Tempat Wisata Di Belitung Selain Pantai

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Tempat Wisata Di Belitung Selain Pantai, yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Bangka Belitung.

1. Museum Kata Andrea Hirata 

Nama Andrea Hirata terkenal sebagai orang di balik suksesnya Laskar Pelangi, novel fenomenal yang diangkat juga menjadi film layar lebar. Jika kamu pernah menontonnya pasti tahu di mana lokasi yang diambil sebagai latar. Ya benar jawabannya adalah Belitung yang memiliki sisi tersendiri di samping keindahan alam dan batu-batu granit besar di pinggir pantainya. Beberapa waktu setelah melejitnya Laskar Pelangi, beberapa tempat turut diubah menjadi lokasi-lokasi yang berhubungan dengan karya tersebut.

Salah satunya adalah Museum Kata Andrea Hirata. Lokasinya ada di Jalan Raya Laskar pelangi Nomor 7, Gantong, Belitung Timur.Museum ini menyimpan banyak sekali benda yang bernuansa Laskar Pelangi seperti foto-foto penulis, ruangan dengan buku-buku hingga poster film Laskar Pelangi. Didirikan pada tahun 2012 silam dan saat ini telah menjadi wisata pendidikan dan budaya yang tersohor di Belitung.

2. Danau Kaolin Danau Kaolin ini memiliki pemandangan alam yang unik dan tidak di semua tempat ada. Airnya berwarna biru menyala dan dikelilingi oleh tebing-tebing kapur, nampak seperti Kawah Putih di Ciwidey, Bandung dan Kawah Tinggi Raja. Dulunya tempat ini adalah bekas pertambangan. Setelah ditinggalkan berubah menjadi lokasi wisata dengan keindahan paripurna. Udaranya cukup bersih tanpa ada bau belerang karena bukan berbentuk kawah gunung. Untuk menemukan Danau Kaolin ini kamu harus menempuh perjalanan menuju ke Desa Air Raya, Tanjung Pandan, Belitung.

3. Sekolah Laskar Pelangi Masih ingat dengan sekolah yang didatangi Ikal dan teman-temannya di film Laskar Pelangi? Bangunan itu masih ada hingga sekarang dan dijadikan sebagai salah satu objek wisata di Belitung Timur, meski hanya berupa replika saja. Sebutan populernya adalah SD Muhammadiyah Gentong. Lokasinya cukup jauh dari Tanjung Pandan, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 100 km. Jalanannya mulus dan sepi, jadi kamu bisa tancap gas dan langsung melaju. Jarak sejauh itu bisa ditempuh hanya dalam waktu satu jam.

4. Kota Manggar, Negeri 1001 Kopi Manggar di Belitung timur adalah sebuah ibu kota kabupaten yang tidak bisa dilepaskan dari kopi. Masyarakatnya begitu akrab dengan minuman tersebut sehingga penjualnya banyak ditemukan di pinggir-pinggir jalan. Kamu bisa menikmati kopi kapan saja, karena ada warung yang buka hingga tengah malam. Nggak heran jika Manggar mendapat julukan sebagai negeri 1001 kopi. Kamu bisa datang ke kota yang berjarak 90 km dari Tanjung Pandan ini untuk wisata kuliner, menikmati kopi dengan cita rasa asli.

5. Kampung Ahok Belitung adalah kampung halaman seorang Basuki Thahaja Purnama atau Ahok. Saat ini semakin banyak yang penasaran dengan latar belakangnya . Apalagi setelah ia duduk di Kursi Gubernur Jakarta. Maka dibuatlah sebuah destinasi wisata bertajuk Kampung Ahok di Jl. KA. Bujang Gantong, Belitung Timur. Yang paling menyita perhatian di area ini adalah replika rumah keluarga besar Ahok. Berbentuk rumah panggung dan sebagian besar dibangun dengan bahan kayu ulin. Layaknya rumah pada umumnya, ada perabotan-perabotan, termasuk juga koleksi foto Ahok.

Itulah beberapa pilihan tempat di Belitung sebagai alternatif selain menikmati keindahan wisata pantai yang eksotis. Tempat Wisata Di Belitung Selain Pantai yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Bangka Belitung.