Tempat Wisata Bogor Pada Pagi Hari

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Tempat Wisata Bogor Pada Pagi Hari, yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Bogor.

1. Mendaki Gunung Batu 

Selama beberapa tahun terakhir, Gunung Batu telah menjadi spot favorit anak-anak muda pecinta alam. Salah satu alasannya karena gunung ini tidak setinggi gunung-gunung lain di Jawa Barat, seperti Gunung Gede atau Gunung Salak, sehingga tak perlu terlalu bersusah payah untuk menaklukkannya.

Rute pendakian diawali dengan jalur tanah yang menanjak. Di tengah perjalanan sebelum puncak, Anda akan dihadapkan dengan sebuah tebing batu. Dan untuk melewatinya Anda mesti mengerahkan sedikit tenaga untuk memanjat.

Beberapa bagian dari pendakian ini memang sedikit menantang, bahkan ada bagian dengan kemiringan lereng nyaris 90 derajat! Untungnya, jika melakukan perjalanan didampingi oleh pemandu, mereka akan menyiapkan peralatan untuk memudahkan pendakian.

Setibanya di puncak, rasa letih pun terbayar lunas oleh panorama yang sangat fantastis. Jangan buru-buru turun, habiskan waktu Anda di puncak untuk bersantai di tengah udara sejuk sambil menikmati pemandangan.

2. Penangkaran Rusa Giri Jaya 

Berdiri sejak tahun 1993, di areal seluas 5 hektar yang dulunya dikenal dengan nama Penangkaran Rusa Cariu ini Anda dapat menghabiskan waktu bermain dan bercanda dengan rusa-rusa menggemaskan.

Di penangkaran yang terletak di Desa Buana Jaya ini dikembangbiakan beberapa jenis rusa, dari Rusa Cheetal, Rusa Jawa, dan juga Rusa Bawean. Jika ke sana membawa kendaraan pribadi, Anda diwajibkan memarkirkan kendaraan di tempat yang tersedia, lalu melanjutkan perjalanan melewati jembatan gantung yang terbentang di atas Sungai Cibeet untuk mencapai tujuan.

Setibanya di kawasan penangkaran, makan Anda pun diperkenankan untuk memberi makan dan bermain dengan hewan imut tersebut, dan tentunya berfoto ria. Anda bisa membeli ubi untuk memberi makan rusa yang dijual oleh petugas. Selain makan ubi, di pagi hari rusa-rusa ini biasa menyantap rumput, sedang di malam hari mereka ngemil dedak!

Oh ya, Anda juga diperkenankan untuk membeli dan memelihara rusa tersebut di rumah lho. Asalkan memiliki halaman yang cukup luas dan mengajukan permohonan pembelian ke Dinas Perhutani Kabupaten Bogor di Cibinong. Tapi maksimal hanya boleh tiga ekor saja dan tentunya selama populasi rusa di sini cukup tinggi.

Selain jadi tempat mengembangbiakkan rusa, wana wisata ini juga menyediakan lokasi outbound dan tempat perkemahan yang berkapasitas hingga 200 orang.

3. Warso Farm 

Terletak di Desa Cihideung, Kabupaten Bogor, Warso Farm merupakan lahan seluas 8,5 hektar yang ditanami oleh 900 buah pohon durian, termasuk 7 jenis durian varietas unggul. Ini baru namanya surga durian!

Beberapa jenis durian yang ditanam di sini antara lain durian petruk, sunan, tembaga, lay, montong, dan Simas. Simas merupakan varietas asli Bogor yang memiliki daging berwarna kuning serta daging buah yang manis dan legit.

Setelah puas berkeliling melihat-lihat kebun durian, kolam ikan, dan panorama sawah, Anda dapat langsung memilih dan membeli durian yang ada di pohon untuk dimakan di tempat, atau dibawa pulang. Soal harga, pastinya lebih terjangkau daripada di supermarket!

4. Pura Parahyangan Agung Jagatkartta 

Bukan sekadar obyek wisata, hingga kini Pura Parahyangan Agung Jagatkartta masih digunakan sebagai tempat peribadatan oleh masyarakat Hindu, khususnya yang tinggal di Jawa Barat.

Sebelum memasuk bagian utama komplek ini, terdapat dua buah pura, yaitu Pura Melanting dan Pura Pasar Agung yang khusus digunakan untuk beribadah, di mana sesajen disucikan terlebih dahulu sebelum dipersembahkan kepada para dewa di Pura Jagatkartta.

Umumnya, pura utama di komplek ini tertutup bagi wisatawan, kecuali bagi mereka yang ingin memanjatkan ritual. Satu-satunya area yang bisa dimasuki wisatawan adalah bagian alun-alun.

Meskipun demikian, Anda masih tetap dapat menikmati keanggunan pura ini dengan latar belakang Gunung Salak yang megah serta taman-taman cantik di sekeliling pura.Tempat yang sangat ideal jika Anda ingin mencari ketenangan batin dan pengalaman yang bersifat spiritual.

Pura Jagatkartta merupakan pura terbesar di Jawa Barat, dan yang terbesar kedua di Indonesia setelah Pura Besakih di Bali. Tempat ini juga diyakini sebagai makam dan tempat pemujaan para leluhur Kerajaan Padjadjaran yang dulu berkuasa di Parahyangan.

Dan itu adalah informasi tentang Tempat Wisata Bogor Pada Pagi Hari yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Bogor.