in

Pasih Uug Broken Beach Nusa Penida Bali

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Pasih Uug Broken Beach Nusa Penida Bali yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Bali.

Pasih Uug 

Brader and Sister, jika berbicara seputar tempat wisata di bali yang bagus memang sangat banyak sekali tempatnya dengan keanekaragaman budayanya yang menarik. Bali sebagai salah satu destinasi favorit wisatawan dalam dan luar negeri selama ini terkenal karena pesona wisata Pantai di Bali nya yang indah. Sebut saja misalnya kawasan Pantai Nusa Dua Bali seperti Pantai Samuh, Pantai Sawangan, Pantai Megiat dan Pantai Geger nya yang membuat Raja Arab Salman sangat betah liburan di sana.

Atau bagaimana eskotisme Pantai Green Bowl Bali Cliff Ungasan dan Pantai Pandawa mampu menyihir wisatawan sehingga betah berlama-lama tinggal di sana. Wisata-wisata pantai di pulau bali memang sangat eksotis, sehingga orang-orang dari seluruh dunia mengagumi dan merencanakan untuk liburan di Bali. Nah termasuk tempat wisata di Bali yang akan kita review sekarang ini, sebuah tempat yang sangat populer bernama Pasih Uug dan turis meneyebutnya Broken Beach.

Apakah anda pernah mendengar nama objek wisata yang satu ini ? atau bahkan pernah berkunjung ke sini ? Namanya bisa jadi masih asing terdengar di telinga kita bukan? Pamornya masih kalah populer dengan tempat-tempat wisata pantai pasir putih di bali yang terkenal selama ini seperti Pantai Kuta dan pantai di nusa dua bali. Namun jangan salah, setelah anda membaca ulasan saya di bawah, anda pasti setuju jika Pasih Uug adalah tempat yang menarik dan unik. Pasih Uug sendiri terletak di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung Provinsi Bali Indonesia.

SEJARAH PASIH UUG NUSA DUA BALI

Brader and Sister nama pasih Uug sendiri jika di dalam bahasa Bali bisa diartikan dengan ” Pantai Yang Rusak “. Pantai ini pun populer dengan nama Broken Beach, karena tempat berupa tebing setinggi 50 – 200 meter ini ditengannya ada lubang seperti terowongan. Kedua namanya sangat unik sekali bukan ?

Dan karena alasan itulah kemudian membuat banyak wisatawan yang dibuat penasaran dan ingin berkunjung ke Pasih Uug. Terlebih, tempat ini juga ternyata mempunyai cerita legenda yang sangat menarik dan belum banyak orang yang mengetahuinya.

LEGENDA PASIH UUG

Brader and Sister menurut cerita yang diyakini warga sekitar bahwa kawasan Pasih Uug ini dulunya merupakan sebuah Banjar. Perkampungan ini dulunya banyak dihuni oleh penduduk di dalamnya. Namun pada suatau hari tersebutlah cerita, bahwa seekor ular besar tiba-tiba masuk ke Banjar. Mendapat tamu tak diundang tersebut, akhirnya rame-rame lah warga Banjar tersebut menyerang, menangkap hingga bisa membunuhnya. Tidak cukup dibunuh, ular yang sudah mati pun kemudian mereka sembelih dan dipotong serta dagingnya dibagikan kepada seluruh warga banjar.

Nah selesai mereka memotong dan membagikan potongan tubuh ular besar tersebut dan memasak serta memakannya, selanjutnya adalah, Dikisahkanlah pada malam harinya, datanglah seorang pria tua renta yang tidak kenal dengan pakaian kumal ke Banjar. Pak tua tersebut lantas berkata seperti tahu apa yang sudah dilakukan warga banjar pada siang harinya, yaitu menangkap dan membunuh seekor ular besar. Dia berikan nasihat kepada warga banjar yang hadir, supaya tidak boleh sembarangan dan mengulang kembali membunuh seekor ular dan memotong-motongnya untuk dibagikan.

