Tempat Wisata Air Terjun Jogja

Hi Brader and Sister,

Kali ini kita ingin memberi informasi tentang Tempat Wisata Air Terjun Jogja, yang wajib banget Brader and Sister kunjugin ketika sedang berlibur di Yogyakarta 🙂

1.Sri Gethuk, Gunung Kidul

Orang-orang Jogja pasti sudah cukup familiar dengan nama Sri Gethuk ini. Air Terjun Sri Gethuk merupakan air terjun yang paling terkenal di Jogja. Lokasi air terjun ini berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Playen, Gunungkidul. Brader And Sister akan dibawa menggunakan perahu rakit menyusuri aliran Sungai Oya untuk bisa sampai di lokasi air terjunnya. Air di air terjun ini sangat jernih. Air terjun ini juga sangat unik karena tidak langsung jatuh dan bermuara ke sungai. Tetapi air terjun ini jatuh dan mengalir di bebatuan karst sekitar sungai terlebih dahulu sehingga terlihat lebih cantik. Pada tahun 2014 lokasi air terjun ini juga sempat menjadi tempat syuting film Hollywood berjudul Beyond Skyline.

2. Grojogan Sewu, Kulon Progo

 

Air terjun ini berlokasi di Dusun Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo. Hanya dengan membayar Rp. 2.000,- untuk parkir dan sumbangan sukarela untuk masuk kekawasan air terjun, Brader and Sister sudah bisa bermain-main di air terjun Grojogan Sewu ini. Dari pintu masuk, Brader And Sister harus berjalan kaki sejauh 200meter melewati perkebunan warga. Perjalanan ini akan terasa menyenangkan karena Brader and Sister akan dibawa menyusuri perkebunan seperti hutan yang masih begitu alami. Kondisi jalannya juga masih alami, hanya menggunakan batu dan kayu untuk memperkuat kondisi jalan. Walaupun masih 2 tahun ini dikelola sebagai tempat wisata, dan belum banyak fasilitas penunjang, tempat ini masih tetap direkomendasikan untuk Brader and Sister kunjungi. Karena ini indah banget cuy.

3. Kembang Soka, Kulon Progo

Masih di kabupaten Kulon Progo, air terjun Kembang Soka melengkapi jajaran wisata alam yang indah di kabupaten ini. Air terjun ini berada di Dusun Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo. Disini Brader and sister akan menemukan sesuatu yang sangat unik. Air yang ada di air terjun ini terbagi atas dua warna yang berbeda yakni putih dan hijau toska. Selain itu Brader and Sister juga akan mendapati bebatuan yang berbeda warna. Yang ada di dasar sungai berwarna kuning sedangkan bebatuan yang ada di tebing sebelah kirinya berwarna merah. Pemandangan seperti ini tidak banyak Brader and Sister temui di lokasi-lokasi lain. Dengan tiket Rp. 3.000,- Brader and Sister sudah bisa menikmati suasana di air terjun ini. Tapi sanyangnya air terjun ini masih belum lengkap fasilitasnya karena memang masih baru-baru ini saja dikelola sebagai tempat wisata.

4. Curug Indah Gedang Sari, Gunung Kidul
Gunung Kidul kalo urusan wisata alam, memang juaranya di Jogja. Air terjun Gedangsari ini juga berlokasi di Gunung Kidul, tepatnya di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul. Keberadaan air terjun ini tepat berada dibawah gunung yang menjadi perbatasan antara kabupaten gunung kidul dengan kabupaten Klaten. Air terjun ini dibagi menjadi 2, yaitu atas dan bawah. Tapi bagian atas lebih populer dikalangan para pelancong. Untuk bisa mendapatkan pemandangan air terjun yang lebih maximal. Untuk memasuki kawasan air terjun ini, Brader and Sister cuma harus mengeluarkan kocek Rp. 2.000,-, worth it lah.

5. Jurang Pulosari, Bantul

Lokasi air terjun ini berada di Desa Wisata Krebet Sendangsari, Pajangan, Bantul. Air terjun ini memiliki kolam yang cukup lebar di bawahnya. Dikolam ini Brader and Sister bisa aman berenang. Disini Brader and Sister tidak perlu membayar tiket masuk, hanya perlu menyediakan untuk parkir kendaraan saja. Lokasinya masih sangat alami dengan hutan yang begitu asri.

 

Berikut adalah Tempat Wisata Air Terjun Jogja yang wajib Brader and Sister Kunjungin ketika sedang berada di Yogyakarta. Menarik bukan? 🙂