in

Tempat Wisata Di Kudus

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Tempat Wisata Di Kudus yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Kudus.

1. Menara Kudus 

Di Kudus terdapat sebuah menara yang terletak di Masjid yang sangat terkenal karena sering dijadikan sebagai materi pelajaran di sekolah. Menara itu terdapat di Masjid al-Manar atau ada juga yang menyebutnya Masjid al-Aqsa. Namun nama resmi masjid ini adalah Masjid al-Aqsa Manarat Qudus.

Tempat menarik di Kudus ini terletak di Jalan Menara, Kauman, Kota Kudus, Kabupaten Kudus Jawa Tengah. Masjid ini dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549 dengan bentuk yang mirip dengan candi Hindu Budha. Hal ini merupakan salah satu bukti akulturasi budaya yang terjadi di Indonesia pada zaman penyebaran Islam dahulu. Yang tak kalah menarik dari tempat wisata kota Kudus ini adalah bahan pembuatannya yang berupa batu maqdis. Batu tersebut dikirim langsung dari Palestina.

2. Makam Sunan Kudus 

Sebagaimana yang telah diketahui oleh banyak orang, Kudus memiliki banyak tempat yang merupakan wisata religi. Termasuk di dalamnya adalah makam Sunan Kudus yang selalu menjadi tempat wisata area Kudus yang ramai dikunjungi. Pada hari-hari tertentu akan ada banyak peziarah yang berdatangan mengunjungi makam salah satu penyebar agama Islam di Pulau Jawa ini.

Letak peristirahatan terakhir salah satu wali songo ini adalah tepat di belakang Masjid al-Aqsa Manarat Qudus. Karena itu, jika Anda mampir ke Masjid tersebut. tidak ada salahnya mengunjungi Makam Sunan Kudus sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa-jasa beliau.

3. Makam Sunan Muria 

Salah satu tempat wisata populer di Kudus yang selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung adalah Makam Sunan Muria. Biasanya para peziarah selain mengunjungi Makam Sunan Kudus juga akan mendatangi tempat peristirahatan terakhir Sunan Muria. Makam ini terdapat di lereng Gunung Muria, yaitu di Desa Colo, Kecamatan Dewe. Untuk mencapai lokasi Makam Sunan Muria ini sekarang sudah banyak ojek pangkalan yang bersedia mengantar para peziarah.

4. Museum Kretek Kudus 

Berbicara tentang ikon kota, rasanya tidak lengkap jika belum mengunjungi museumnya. Terkenal dengan kota kretek atau rokok, Kudus telah membangun sebuah museum yang berkaitan dengan hal tersebut. Tempat wisata keluarga di Kudus ini berada di Jalan Getas Pejaten Nomor 155, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Di museum yang berdiri sejak 3 Oktober 1986 ini memiliki lebih dari 1.195 koleksi sejarah yang berkaitan dengan kretek.

Seperti alat dan bahan pembuatan kretek, dokumentasi pendiri pabrik rokok bal tiga. Benda-benda promosi di masa lalu, dan banyak lagi koleksi lainnya. Selain melihat berbagai koleksi terkait kretek, di sana Anda juga bisa menyaksikan secara langsung proses produksinya secara manual maupun modern.

Untuk masuk ke objek wisata murah di Kudus ini hanya perlu membayar tiket sebesar 1.500 rupiah untuk hari biasa. Sedangkan pada hari Minggu dan hari libur nasional hanya dikenai tarif 2.000 rupiah saja. Museum ini buka setiap hari sejak pukul 07.30 pagi hingga 16.00 sore.

5. Museum Purbakala Patiayam 

Selain Museum Kretek, di Kudus masih terdapat satu museum lagi yang akan membantu kita menambah wawasan, yaitu Museum Purbakala Patiayam.Tempat wisata di Jekulo Kudus ini tidak berbeda jauh dengan Museum Fosil Sangiran di Sragen. Fosil yang menjadi koleksi Museum Purbakala Patiayam juga terawat dengan baik.

Hal tersebut karena proses penimbunannya menggunakan abu hakus dan fosil-fosil tersebut dibentuk sedemikian rupa dengan sebaik mungkin. Koleksi Museum Purbakala Patiayam ini cukup lengkap, selain fosil manusia purba, di sana juga terdapat fosil fauna vertebrata dan invertebrata.

Untuk itu tidak ada salanya bertandang sejenak ke museum ini bersama buah ahti Anda ketika hari libur tiba. Sehingga selain berwisata, putra-putri Anda juga bisa mendapat wawasan baru mengenai fosil zaman purba. Tempat wisata yang bagus di Kudus ini berada di Dukuh kancilan, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus.

Dan itu adalah informasi tentang Tempat Wisata Di Kudus yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Kudus.

Tempat Wisata Di Garut

Tempat Wisata Di Makassar