Mendapat nasihat tersebut, bukannya warga banjar jadi menerima, malah membentak dan tidak menerima tuduhan pak tua ini. Cerita selanjutnya dikisahkan untuk membuktikan siapa yang benar dan yang salah, apakah tuduhan pria tua ini yang benar atau pengakuan warga banjar yang salah, Mak pak tua ini pun mengeluarkan sebatang lidi daun kelapa, dan setelahnya lantas dia menancapkannya ke dalam tanah. Selajutnya pak tua tersebut berkata kepada warga,

Siapa saja warga banjar yang mampu mencabut batang lidi tersebut, maka ia mengakui bahwa mereka telah bersikap jujur kepadanya. Selesai menjelaskan demikian, maka warga banjar pun berlomba, satu demi satu berusaha untuk mencabut lidi tersebut dari tanah. Dan hasilnya sampai dengan orang terkahir dari warga banjar yang berusaha, ternyata tidaka ada satu pun warga yang berhasil mencabutnya. Akhirnya pak tua tersebut kemudian berkata, bahwa mereka sudah tidak berkata jujur kepadanya bahwa mereka telah membunuh ular besar siang tadi.

Selanjutnya, di tengah kebingungan warga banjar, pak tua pun mencabut batang lidi yang dia tanamkan ke tanah. Sesaat kemudian kejadian aneh menimpa perkampungan tersebut, yaitu dari bekas lidi yang menancap di tanah menyemburlah air yang keluar dengan sangat cepat. Air laut di sekitar Pasih Uug pun bergejolak, dan menghancukran daratan hingga amblas ditekan bumi berserta rumah-rumah mereka.

Kehadiran pak tua usai kejadian terbut pun menghilang, bersama hilangnya hilangnya warga banjar dengan perkampungannya. Tidak ada satu pun warga banjar tersebut yang selamat saat itu, kecuali warga banjar yang sedang pergi keluar dari wilayah tersebut. Dan mungkin dari situlah pula, cerita atau kisah legenda Pasih Uug diceritakan warga yang selamat secara turun temurun hingga sekarang.

Bukti benar atau tidaknya kisah tersebut, beberapa waktu yang lalu, masih ada sebuah tiang rumah (jineng) di sana yang masih tersisa. Namun kini karena termakan usia atau karena ulah tangan-tangan pengunjung yang nakal, bukti cerita tersbut pun sudah tidak ada. Nah Brader and Sister, bagaimana sangat menarik bukan legenda atau sejarah pasih Uug ini ?

DAYA TARIK WISATA PASIH UUG BALI

Brader and Sister, ada beberapa hal menarik dari Pasih Uug ini jika dibanding dengan tempat wisata alam di Bali pada umumnya. Meski Banyak juga pendapat orang-orang yang pernah berkunjung ke sini yang menyatakan bahwa Broken Beach ini serupa dengan kawasan wisata Uluwatu.

Jika dilihat sekilas bisa benar, hal itu bisa dilihat dari kondisi tofografinya di mana tempat ini berupa tebing-tebing tinggi yang menjorok ke laut. Namun yang membedakan dan sekaligus menjadi daya tarik khasnya Pasih Uug ini adalah gelombang di pantai ini sedikit lebih tenang. Kawasan wisata “Pantai Rusak” di Bali ini juga tidak memiliki objek wisata tempat peribadatan umat Hindu seperti Pura Tanah Lot Bali. Dan juga kawasan wisata pantai indah ini, anda tidak akan menemukan kawanan satwa kera yang hidup bebas seperti di Uluwatu.

PANTAI DI BALI YANG INDAH

Brader and Sister, pesona eksotisme alam pantai di Pasir Uug nusa penida ini sangat indah, tidak kalah dengan pantai lainnya yang ada di Bali. Hamparan pemandangan laut lepas yang airnya biru, dengan hiasan di pesisirnya berupa tebing-tebing batu, tampak seperti lukisan alam yang luar biasa. Sangat memanjakan mata siapa pun orang yang melihat dan menikmatinya ketika berada di sini, terlebih suasana nya sangat tenang. Tidak salah jika kemudian, banyak pengunjung yang datang kemari menyatakan bahwa Pasir Uug ini adalah salah satu Tempat Wisata di Bali laksana surga tersembunyi.

TEMPAT MEDITASI DI BALI

Brader and Sister, letaknya yang cukup jauh dengan keramaian dan pemukiman penduduk, membuat suasana tempat ini begitu sunyi. Anda datang ke sini maka hanya terpaan angin laut yang menyegarkan serta suara deburan ombak laksana lantunan musik alami yang jadi teman anda. Oleh karenanya, banyak kemudian wisatawan yang datang ke sini hanya untuk melakukan meditasi atau mencari suasana ketenangan dan kedamaian di tepi pantai.

