in

Tempat Wisata Cikutra Bandung

Hi Brader and Sister,

Kita akan memberi informasi Tempat Wisata Cikutra Bandung, yang wajib Brader and Sister kunjungi disaat berlibur ke daerah Cikutra.

1. Taman Makan Pahlawan Cikutra

Deklarator RI pernah bilang, jangan sekali-kali bangsa ini melupakan sejarah atau lebih terkenal dengan slogan “Jas Merah”. Sejarah bangsa ini dibangun oleh keringat, darah dan air mata para pejuang kita di masa lampau untuk membebaskan negeri ini dari belenggu penjajahan kolonialisme bangsa asing. Merekalah para pahlawan yang telah gugur mendahului kita dan rela mengorbankan segalanya demi kemerdekaan bumi pertiwi.

Kini, mereka tengah menyaksikan anak cucunya mengelola negeri ini dalam kebisuan. Mereka terbaring lemah di keabadian. Mereka disimbolkan dengan nisan-nisan yang kelu dan tak pernah bicara. Rumahnya bercat putih, beratapkan tanah. Para pahlawan itu kini sudah tenang di pusaranya masing-msaing. Kita sebagai anak cucunya hanya bisa melongoknya dari kejauhan diatas pusaranya. Untuk mengenangnya sesekali cobalah untuk pergi ke rumah mereka, salah satunya: Taman Makam Pahlawan Cikutra. Taman makam ini merupakan kompleks pemakaman khusus bagi para pejuang dan tentara Kota Bandungyang gugur. Taman makam pahlawan ini dibangun pada tahun 1958. Dari kejauhan, tugu pahlawan sudah nampak kelihatan menyambut setiap peziarah yang datang berupa dua benteng kokoh. Sebuah tembok besar memanjang di pinggir lapangan yang berada di tengah-tengah lokasi makam.

Di dalam taman itu berderet rapi makam pahlawan dengan nisan berwarna putih. Pohon-pohon pinus membagi makam menjadi dua bagian. Jalan dengan lebar kurang lebih sepuluh meter menjembatani antara blok satu dengan blok lainnya. Di tengah lapangan, bendera di sebuah tugu, merah putih berkibar setengah tiang. Membelakangi sebuah tugu yang baru dibangun 2005 lalu. Lapangan inilah yang biasa digunakan untuk upacara. Seperti pada hari-hari besar nasional, Hari Pahlawan 10 November, HUT RI, 17 Agustus atau pada 5 Oktober.

2. Taman Lalu Lintas 

Taman rekreasi yang berada di alamat Jl. Belitung No.1, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat ini mengusung tiga konsep atau tema yaitu tema lalu lintas di perkotaan, tema tentang air dan pegunungan. Dengan konsep yang diusung oleh taman lalu lintas bandung ini menjadikannya sebagai tempat rekreasi dan juga tempat edukasi sehingga muncullah semboyan camejasa untuk tempat ini atau cara menyebrang jalan sederhana yang bisa dipahami anak-anak tetap dipelihara.

Untuk mengisi hari libur tentu tempat ini bisa menjadi pilihan yang menarik apalagi terdapat juga fasilitas dan wahana di taman lalu lintas bandung seperti panggung kesenian, area piknik, playground, kolam renang dan masih banyak lagi, dengan adanya fasilitas yang disediakan tentu diharapkan para pengunjung bisa betah dan nyaman saat berekreasi di taman lalau lintas ade irma suryani nasution ini. Nah bagi yang sedang bingung menentukan tempat wisata yang ingin dikunjungi pada saat hari libur maka wisata taman lalu lintas bandung bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga, kerabat atau sahabat, namun sebelum kesana ada baiknya jika perlu tahu harga tiket masuk taman lalu lintas bandung agar dapat mempersiapkan budget yang dibutuhkan untuk memasuki kawasan wisata ini.

3. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat 

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat untuk mengingat jasa pahlawan yang telah memberikan pengorbanan dalam mempertahankan jengkal demi jengkal tanah tumah darah. Monumen Perjuangan, orang Bandung menyebutnya Monju, terletak di Jalan Dipati Ukur No. 48. Berdiri di atas tanah seluas ± 72.040 m² dan luas bangunan ± 2.143 m². Model bangunannya berbentuk bambu runcing yang dipadukan dengan gaya arsitektur modern. Momumen Perjuangan. Bangunannya sejajar dengan Gedung Sate yang berada di JalanDioponegoro. Monumen Perjuangan terpisah taman Jalan Japati, Jalan Surapati,  Lapangan Gasibu, dan Jalan Diponegoro. Gedung Sate akan terlihat jika berada di Monumen Perjuangan  karena posisinya berada di atas gedung pemerintahan Provinisi Jawa Barat itu. Jaraknya juga tidak terlalu jauh.

Di dinding sisi monumen itu terdapat  relief yang menceritakan sejarah perjuangan rakyat Jawa Barat. Perjuangan rakyat Jawa Barat digambarkan  mulai dari masa kerajaan, masa pergerakan, dan masa kemerdekaan. Tak lupa juga saat bangsa ini mempertahankan kemerdekaan dari  Belanda, Inggris dan Jepang. Di bagian dinding lainnya terdapat prasasti yang bertuliskan naskah Bahasa Sunda yang ditulis Saini KM. Saini KM adalah seniman asli Jawa Barat yang lahir di Sumedang.

Dan itu adalah Tempat Wisata Cikutra Bandung, Yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Bandung 🙂

 

Tempat Wisata Bandung Ciwidey

Tempat Wisata Cimahi Bandung