in

Tempat Wisata Di Karanganyar

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Tempat Wisata Di Karanganyar yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Karanganyar.

1. Candi Cetho 

Wisata sejarah yang termasuk paling asyik adalah di situs sejarah satu ini, yaitu sebuah candi Hindu yang ada di Kecamatan Jenawi, namun tepatnya ada di Dusun Ceto, Desa Gumeng. Tempat ini bisa dengan mudah dijangkau dan selama perjalanan ke tempat ini, pelancong tidak akan pernah bosan sebab ada hamparan hijau perkebunan teh yang bisa dinikmati sepanjang jalan untuk menyegarkan mata. Ini merupakan sebuah candi yang tentunya unik untuk disambangi karena memiliki patung berupa alat kelamin laki-laki atau yang disebut juga sebagai kalacakra.

Selain dari keunikan tersebut, pengunjung juga akan mendapati petilasan Ki Ageng Krincingwesi di kompleks ini, beliau dikenal sebagai leluhur Dusun Cetho. Didirikan di lahan berundak, candi ini memiliki teras yang jumlahnya ada sebelas di mana setiap terasnya pun dibuat seunik mungkin. Candi Cetho adalah salah satu dari peninggalan Kerajaan Majapahit yang letak persisnya ada di atas pekebunan teh Kemuning dan lereng Gunung Lawu dan sesampainya di lokasi ini, wisatawan akan dipuaskan dengan kesejukan hawanya yang tidak terkira.

2. Candi Sukuh 


Untuk candi satu ini sebenarnya letaknya tidaklah jauh dari Candi Cetho dan tidak kalah seru dan unik untuk dikunjungi dari Candi Cetho. Candi ini berada di Kecamatan Ngargoyoso, tepatnya ada di Desa Berjo. Jangan heran kalau datang ke sini dan menemukan patung-patung yang bertema erotis sama halnya dengan yang ada di Candi Cetho. Hanya saja, setiap patung di candi ini tidak didirikan secara sembarangan tanpa makna; sejumlah literatur pating yang terdapat di Candi Sukuh menyimbolkan kesuburan.

Keunikan lainnya yang tak patut untuk dilewatkan dari Candi Sukuh adalah bentuk bangunannya yang kelihatan berbeda dengan candi-candi lain yang ada di tanah air. Hebatnya lagi, diketahui bahwa struktur candi ini justru memiliki kemiripan dengan bangunan suku Maya yang terdapat di Meksiko serta suku Inca yang ada di Peru. Menurut sejarahnya, penemuan candi ini adalah oleh residen Surakarta di tahun 1815 dalam keadaan runtuh dan Dinas Purbakala-lah yang melakukan pemugaran di tahun 1928.

3. Grojogan Sewu 

Wisata alam yang wajib untuk didatangi selama berlibur di Karanganyar adalah Grojogan Sewu di mana obyek wisata yang paling dibanggakan di sini adalah air terjunnya. Berlokasi di Kecamatan Tawangmangu, obyek wisata satu ini memiliki sekitar 1.250 anak tangga yang harus dilewati oleh para pengunjung untuk demi sampai ke lokasi. Jika tertarik, cobalah untuk datang ke area Hutan Wisata Grojogan Sewu karena air terjun yang terletak di lereng Gunung Lawu ini menawarkan kesejukan dan pemandangan alam yang sangat menawan hati.

Air terjun setinggi 80 meter ini bisa menjadi salah satu spot favorit sebab suara air terjunnya yang bergemuruh sangat enak didengar. Namun, selalu waspada dalam perjalanan naik ke atas sebab di hutan yang lebat ini hiduplah banyak kera liar yang kerap merebut tas yang dibawa oleh para pengunjung. Banyak warung makan yang bisa ditemukan di kawasan ini sehingga tidak perlu khawatir ketika sudah mulai lapar dan ingin mengisi tenaga.

4. Perkebunan Teh Kemuning 

Tempat wisata berikutnya yang tidak kalah seru untuk dikunjungi adalah Perkebunan Teh Kemuning yang amat sangat menyejukkan dengan seluruh lokasi yang berwarna hijau. Rupanya, untuk berlibur ke perkebunan teh tidaklah harus ke puncak Bogor karena di Karanganyar pun bisa ditemui. Selain indahnya panorama di perkebunan teh ini, lokasi ini juga dijadikan sebagai tempat ber-aero sport paralayang. Jadi untuk yang memiliki kegemaran aktivitas pemacu adrenalin seperti ini, yaitu tepatnya di Venues Bukit Paralayang yang letaknya ada di Dusun Segoro, Gunung Kemuning bisa dikunjungi.

Tapi cukup seru juga hanya berjalan-jalan mengelilingi kebun yang memiliki luas 438 hektar ini. Tersedia jalan setapak yang bisa dijadikan jalur untuk wisatawan berjalan dan para pemetik teh. Ada beberapa bukit yang memiliki tanaman teh seperti yang biasa kita tonton di Teletubbies dan jika dilihat dari bawah maka penglihatan kita pun akan disegarkan oleh gundukan tanaman teh. Jangan lupa untuk membawa kamera supaya bisa mengabadikan indahnya alam kebun teh. Bahkan para pengunjung juga diperbolehkan untuk memetik teh yang bisa dibawa pulang

Dan itu adalah informasi tentang Tempat Wisata Di Karanganyar yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Karanganyar.

Tempat Wisata Di Klaten

Tempat Wisata Di Banten