in

Pantai Kelingking Nusa Penida Bali

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberikan informasi tentang Pantai Kelingking Nusa Penida Bali yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Bali.

Pantai Kelingking 

Pantai Kelingking, objek wisata di Nusa Penida ini, sementara waktu mungkin cukup asing bagi orang kebanyakan, keberadaanya di tempat terpencil, jauh dari keramaian dan pusat-pusat pariwisata di Bali, sehingga membuatnya kurang begitu familiar. Pantai Kelingking adalah surga tersembunyi yang bisa menawarkan sentuhan berbeda dalam perjalananan wisata anda ke Bali. Nuansa alamnya tenang dan belum terjamah, bisa menjadi tujuan wisata anti mainstream. Objek wisata ini menjadi salah satu secret point yang dicari-cari oleh para traveller sekarang ini.

Objek Wisata Pantai Kelingking Di Nusa Penida

Oleh warga setempat pantai Kelingking lebih dikenal dengan nama pantai Karang Dawa, karena lokasi dari objek wisata ini di dusun Bunga Mekar, Desa Karang Dawa, Kecamatan Nusa Penida. Sehingga lebih dikenal sebagai pantai Karang Dawa, sebutan pantai Kelingking hanya populer di kalangan wisatawan saja, entah bagaimana asal muasalnya sehingga tempat tersebut dinamai pantai Kelingking. Tempatnya berada pada tebing curam dan cukup sulit untuk dijangkau, tetapi bagi mereka yang berjiwa petualang tidaklah begitu sulit.

Objek wisata di Nusa Penida memang terkenal didominasi oleh terbing-tebing karang curam, kondisi geografis dan kontur tanah berbatu kapur, membuat kawasan ini cukup kering di musim kemarau, sedangkan pada musim hujan alam sekitarnya akan terlihat hijau dan lebih indah. Sejumlah tempat wisata dengan keindahan tebing-tebing bukit di Nusa Penida diantara pulau Seribu, pantai Paluang, pasih Uug termasuk juga pantai Kelingking tersebut. Menurut penuturan warga, pantai Kelingking ini ditemukan dengan tidak sengaja oleh seorang penyelam berkebangsaan Ceko, tempatnya memang tersembunyi di balik bukit dan tidak mudah untuk menjangkaunya.

Namun pada saat jaman sudah begitu maju, tidak adak tempat yang sulit apapun yang tidak bisa dijangkau, walaupun hanya dalam bentuk informasi, perkembangan dunia internet dan informasi memberikan peluang bagi semua orang untuk menyebarkan dan memperolah informasi dengan luas. Termasuk keberadaan pantai Kelingking yang susah dijangkau, kini dibuatkan akses jalan setapak menuju ke lokasi, sehingga pengunjung bisa lebih mudah menikmati keindahannya, dan yang terutama bisa mengambil foto dan keindahannya kemudian disebarkan di media sosial (medsos) baik itu lewat facebook ataupun instagram.

Pesona pantai Kelingking atau pantai Karang Dawa ini, memang sangat spektakuler pemandangan bukit dan tebing yang menjorok ke laut ditumbuhi rumput dan pepohonan perdu berwarna hijau serasi dengan pemandangan laut biru, di sekitarnya tebing-tebing curam seolah menjadi benteng alami yang membuatnya terkesan tersembunyi, pasir putihnya di kaki tebing seolah tidak tersentuh oleh manusia, karena memang tidak ada akses menuju ke bawah tebing, sehingga anda cukup mengagumi keindahan tersebut dari atas tebing, sehingga sering dikenal sebagai Kelingking Secret Point. Sebuah tempat wisata instagramable di Bali.

Kehadiran pulau kecil berupa sebuah bukit menambah keeksotisan pantai Kelingking ini, namun demikian pantainya hanya cukup bisa anda nikamti dari kejauhan. Pemandangan yang membuat pengunjung berdecak kagum, yang jarang bisa anda temukan di tempat lainnya. Apa yang disuguhkan membuat setiap pengunjungnya takjub, ditambah lagi suasanya sangat tenang, tidak banyak pengunjung yang datang ke sini, hanya pada saat liburan akhir pekan kunjungan ke pantai Kelingking di Karang Dawa ini sedikit meningkat.

Alamnya yang segar, jauh dari kebisingan dan tersembunyi dari keramaian, pemandangan elok nan memukau menjadi terapi alam yang membuat tubuh dan pikiran anda segar kembali. Orang-orang yang memiliki jiwa petualang, maka pantai Kelingkung di desa Karang Dawa ini bisa menjadi tujuan wisata selanjutnya. Selain nama pantai Karang Dawa, Pantai Kelingking juga dikenal sebagai spot Manta Point, karena jika anda mujur anda bisa menyaksikan ikan pari Manta berenang di air laut yang jernih dan bisa terlihat jelas dari atas tebing, karena air lautnya yang jernih. Jangan lupa siapkan kamera terbaik anda untuk foto selfie atau mengabadikan perjalanan berharga tersebut.

Akses Menuju Pantai Kelingking Nusa Penida

Jika anda masih berada di Bali, maka akses menuju ke pulau Nusa Penida dengan transportasi laut, jarak dermaga yang terdekat dari pusat-pusat pariwisata di Bali seperti Kuta, Nusa Dusa, Sanur dan juga bandara adalah dermaga pantai Sanur. Dari dermaga Sanur naik speed boat atau fast boat menuju pelabuhan Buyuk, kapal cepat tersebut butuh waktu 35-40 menit perjalanan. Dari dermaga Buyuk butuh waktu sekitar 45 menit menuju pantai Kelingking.

Lokasi pantai Kelingking berdekatan dengan pura Paluang (pura mobil) yang cukup populer bagi warga Hindu, jika anda kehilangan arah bisa bertanya kepada warga setempat menuju pantai Karang Dawa atau pura Paluang. Perjalanan menuju ke lokasi lebih fun naik sepeda motor, karena sepanjang perjalanan anda bisa lebih leluasa menyaksikan keindahan alam sekitarnya. Namun demikian jika ingin perjalanan lebih nyaman bisa sewa mobil plus supir di Nusa Penida.

dan itu adalah informasi tentang Pantai Kelingking Nusa Penida Bali yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Bali.

Atuh Beach Nusa Penida Bali

Crystal Bay Nusa Penida Bali