Tempat Wisata Alam Gunung Batu Lembang

gunung batu lembangHalo Brader and Sister,

Gunung Batu adalah salah satu gunung di lembang bandung yang sangat indah dan merupakan gunung yang sebagian besar permukaan arealnya didominasi bebatuan dengan ukuran sangat besar yang berada di puncaknya.Nah, Karena permukaan gunungnya yang didominasi dengan bebatuan besar inilah yang kemudian menyebabkan hampir tidak ada pohon yang tumbuh di pucak gunung ini, hanya onggokan rumput serta ilalang yang tumbuh di puncak gunung batu ini. Berdasarkan data ilmiah, Gunung Batu Lembang ini diprediksi terbentuk dari aliran lava karena akibat letusan dari Gunung Sunda purba yang meletus sekitar 500.000 tahun yang silam.

Gunung Batu Lembang memiliki ketinggian kurang lebih 1250 meter di atas permukaan air, dari lokasi puncaknya anda bisa menyaksikan landscape Bandung yang dikelilingi pegunungan yang sangat luar biasa indah, seperti Gunung Burangrang, Gunung Tangkuban Parahu, dan Gunung Putri yang berada di utara dan jika kamu melihat ke arah timur maka kamu akan melihat Gunung Bukittunggul & Gunung Palasari.Selain itu juga, apabila anda bermalam alias camping di sini, maka dapat menikmati pemandangan sunrise yang mengagumkan di waktu subuh, semburat cahaya matahari pagi berpadu indah dengan pemandangan gunung bukit tunggul di bagian timur, sementara dibagian barat kita dapat menikmati keindahan Gunung Burangrang.

Menurut Sejarahnya:

Gunung Batu Lembang adalah bagian dari Patahan Lembang yang merupakan salah satu sesar yang menjadi obyek penelitian LIPI yang merupakan retakan sepanjang 22 KM, membentang dari arah timur hingga ke barat. Berawal di kaki Gunung Manglayang di sebelah timur dan menghilang sebelum kawasan perbukitan kapur Padalarang di bagian barat. Patahan itu tepat di antara Gunung Tangkubanparahu dan dataran Bandung sehingga membentuk dua blok, utara dan selatan. ”Tembok Alam Raksasa” ini membentengi pemandangan orang di utara ke arah selatan.

Sekitar tahun 2008 LIPI menggali tanah di kawasan Lembang, Faktanya, berhasil diketahui jejak gerakan gempa selama 3.000 tahun terakhir, telah terjadi tujuh kali pergerakan besar Sesar Lembang.Rekaman tersebut diketahui dari lapisan tanah bekas sagpond (areal rawa yang tercipta akibat pergerakan patahan). Namun, belum diketahui mekanisme pergerakan Patahan Lembang akibat lambannya laju pergerakan sesar, 2 milimeter-5 milimeter per tahun. Periode gempa di Patahan Lembang pun terbilang lama, sekitar 400 sampai 700 tahun.Sehingga tidak ada fakta sejarah yang menunjukkan data secara otentik keaktifan sesar yang membentang panjang antara Manglayang,Parongpong hingga Lembang.

Menurut penelitian Brian Atwater, ahli paleoseismolog dari United States Geological Survey (USGS), ancaman bencana gempa dari Patahan Lembang termasuk kategori kelas dunia karena patahan itu berada di dekat kawasan kota Bandung yang sangat padat, dan fakta ini yang belum ditemukan di belahan dunia lain. Di lokasi terlihat, di sekitar patahan itu telah berdiri banyak perumahan dan vila mewah. Kawasan wisata Observatorium Bosscha yang menjadi warisan astronomi dunia juga dilintasi patahan ini, dan jika patahan sepanjang 22 km ini bergerak serempak sekaligus, maka gempa dahsyat yang dihasilkan bisa mencapai 6,7 skala Richter.

Alamat Gunung Batu Lembang

Alamat Gunung Batu Lembang ini adalah terletak di Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang Bandung Barat Indonesia, dan untuk menemukan dan sampai ke lokasi salah satu tempat wisata yang menarik di bandung ini, silahkan anda teruskan membaca di bawah ini, yaitu rute jalan menuju ke gunung batu lembang.

Rute Jalan ke Arah Gunung Batu Lembang

Untuk menuju lokasi Gunung Batu Lembang, anda dapat menempuh perjalanan dari pusat kota Lembang melalui Jl. Maribaya atau desa buni asih, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan juga mobil untuk sampai ke sini. Tapi jika ingin menggunakan transportasi umum seperti angkot, anda bisa menggunakan angkutan dengan trayek Lembang-Cibodas, anda juga dapat menumpang delman/andong dari sekitar pasar lembang. Lewat jalur ini bahkan anda bisa berhenti di beberapa tempat wisata di lembang yang fenomenal saat ini, yaitu taman begonia lembang atau rumah bunga rizal dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau hiking.

Tiket Masuk Gunung Batu Lembang

Salah satu tempat wisata di bandung yang murah meriah namun menyimpan banyak pesona yang tidak akan anda temukan di kota besar lainnya.Karena objek wisata alam Gunung Batu ini belum dikelola secara formal oleh pemkab bandung barat bahkan swasta,maka sudah bisa dipastikan bahwa harga tiket masuk ke gunung batu lembang bandung barat ini adalah GRATIS  🙂