in

Taman Nasional Tesso Nilo

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang tempat wisata Taman Nasional Tesso Nilo yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Riau.

Taman Nasional Tesso Nilo 

Taman Nasional Tesso Nilo diresmikan sebagai taman nasional pada 19 Juli 2004. Taman nasional ini merupakan kawasan konservasi aneka ragam flora dan fauna langka sekaligus menjadi objek wisata di Riau.

Taman Nasional Tesso Nilo terletak di Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, Indonesia. Taman Nasional Tesso Nilo juga merupakan kawasan konservasi gajah dan harimau Sumatera. Taman Nasional Tesso Nilo terdiri atas kawasan hutan basah dan hutan kering, sehingga daerah ini menjadi tempat berkembangnya aneka satwa langka seperti gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus), tapir (Tapirus indicus), harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae), rusa (Cervus timorensis russa), beruang madu (Helarctos malayanus malayanus) dan siamang (Hylobathes syndactylus syndactylus).

Hasil survei BKSDA Riau dan WWF, sedikitnya terdapat 60-80 ekor gajah yang tinggal di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo. Populasi gajah di pulau Riau sendiri yang masih tersisa ada kurang lebih 350 ekor. Dikutip dari situs Gabeboni.com, Taman nasional Tesso Nilo menyimpan 360 jenis flora, 23 jenis mamalia, 3 jenis primata, 114 jenis burung dari 28 famili, 50 jenis ikan, 18 jenis amfibia dan 15 jenis reptilia.

Jenis burung yang ditemukan di Taman Nasional Tesso Nilo tercatat sekitar 114 jenis, angka tersebut merupakan 29% dari 397 jenis burung yang ada di Pulau Sumatera. Salah satu burung yang merupakan endemik pulau Sumatera adalah burung Kipasan gunung (Rhipidura albicollis) dan empuloh paruh kait. Pada tahun 2001, lembaga penelitian dari Australia, Center for Biodiversity menemukan 218 jenis tumbuhan vascular di petak seluas 200 m2. Kemudian di tahun 2003, LIPI dan WWF menemukan 215 jenis pohon dan 35 jenis anak pohon pada 1 hektare petak sample plot.

Dari hasil penelitian LIPI tersebut, ditemukan juga sedikitnya 83 jenis tanaman obat seperti pagago (Centella asiatica) dan patalo bumi (Eurycoma longifolia) yang sangat bermanfaat untuk manusia dan 4 jenis tumbuhan untuk racun ikan. Tanaman pagago sudah banyak dibudidayakan oleh masyarakat lokal, sedangkan patalo bumi belum.

Dari sekitar 83 jenis tumbuhan yang ada di Taman Nasional Tesso Nilo, beberapa diantaranya sudah terancam punah. Jenis tanaman yang masuk data red list IUCN antara lain Kempas (Koompasia malaccensis), Kayu Batu (Irvingia malayana), Jelutung (Dyera polyphylla), Sindora Brugemanii, Tembesu (Fagraea fragrans), Kulim (Scorodocarpus borneensis), Gaharu (Aquilaria malaccensis), Keranji (Dialium spp), Ramin (Gonystylus bancanus), Meranti (Shorea spp), Sindora leiocarpa, Keruing (Dipterocarpus spp), Sindora velutina, beberapa jenis Aglaia spp dan jenis-jenis durian (Durio spp).

LIPI juga melaporkan di Taman Nasional Tesso Nilo ditemukan 3,696 jenis mamalia, 34 diantaranya adalah jenis mamalia yang terdapat di Pulau Sumatera, dengan 18 jenis berstatus dilindungi dan 16 jenis termasuk rawan punah menurut IUCN. Dengan banyaknya jenis flora dan fauna yang ada di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo, tidak berlebihan bila taman nasional ini disebut-sebut sebagai taman nasional terkaya keanekaragaman hayatinya di dunia.

Selain itu, Taman Nasional Tesso Nilo juga menyediakan kekayaan alam berupa madu lebah yang bisa diambil oleh masyarakat sekitar hutan. Lebah-lebah madu tersebut biasanya membuat sarang di atas pohon sialang, tidak heran bila warga menjaga dan melestarikan keberadaan pohon sialang ini. Anda juga bisa mencoba sensasi petualangan dengan menjelajahi Taman Nasional Tesso Nilo Riau, seperti ikut menggiring gajah-gajah liar ke habitatnya, mengarungi sungai Nilo atau menyusuri hutan belantara bersama pasukan patroli.

Bertualang di alam liar dapat memberikan sensasi wisata yang berbeda. Menyaksikan tingkah laku satwa liar dari jarak dekat bisa membuat kita sadar bahwa kita bisa hidup berdampingan dengan mereka. Kita juga bisa ikut serta menjaga alam dengan segala keanekaragaman hayatinya agar tetap lestari.

dan itu adalah informasi tentang tempat wisata Taman Nasional Tesso Nilo yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Riau.

Ulu Kasok Riau

Pantai Solop Riau