in

Tempat Wisata Di Kebumen

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Tempat Wisata Di Kebumen yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Kebumen.

1. Pantai Logending 

Pantai yang berada di Desa Ayah, kecamatan Ayah ini berjarak sekitar 53 km dari pusat kota Kebumen, wah lumayan jauh juga ya. Pantai ini terkenal sangat indah ditambah lagi hutan di sekitarnya yang masih asri. Disini kita bisa berkeliling dengan menggunakan perahu wisata. Sedikitnya 40 perahu wisata dikelola oleh masyarakat melalui peguyuban setempat dengan dua kapasitas perahu, yakni berpenumpang 40 dan 60 orang.

Rute layanan perahu wisata itu dari Pantai Logending ke tempat di dekat Jembatan Bodo yang membatasi Kabupaten Kebumen dengan Kabupaten Cilacap, sejauh sekitar 13 kilometer atau waktu tempuh 20 menit. Untuk menambah keseruan di pantai ini, sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti areal parkir kendaraan wisata, tempat perkemahan, mandi, cuci, dan kakus, penginapan, serta tempat bermain anak-anak. Saat lapar, anda juga tidak perlu khawatir, karena di sekitar pantai ada banyak warung makanan ringan hingga makan berat. Aneka kuliner lezat tersaji di pinggir pantai mulai dari kepiting, udang, dan ikan bawal. Selain itu, produk penganan seperti grubi dan gula kelapa. Mereka juga membuka kios suvenir terutama anyaman berbahan baku pandan dan kerajinan kerang.

2. Pantai Karang Bolong 

Pantai karang bolong sendiri terletak di Kecamatan Buayan. Pantai karang bolong berpasir abu-abu plus sejumlah batu karang yang menambah keindahan pantai ini. Ada bukit-bukit tinggi yang juga bisa disaksikan oleh para pengunjung pantai dalam mengelilingi Pantai Karang Bolong. Suasana pantai yang lebih nyaman didukung juga oleh adanya deretan pohon kelapa. Pengunjung yang kelaparan setelah jalan-jalan pun bisa singgah di beberapa warung yang ada di sekitar pantai demi mengisi tenaga.

 Keunikan Obyek Wisata ini terletak pada hunian burung walet  di dalam  gua. Terdapat 3 (  tiga ) gua dimana burung walet tinggal yaitu Gua Pasir, Karangduwur dan Karang Bolong. Sarang burung walet ini dapat digunakan untuk obat campuran makanan. Pengunduhan sarang walet dilakukan 4 kali yaitu pada musim 2, 4, 7, 9 ( kalender Jawa ). Sebelum pengunduhan sarang burung walet didahului dengan upacara selamatan.

Di kawasan pantai ini juga terdapat Gua Karangbolong, yang terletak di sisi timur. Sebuah lorong yang cukup panjang terbentuk pada lapisan breksi lahar yang terkekarkan. Gua Karangbolong berukuran panjang 30 m, lebar 10 m dan tinggi sekitar 5 m. Breksi yang dikenal sebagai Formasi Gabon ini berumur Oligo-Miosen atau antara 30-15 juta tahun lalu, tersingkap bersama-sama dengan sisipan batu pasir dan batu lempung.

3. Pantai Menganti 

Pantai menganti menjadi tempat wisata di Kebumen yang harus masuk dalam daftar kunjungi anda. Pantai Menganti sendiri memiliki cerita yang berkembang sejak dahulu hingga kini. Alkisah, ada seorang panglima perang dari Kerajaan Majapahit yang menjalin kasih dengan seorang perempuan di mana hubungan tersebut tidaklah direstui. Karena restu tidak didapat, maka sang panglima pun kabur. Pantai ini adalah lokasi tempat mereka janjian untuk bertemu, tapi sepanjang hari sang panglima menunggu, kekasih hatinya tidak muncul juga dan membuat sang pria berada dalam sebuah penantian.

Berikut ini daftar tiket masuk pantai menganti Kebumen:

  • Pengunjung dewasa dikenakan biaya Rp 2 ribu untuk dapat menikmati pantai ini.
  • Pengunjung anak-anak yang usianya 5 tahun ke bawah dikenakan Rp 1 ribu saja.

Dan itu adalah informasi tentang Tempat Wisata di Kebumen yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Kebumen.

Tempat Wisata Di Sumatera Utara

Tempat Wisata Di Jember