Tempat Wisata Cianjur Selatan

Hai Brader and Sister,

kali ini kami akan memberi informasi tentang Tempat Wisata Cianjur Selatan yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Cianjur.

1. Waduk CirataWaduk Cirata sendiri terletak di antara tiga kabupaten yakni Cianjur, Bandung, dan Purwakarta. Waduk ini sendiri merupakan sebuah bendungan yang menahan aliran air sungai Citarum dan berlokasi di sebelah hulu Waduk Jatiluhur. Karena lokasinya yang berdekatan dengan kebun, hutan, dan sawah inilah yang membuat Waduk Cirata menjadi objek wisata alam yang teduh.

Selain menjadi tempat wisata yang menarik karena letaknya yang cukup jauh dari perkotaan, Waduk Cirata juga berfungsi sebagai PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Pemandangan bukit dan persawahan di sekitar waduk ini akan semakin menambah keindahan tampilan dari Waduk Cirata ini.

2. Taman Bunga Nusantara 

Tidak hanya menyajikan pemandangan taman bunga yang menarik bagi pengunjung, Taman Bunga Nusantara ini juga menyediakan berbagai wahana seru. Terdapat kereta keliling, bom bom boat, kincir sundul langit, menaiki kuda dan ATV, fasilitas cafe dan restoran serta masih banyak lagi yang lainnya.

Menariknya, ada beberapa taman spesial disini yang bisa disinggahi secara gratis, salah satunya adalah taman labirin dari semak-semak, taman jam yang memiliki jam raksasa dengan hamparan bunga dibawahnya, serta taman Prancis yang memiliki nuansa layaknya di luar negeri.

3. Kebun Raya Cibodas 

Kebun Raya Cibodas yang terletak di daerah Cipanas ini memang dikenal sebagai surganya dunia karena menyediakan pemandangan alam berupa bunga dan taman yang menakjubkan. Salah satunya adalah kebun bunga Sakura dimana pengunjung dapat melihat pohon Sakura langsung bermekaran tanpa harus jauh-jauh pergi ke Jepang.

Wisatawan juga dapat mengunjungi beberapa curug atau air terjun di area dalam Taman Bunga Cibodas ini. Selain itu, terdapat pula rumah kaca yang menyimpan berbagai macam flora dari yang umum hingga tanaman langka. Selain curug, di daerah Cibodas atau daerah Jabar lainnya juga bisa didapati berbagai pemandian air panas dan wisata keluarga lainnya.

4. Gunung Gede 

Gunung Gede sangat terkenal di Jawa Barat untuk pendakian dan perkemahan karena memang lokasi tempatnya yang indah dan asri. Gunung Gede ini sendiri terletak di tiga kabupaten sekaligus, yakni Cianjur, Sukabumi di sisi selatan, dan Bogor.

Wisatawan dapat berkunjung kesini untuk keperluan mendaki gunung atau berkemah secara gratis. Terdapat hutan montana, hutan submontana, hutan subalpin, savana, rawa, hingga danau di area Gunung Gede yang pemandangannya sangat cantik.

5. Istana Cipanas 

stana Kepresidenan Cipanas merupakan bangunan peninggalan jaman kolonial Belanda yang dibuka untuk umum secara gratis. Di taman area dekat istana ini tersaji pemandangan kebun yang sangat luas, sejuk, dan asri dengan jenis tamanan hampir mencapai 175an spesies.

Bila melihat dari struktur bangunannya akan terasa nuansa Belanda jaman dahulu, terbagi menjadi 6 bangunan utama. Ada juga pavillion dimana pemandangannya menambah suasana jaman penjajahan, serta terdapat reservoir air panas dan masjid juga disini.

6. Curug Citambur 

Jawa Barat memang terkenal dengan curug atau air mancurnya, tak terkecuali Cianjur dengan salah satu curugnya yang paling terkenal yaitu Curug Citambur. Rute menuju Curug Citambur ini lumayan sulit karena menerobos beberapa hutan dan melewati desa serta perumahan rumah warga.

Curug Citambur memiliki ukuran yang cukup tinggi dengan debit air yang juga deras, sekitar lebih dari 100 meter. Tetapi pemandangan disekitar curug ini terkenal indah dan luar biasa, mulai dari persawahan, perbukitan, hingga perkebunan teh akan memanjakan mata para pengunjungnya atau untuk sekedar mengambil poto

dan itu adalah informasi tentang Tempat Wisata Cianjur Selatan yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Cianjur.