Banyuwangi.

1. Teluk Hijau “Green Bay” 

Di Teluk Hijau ini, Anda akan merasakan udara segar pantai yang bercampur dengan udara hutan hutan tropis Taman Nasional Meru Betiri. Dari kota Banyuwangi, durasi perjalanan sekitar 3-4 jam. Perjalanan ke Teluk Hijau terbilang cukup memerlukan tenaga fisik, namun Anda akan menyaksikan panorama laut yang memikat. Teluk ini adalah tempat wisata di Banyuwangi yang masih sangat terjaga kemurniannya, belum banyak wisatawan yang datang ke tempat ini. Inilah daya tarik memikat yang dapat Anda temukan di sana.

Saat perjalanan ke Taman Nasional Meru Betiri dan Sukamade, Anda akan melewati Teluk Hijau ini. Tetapi Anda hanya dapat menyaksikannya dari kejauhan, karena eksotisme Teluk Hijau sesungguhnya berada di area pantainya. Air laut yang begitu jernih dengan warna hijau kebiruan, pasir pantai yang bersih dan putih, ombak yang tenang, semuanya menawarkan suasana asri yang sungguh damai.

2. Pantai Sukamade 

Terletak sekitar 97 km ke arah barat selatan dari pusat kota Banyuwangi, objek wisata Banyuwangi yang satu ini adalah sebuah kawasn konservasi penyu. Anda dapat menyaksikan penyu-penyu besar di sini, terutama saat bulan purnama akan berdatangan kelompok besar penyu yang menuju ke bibir pantai untuk bertelur di sepanjang pantai.

Bulan November – Maret adalah musim puncak penyu bertelur di pantai ini. Kegiatan paling menarik di Pantai Sukamade adalah menyaksikan aktivitas penyu-penyu, berpartisipasi dalam kegiatan penetasan telur penyu yang telah dikumpulkan oleh petugas secara manual. Fasilitas yang ada di pantai ini, misalnya camping ground, pondok tours, pusat informasi, dan wisma. Untuk menginap, di kawasan pantai ini terdapat beberapa wisma yang juga menyediakan makan malam dan sarapan. Atau, Anda dapat menginap di Desa Sukamade yang berjarak sekitar 4 km dari pantai ini.

3. Pantai Boom 

Inilah pantai favorit yang sering dikunjungi oleh warga Banyuwangi saat mengisi waktu senggangnya. Lokasi pantai yang sangat dekat dari pusat kota Banyuwangi adalah alasan utamanya, hanya berjarak sekitar 2 km dari kantor Bupati Banyuwangi dan mengenakan harga tiket masuk pantai sebesar Rp 3 ribu.

Di pagi hari, beberapa momen sunrise yang menarik hadir di pantai ini, terutama di sisi Timur dengan latar pulau Bali di kejauhan. Ada kursi payung warna-warni yang dapat Anda sewa sebesar Rp 20 ribu, juga aktivitas menunggang kuda untuk mengitari pantai cukup dengan biaya Rp 25 ribu saja. Para pedagang yang menawarkan aneka makanan dan minuman berada dalam jejeran yang rapi, Anda akan sangat mudah mendapatkannya.

4. Pantai Plengkung 

Pantai Plengkung adalah pantai di Banyuwangi yang terkenal sebagai pantai terbaik untuk surfing. Tempat wisata Banyuwangi yang satu ini memiliki reputasi pantai yang begitu baik hingga ke mancanegara sebagai tempat surfing. Jika Anda ingin surfing di pantai ini, maka bulan Mei hingga Otober adalah medio terbaik untuk surfing. Terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, ombak di Pantai Plengkung memiliki 3 tingkatan, yakni Kong Waves (tinggi ombak mencapai 6-8 meter), Speedis Waves (5-6 m), dan Many Track Waves (3-4 m). Ombak tingkat terakhir (many track) ini lazim digunakan para peselancar pemula. Di kawasan pantai ini, tersedia banyak cottage dan jungle camp. Pantai Plengkung adalah juga salah satu objek wisata Jawa Timur yang telah dikenal luas oleh publik dunia.

Dan itu adalah informasi tentang Objek Wisata Banyuwangi Jawa Timur yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Banyuwangi.