in ,

Tempat Wisata Di Klaten

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Tempat Wisata Di Klaten yang wajib Brader and Sister kunjungi jika Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Klaten dan Sekitarnya.

1. Candi Prambanan 

Obyek wisata mendunia satu ini termasuk wajib dikunjungi bila ingin berlibur ke Klaten, bahkan wisatawan mancanegara pun banyak yang tertarik dengan bangunan bersejarah ini. Dengan posisi yang ada di perbatasan antara provinsi Yogyakarta dengan Kabupaten Klaten, tempat ini hanyalah sekitar 120 kilometer dari Semarang ke arah selatan, sementara bila dari Surakarta hanya tinggal menempuh 50 kilometer ke barat daya, dan dari Yogyakarta sendiri hanya 17 kilometer ke timur laut. Tidak salah bila menjadikan Candi Prambanan sebagai destinasi utama karena memang ini merupakan candi paling megah yang ada di Asia Tenggara, bahkan UNESCO pun sudah memasukkannya ke dalam situs Warisan Dunia. Supaya lebih lengkap, liburan ke Klaten harus datang ke Candi Prambanan yang berarsitektur tingkat tinggi ini.

  • Candi Prambanan beroperasi setiap hari dan akan mulai melayani pengunjung dari jam 6 pagi, tutup pada jam 5 sore.
  • Pengunjung atau wisatawan domestik yang berusia 6 tahun ke atas dikenakan Rp 30 ribu per kepala.
  • Pengunjung atau wisatawan domestik yang usianya 5 tahun ke bawah dikenakan Rp 12.500 saja per kepala.
  • Wisatawan mancanegara dikenakan USD 18 atau sekitar Rp 243 ribu.

2. Umbul Kapilaler 


Satu lagi obyek wisata air yang akan membuat liburan lebih lengkap di Klaten, yakni Umbul Kapilaler yang sebenarnya merupakan tempat pemandian putri. Warga sekitar pun masih kerap menggunakannya untuk tempat mandi. Setiap orang yang datang berkunjung sebaiknya tidak berharap terlalu tinggi akan desain kolam yang sudah berkeramik dengan struktur yang lebih modern karena kolam ini sama sekali tradisional. Diketahui bahwa dasar kolam pun masih berbentuk tanah dan batu.

Lokasi umbul ini tidaklah jauh dari sumber mata air Si Gedang di mana sebuah perusahaan air minum memanfaatkan dan mengemasnya menjadi produk air minum kemasan. Tempat ini pun tidak begitu luas dan dikelilingi oleh pohon-pohon beringin yang lebat. Di bagian pinggir kolam pun terdapat banyak batu berukuran besar sehingga tempat ini dianggap sangat rimbun yang membuat para pengunjung malah betah dan bisa rileks. Tempat ini terbuka bagi umum dan wisatawan berasal dari manapun tidak akan dikenakan biaya masuk. Penggunaan fasilitas kolam ini adalah secara cuma-cuma, hanya memang pagi dan sore hari umbul yang ada di Dukuh Umbulsari, Ponggok, Polanharjo ini akan penuh oleh warga sekitar untuk mandi.

3. Cokro Tulung 

Wisata air yang juga akan membuat para wisatawan puas bermain adalah Cokro Tulung atau banyak yang mengenalnya dengan nama Obyek Wisata Mata Air Cakra yang disingkat OMAC. Dengan luas sekitar 10 hektar, Cokro Tulung ini bisa ditemukan ketika pengunjung mencoba untuk datang ke Kecamatan Tulung yang ada di Klaten, tepatnya ada di desa yang bernama Cokro. Yang membuat tempat ini begitu spesial adalah airnya yang tidak hanya segar namun juga masih bening karena berasal dari mata air Cakra secara langsung.

Bukan hanya airnya yang menjadi keunggulan dari tempat wisata air yang terkenal di Klaten ini, melainkan ada permainan-permainan seru yang juga bisa ditemukan dan dinikmati bersama keluarga, terutama anak-anak. Wahana atau atraksi yang ditawarkan di tempat ini antara lain adalah flying fox, jembatan goyang, kolam slider, kolam arus, serta waterboom. Para pengunjung yang mencari sebuah tempat liburan seru namun tetap sejuk dan membuat rileks, Cokro Tulung adalah destinasi yang tepat karena selain air jernihnya, pepohonan besar yang rimbun akan menambah kenyamanan.

Dan itu adalah informasi tentang Tempat Wisata Di Klaten yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Klaten.

Tempat Wisata Di Pekanbaru

Tempat Wisata Di Karanganyar