in

Tempat Wisata Di Cirebon

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Tempat Wisata Di Cirebon yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Cirebon.

1. Keraton Kasepuhan 

Keraton ini bangunannya masih terjaga dengan baik dan merupakan keraton paling megah yang ada di Kota Cirebon. Keraton Kasepuhan dibangun pada 1529. Sebelum dinamakan Keraton Kasepuhan, bangunan ini bernama Keraton Pakungwati. Nama tersebut dipakai sebagai simbol penghormatan terhadap Panembahan Pakungwati I (Pangeran Mas Mochammad Arifin). Keraton Kasepuhan dibangun oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II yang merupakan cicit dari Sunan Gunung Jati.

Bangunan ini kaya akan sejarah dan mempunyai sebuah museum yang di dalamnya terdapat bermacam koleksi benda pusaka serta lukisan milik kerajaan. Ketika tiba di obyek wisata yang satu ini, anda seolah tengah berada di masa dulu. Akulturasi budaya sangat terasa saat menjelajah satu per satu sudut Keraton Kasepuhan Cirebon. Tak hanya ada budaya Sunda dan Jawa saja, melainkan juga Eropa, India, Cina, Arab.

Beberapa fakta percampuran kebudayaan dapat kita lihat pada tembok yang mengelilingi bangunan keraton terbuat dari bata merah (khas Jawa), gerbang mirip pura yang ada di Pulau Dewata, pagar Siti Hingilnya yang terbuat dari keramik asal negeri tirai bambu, ukiran gaya Eropa di pintu gapura, patung macan putih yang ada di gerbang sebagai tanda bahwa Kesultanan Cirebon adalah penerus dari Kerajaan Pajajaran dan terdapat pengaruh agama hindu kala itu.

Apabila anda melangkah ke halaman belakang keraton, akan dijumpai sumur yang airnya berasal dari mata air keramat serta taman nan cantik. Untuk masuk ke lokasi wisata yang satu ini, anda harus membayar tiket seharga Rp 8.000,-. Alamat : Jalan Jagasatru, Cirebon.

2. Masjid Agung Sang Cipta Rasa 

Tempat wisata di cirebon selanjutnya adalah masjid agung sang cipta rasa. Ini merupakan masjid agung yang ada di Cirebon. Masjid ini letaknya tak jauh dari alun-alun keraton dan masih termasuk ke dalam kompleks Keraton Kasepuhan. Masjid yang dulunya bernama Masjid Pakungwati, sesuai dengan nama keraton tersebut merupakan masjid yang dibangun para wali saat Sunan Gunung Jati memerintah Kesultanan Cirebon.

Apabila anda memperhatikan bagian mihrabnya, akan tampak tiga batu tegel yang dipasang oleh Sunan Bonang, Sunan Gunung Jati, dan Sunan Kalijaga. Batu tegelnya istimewa, bukan? Nah, bangunan masjid agung ini pun memiliki 9 buah pintu sebagai simbol dari wali songo dengan pintu masuk menuju bangunan utama yang sengaja dibuat dengan ukuran kecil, jadi anda harus menunduk untuk masuk ke dalam bangunan.

Filosofinya adalah penghormatan dalam memasuki rumah Allah. Menurut cerita yang beredar, Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah pasangannya Masjid Agung Demak. Jadi tatkala pembangunan Masjid Agung Demak, Sunan Gunung Jati pun membangun pasangan masjid tersebut di Kota Cirebon. Alamat : Jalan RA. Kartini, Kecamatan Kejaksan (masuk dalam kompleks Keraton Kasepuhan).

3. Taman Sari Gua Sunyaragi 

Tempat wisata di cirebon yang menakjubkan selanjutnya adalah taman sari gua sunyarangi. Tempat wisata ini adalah cagar budaya yang didirikan pada tahun 1703. Pendirinya bernama Pangeran Arya atau Pangeran Kararangen. Luas obyek wisata mencapai 1,5 hektar dan lokasi ini merupakan tempat istirahat bagi Sultan Cirebon beserta keluarganya.

Lokasi wisata ini dinamakan Sunyaragi, nama yang terdiri dari 2 kata yaitu sunya yang berarti sunyi atau sepi dan ragi yang berarti raga atau badan. Jadi area ini merupakan tempat untuk meditasi atau istirahat dan menyepi. Di area cagar budaya tersebut, ada 18 bangunan kuno dengan ornamen bangunan perpaduan antara Cina dan Indonesia klasik.

Taman Sari Gua Sunyaragi yang artistik ini menarik minat para wisatawan untuk berkunjung dan bagi yang suka fotografi juga senang datang kemari. Tiket masuk lokasi wisata dibanderol seharga Rp 10.000,- dan jadwal bukanya mulai pukul 08.00-16.00. Alamat : Jalan Brigjen Darsono, Kelurahan Sunyaragi.

Dan itu adalah informasi tentang Tempat Wisata Di Cirebon yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Cirebon.

Tempat Wisata Di Gunung Kidul

Tempat Wisata Di Purbalingga