in

Tempat Wisata Di Garut

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Tempat Wisata Di Garut yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Garut.

1. Gunung Papandayan 

Tempat wisata alam di garut yang pertama adalah kawasan Gunung papandayan. Objek wisata ini sangat terkenal karena keindahan alam yang ada disana. Adapun lokasi tepatnya adalah di Garut bagian selatan, yaitu di Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut. gunung Papandayan merupakan salah satu tempat wisata alam terbaik di Garut. Gunung Papandayan berada di ketinggian 2665 mdpl. Letak gunung Papandayan tidak terlalu jauh dari pusat kota Garut. Dari terminal Guntur Garut dapat ditempuh menggunakan angkutan kota sampai alun-alun Cisurupan dengan waktu tempuh tidak lebih dari 1 jam.

Bagi anda yang hobi mendaki gunung, maka gunung papandayan tidak boleh anda lewatkan. Dengan keindahan alam yang sangat menakjubkan akan membuat perjalanan mendaki anda menjadi tidak begitu terasa. Dari alun-alun Cisurupan dapat menggunakan ojek atau colt buntung agar cepat sampai di areal publik Taman Wisata Alam Papandayan. Jalur pendakian gunung Papandayan sangat landai, cocok didaki oleh pendaki pemula maupun anak-anak. Di Taman Wisata Alam Papandayan terdapat beberapa tempat menarik seperti Kawah Papandayan, Hutan Mati, areal camping Pondok Saladah dan padang edelweis Tegal Alun.

2. Gunung Cikuray 

Anda ingin menikmati indahnya matahari terbit di atas awan? Memang, keindahnnya tidak akan bisa digambarkan dengan kata-kata. Kita akan merasakan betapa indahnya ciptaan Tuhan. Puncak gunung Cikuray ada pada ketinggian 2821 mdpl.

Selama ini mungkin anda hanya bisa melihatnya di TV atau di gambar-gambar saja pemandangan keindahan negeri atas awan, nah di Gunung Cikuray anda bisa melihatnya sendiri betapa indahnya negeri atas awan seperti yang ada didongeng. Gunung Cikuray dikenal dengan julukan “negeri di atas awan” karena ketika pagi menjelang, hamparan awan tebal mengelilingi puncak gunung yang sangat indah itu.

Untuk mencapai lokasi Gunung ini, anda harus menuju ke Kecamatan Cilawu, Kecamatan Cigedung, Kecamatan Cikajang atau Kecamatan Banjarwangi. Untuk terknya sendiri, anda bisa menempuh 3 terk utama yaitu jalur pendakian gunung Cikuray via Pemancar Cilawu, jalur pendakian gunung Cikuray via Bayongbong dan jalur pendakian gunung Cikuray via Cikajang.

Gunung Cikuray merupakan gunung tertinggi di Kabupaten Garut, trek pendakiannya lebih terjal apabila dibandingkan dengan trek pendakian gunung Papandayan. Puncak gunung Cikuray dapat ditempuh dengan berjalan kaki dalam waktu yang relatif singkat yaitu 4 – 6 jam. Di akhir pekan atau hari libur, puncak gunung Cikuray selalu dipadati oleh pendaki dan pecinta alam dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka tertarik untuk mendaki gunung Cikuray karena alamnya bersahabat, treknya tidak terlalu panjang namun memiliki pesona keindahan yang luar biasa.

3. Gunung Guntur 

Tempat wisata di Garut selanjutnya adalah Gunung Guntur. Wah kok serba gunung terus ya? Karena memang kabupaten Garut memiliki banyak Gunung yang tinggi menjulang ke langit. Gunung ini ada di sekitar Kecamatan Leles. Kalau dari arah Bandung berada sebelah kanan sebelum alun-alun Tarogong Garut. Guntur tidak terlalu jauh tetapi treknya sulit karena melewati jalur pasir. Berjalan dua langkah, bisa kembali satu langkah. Begitulah seterusnya sampai di puncak.

Gunung Guntur merupakan tempat wisata di Garut paling gersang, nyaris tidak ada tumbuhan di wilayah gunung yang satu ini. Oleh karena itu, jarang ada pendaki yang melakukan pendakian pada siang hari. Biasanya mereka melakukan pendakian pada sore hari atau malam hari.

Di kaki gunung Guntur terdapat air terjun atau sebutan masyarakat setempat yaitu Curug Citiis. Di tempat ini pengunjung bisa beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak Guntur yang sangat indah. Puncak Gunung Guntur juaga menjadi salah satu tujuan utama orang berkunjung ke Garut, dengan keindahan dunia atas awannya membuat orang betah berlama-lama di puncak Gunung Guntur. Dari puncak terlihat jelas Situ Bagendit, gunung Cikuray, objek wisata Cipanas Garut serta rumah-rumah penduduk dan pertokoan di kota Garut.

Dan itu adalah informasi tentang Tempat Wisata Di Garut yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Garut.

Tempat Wisata Di Blitar

Tempat Wisata Di Kudus