in

Tempat Wisata Di Blitar

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Tempat Wisata Di Blitar yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Blitar.

1. Pantai Tambakrejo

Pantai yang air lautnya betul-betul biru ini dapat ditemukan ketika wisatawan mencoba masuk ke area Desa Tambakrejo yang ada di Kecamatan Wonotirto. Tidak begitu jauh, wisatawan hanya tinggal menuju ke selatan dengan jarak kurang lebihnya 30 kilometer saja untuk menjangkau pantai ini dan hanya akan menghabiskan waktu sejam saja untuk perjalanannya. Pantai ini selain air lautnya berwarna biru indah, pasirnya yang putih dan cantik serta pantainya yang bersih bisa menjadi tempat liburan yang pas, apalagi dengan tujuan untuk melepas stres.

Ingin bermain air pun juga akan aman sebab ombaknya tidak besar sehingga banyak orang juga memilih mandi di sana, terutama kalau sudah hampir sore di mana sudah mulai surut air pantainya. Di area ini jugalah wisatawan dapat menemukan pasar dan pelelangan ikan sehingga pengunjung dapat secara bebas membeli ikan-ikan yang masih segar yang nelayan daerah sana barusan tangkap. Pengunjung wajib menyiapkan uang sebesar Rp 3 ribu per orang dan kalau datan ke sana dengan sepeda motor, biaya parkirnya adalah Rp 3 ribu juga.

2. Goa Embultuk 

Bagi yang senang berpetualang karena cinta alam, khususnya menelusuri dasar goa, Goa Embultuk yang dipenuhi dengan stalaktit dan stalagmit ini bisa menjadi obyek wisata yang tepat untuk dipilih. Berlokasi di sebuah desa bernama Tumpakkepuh yang ada di Kecamatan Bakung, goa ini adalah satu-satunya yang punya stalagmit untuk dipertontonkan kepada pengunjung. Tempat ini paling ramai adalah pada waktu liburan sekolah dan hari besar.

Kabar baiknya, jalan yang dilalui demi sampai ke goa ini sudah mendapat perbaikan sehingga kendaraan roda empat maupun roda dua semuanya bisa mengunjungi Goa Embultuk. Saat sudah mencapai ujung goa, ada sebuah kubah yang mirip dengan aula besar dan di sanalah pengunjung bisa beristirahat; kubah tersebut memiliki ruang dapat memuat beribu-ribu orang. Goa dengan panjang sekitar 1500 meter ini konon katanya merupakan tempat yang digunakan PKI untuk bersembunyi.

3. Candi Sawentar 

Candi yang berlokasi di Kecamatan Kanigoro ini bisa ditemukan di sebuah desa yang bernama Sawentar juga. Bila menilik kembali sejarah yang ada, Lwa Wentar adalah sebutan lain untuk Candi Sawentar dan ini ada tertulis di Kitab Negarakertagama. Dengan luas lahan sekitar 1500 meter persegi lebih, komplek ini bisa menjadi tempat wisata yang menarik untuk didatangi karena keunikan yang dimilikinya. Saat melihat sepintas bangunan sejarah ini, kita akan menyimpulkan bahwa bangunannya seperti ada di kolam.

Jadi, walau memang candi ini dibangun lumayan tinggi, kelihatannya tidak begitu menjulang dikarenakan lokasinya kurang lebih 4 meter di bawah tanah. Batur dengan luas 7×7 meter persegi menjadi tumpuan tubuh candi yang tingginya mencapai 1500 meter. Kalau dihitung hingga puncaknya, tinggi candi ini bisa sampai 10,65 meter. Di sisi baratlah pintu candi terletak di mana ada relung kecil yang mengapit di sebelah kanan dan kiri. Apabila membandingkan ukuran kaki dan tubuh candi, ukuran kaki candi justru malah lebih besar.

4. Bendungan Serut 

Kalau dari pusat kota Blitar, maka wisatawan yang ingin mengunjungi bendungan ini harus menempuh jarak sekitar 25 kilometer lebih. Bendungan Serut ini terdapat di Kecamatan Kanigoro, tepatnya ada di desai bernama Gogodeso berlokasi di dusun Serut. Ada 7 pintu air yang membendung kali Brantas untuk kepentingan PLTA atau Pembangkit Tenaga Listrik. Di atasnya ada jembatan yang panjangnya 30 meter lebih di mana jembatan tersebutlah yang menghubungkan Desa Kuningan dengan Desa Gogodeso.

Fungsi Bendungan Serut yang juga dijadikan jembatan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai jalan alternatif dan bila menelusuri dengan teliti, ada taman yang mata kita dapat tangkap di sisi utara. Para pengunjung yang penasaran bisa coba mampir ke sana untuk melengkapi perjalanan dan pengalaman selama di Bendungan Serut ini. Ada desa yang bernama Lodoyo dan diketahui bahwa desa ini berbatasan dengan Laut Selatan secara langsung. Sungguh, pemandangan sekitar di bendungan ini tidak boleh sampai dilewatkan begitu saja.

Dan itu adalah informasi tentang Tempat Wisata Di Blitar yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Blitar.

Tempat Wisata Di Balikpapan

Tempat Wisata Di Garut