in

Tempat Wisata Di Boyolali

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Tempat Wisata Di Boyolali yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Boyolali.

1. Tlatar 

Obyek wisata Tlatar memiliki 2 buah kolam pemandian dengan mata air jernih. Nama pemandiannya adalah Umbul Asem dan Umbul Pengilon. Selain hari-hari biasa dan liburan, tempat wisata yang satu ini juga akan ramai kunjungan ketika bulan puasa atau ramadhan. Hal ini disebabkan adanya sebuah tradisi bernama padusan yang memang biasa dilaksanakan di Tlatar.

Padusan merupakan suatu tradisi mandi bersama-sama yang dilaksanakan menjelang bulan ramadhan dengan tujuan agar badan bersih dan suci ketika memasuki bulan puasa. Ritual mandi dilakukan oleh warga secara bersama-sama di Pemandian Tlatar.

Selain itu di tempat wisata ini kita bisa jumpai kolam pemancingan lengkap dengan rumah makan yang menyediakan berbagai menu lezat berbahan dasar ikan air tawar seperti nila, mujair, gurameh, lele, dan lain sebagainya. Tempat ini banyak dimanfaatkan untuk melakukan acara seperti syukuran atau reuni.

Alamat : Dukuh Tlatar, Desa Kebonbimo, Boyolali.

2. Umbul Pengging 


Tempat wisata di boyolali berikutnya adalah umbul pengging. Pemandian ini menyimpan nilai sejarah yang tinggi dengan arsitekturnya yang masih kuno. Konon pemandian ini adalah tempat istirahat Raja Kasunan Surakarta. Pemandian yang terdapat di Kompleks Pengging tersebut juga dipakai sebagai tempat mandi atau pemandian dari keluarga kerajaan.

Pemandian di tempat ini cukup menarik perhatian banyak wisatawan. Mulai dari tempatnya yang berbeda dari pemandian lainnya, udara sejuk yang dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan suasana yang cukup sunyi adalah nilai tambahnya.

Alamat : Desa Pengging, Kecamatan Banyudono, Boyolali.

3. Kampung Lele 

Sesuai dengan namanya, ketika sampai di obyek wisata yang satu ini. Anda akan melihat banyak ikan lele yang dipelihara oleh sebagian besar warga desa. Ya, desa ini ditetapkan sebagai Kampung Lele sejak tahun 2006 oleh Gubernur Jawa Tengah yang menjabat pada waktu itu (Bapak Mardiyanto).

Kampung ini juga pernah dikunjungi oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Di Kampung Lele kita bisa belajar bagaimana caranya beternak ikan berkumis panjang itu dengan baik sampai dengan melihat olahan dan cara mengolah ikan lele menjadi beraneka macam makanan yang tentunya membuat lidah  ketagihan, salah satunya adalah abon lele.

Alamat : Desa Tegalrejo, Mangkubumen, Kecamatan Sawit, Boyolali.

4. Agrowisata Sapi Perah Cepogo 

Boyolali yang terkenal sebagai penghasil susu sapi perah ini memiliki salah satu obyek wisata berupa Agrowisata Sapi Perah Cepogo. Ya, produk susu sapi kebanyakan memang berasal dari Kecamatan Cepogo. Di agrowisata ini para pengunjung dapat melihat secara langsung bagaimana cara beternak sapi perah yang baik, cara memberi makan sapi, manajemen kandangnya, sampai dengan proses memerah susu.

Salah satu kegiatan yang paling disukai pengunjung ketika berwisata ke tempat ini adalah merasakan pengalaman memerah susu sapi sendiri. Nah, itu menjadi pengalaman menarik dan tak akan terlupakan selain menyaksikan proses pemeliharaan sapi perah secara langsung. Kalau sudah selesai memerah susunya, kita pun bisa meminum susu sapi hasil perahan sendiri, tentunya dengan dimasak terlebih dahulu, ya.

5. Waduk Bade 

Di Boyolali juga terdapat sebuah danau buatan atau waduk yang dimanfaatkan sebagai lokasi wisata bernama Waduk Bade. Waduk yang satu ini dibangun dengan tujuan untuk perikanan, irigasi atau pengairan, serta sebagai salah satu obyek wisata yang banyak dikunjungi terutama oleh warga Boyolali dan sekitarya.

Selain untuk perikanan, waduk ini dijadikan tempat wisata karena pemandangan alam sekitar yang cukup indah. Pepohonan yang menghiasi pinggir waduk membuat rindang bagi para pengunjung yang datang. Melihat pemandangan sekitar waduk dengan hembusan angin semakin menarik perhatian para wisatawan sekitar.

Dan itu adalah informasi tentang Tempat Wisata Di Boyolali yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Boyolali.

Tempat Wisata Di Pasuruan

Tempat Wisata Di Tegal