TEMPAT MELIHAT IKAN PARI MATA DAN PENYU DI BALI

Brader and Sister, ada hal menarik dan unik yang bisa anda nikmati jika berkunjung ke kawasan wisata pantai Pasih Uug ini. Jika waktunya tepat dan anda beruntung, di pantai Broken Beach ini anda bisa melihat sekumpulan ikan pari mata hingga penyu berenang di bawah pantainya. Tidak salah memang jika anda bisa menemukan sensasi demikian, karena kawasan pantai ini dikenal sebagai habitat hidup beberapa satwa laut.

TEMPAT WISATA DI BALI YANG INSTAGRAMABLE

Brader and Sister, jika anda berkunjung ke sini jangan lupa untuk tidak melakukan sebuah tantangan yang akan menguji adrenalin anda. Di atas tebing setinggi 50 – 200 meter yang berlobang menyerupai terowongan, tepatnya di tengah laut terdapat jembatan alami yang bisa anda sebrangi. Nah lokasi inilah yang kemudian, selain menjadi daya tarik sendiri wisatawan untuk menjajal melewatinya, juga sekaligus berfoto di sana.

Kawasan ini sangat bagus sekali sebagai spot untuk berfoto ria, karena banyak spot dengan background pemandangan alam yang tidak biasa alias unik ! Nah Brader and Sister, itulah beberapa daya tarik serta kegiatan wisata menarik yang bisa anda nikmati selama berada di sana. Ada masih banyak hal seru dan asyik lainnya yang bisa anda temukan sendiri ketika berkunjung ke sana. Salah satunya adalah anda juga bisa berenang di tepian Pantai Pasih Uug, namun dengan catatan tidak boleh sendirian, harus anda pendamping seorang Guide.

Meskipun gelombang air laut di sini cukup tenang, namun tetap berbahaya anda renangi jika anda belum mengenal dengan baik kondisi pantai ini. Perlu diperhatikan jika mau berenang di sana, yaitu kondisi cuaca serta kapan waktu pasang atau surut air laut di kawasan pantai tersebut.

CARA AKSES DAN RUTE JALAN MENUJU KE PASIH UUG BALI

Brader and Sister, Pulau Nusa Penida merupakan daerah kepulauan kecil yang terletak di bagian selatan Bali daratan dan dipisahkan oleh selat Badung. Berbeda jika kita mau ke Pulau Peninsula Nusa Dua, Jika kita mau menuju ke Nusa Penida Island, kita harus tmenyebrang laut terlebih dahulu. Moda transportasi laut menuju Dermaga Nyuh di Nusa Penida yang tersedia saat ini masih terbatas.

Kita bisa gunakan sampan tradisional (jukung), boat cepat (speed boat), kapal roro Nusa Jaya Abadi ( alat transportasi utama). Nusa Penida sendiri terdiri dari tiga pulau utama yaitu Nusa Gede, Nusa Ceningan, dan Nusa Lembongan-Jugutbatu. Nah jika anda sudah tiba di Dermaga Nyuh pulau Nusa Penida, kita harus melanjutkan perjalan darat menuju ke lokasi Pasih Uug ini.ersedia dua cara untuk melakukannya, yaitu anda bisa menggunakan jasa penyewaan motor atau menggunakan kendaraan pribadi anda.

Waktu yang diperlukan untuk tiba di lokasi pasir uug ini adalah memakan waktu sekitar 1.5 jan waktu berkendara. Saran saya, akan lebih baik anda menyewa jasa ojek atau menyewa sendiri sepeda motor, daripada menggunkan kendaraan pribadi roda empat seperti mobil. kenapa demikian ? karena kondisi jalan menuju ke Pasih Uih ini sebagian jalannya sudah mulus namun sebagian nya lagi masih berbatu dan tanah. Waktu yang dibutuhkan anda dari Dermaga Nyuh menuju lokasi Broken Beach ini paling lambat sekitar 2 jam-an.

HARGA TIKET MASUK PASIH UUG BALI

Brader and Sister, setiap pengunjung yang mau datang ke sini, untuk saat ini tidak dipungut atau dikenakan biaya tiket masuk. Broken Beach atau kawasan Pantai rusak ini adaalah salah satu tempat wisata di Bali yang Gratis dan sangat rekomended anda kunjungi. Mungkin akan berbeda manakala tempat ini di kemudian hari sudah ramai dan populer, maka pengunjung akan dikenakan tiket masuk. Jika anda baca penjelasan kang dian, maka anda cukup siapkan saja stamina yang bagus untuk menuju ke sini dan isi dompet untuk naik feri dan Ojek.

Tempat Wisata Kuliner Di Tasikmalaya

Angel’s Billabong Nusa Penida Bali