in

Tempat Wisata Di Kuningan

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Tempat Wisata Di Kuningan yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Kuningan dan Sekitarnya.

1. Desa Wisata Sitonjul 

Desa Wisata Sitonjul menyuguhkan suasana khas pedesaan yang tenang dan asri. Jika Anda ingin merelaksasikan pikiran dari kepenatan dan hiruk pikuk kota, Anda bisa berkunjung ke tempat wisata di Kuningan yang satu ini. Lahan persawahan yang hijau akan dengan mudah menyegarkan kembali mata Anda. Selain itu, Anda juga akan disuguhi dengan budaya Sunda yang khas dan terkenal akan keramahannya.

Desa Sitonjul merupakan gabungan dari dua nama desa yang mengapitnya, yaitu Desa Simenyan Tonjong dan Desa Munjul. Desa ini berada di Kelompok Pedesaan Sangkanurip, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, tepatnya sejauh 13 kilomter dari Kota Kuningan dan 24 kilometer dari Kota Cirebon. Jika ingin menikmati keasrian desa ini, Anda bisa menghubungi pengelola hotel yang ada di sekitar desa.

2. Curug Putri 

Kabupaten Kuningan memiliki sejumlah wisata curug yang tak kalah indahnya dengan wisata curug di wilayah lain. Salah satu curug yang tidak kalah indah adalah Curug Putri. Tempat wisata di Kuningan ini cocok untuk wisata keluarga karena aksesnya yang mudah dan pemandangan alamnya yang menakjubkan. Di sepanjang jalan, Anda akan ditemani dengan bukit-bukit serta hamparan hijau kebun buah dan sayur.

Curug Putri berlokasi di dalam Taman Nasional Gunung Ciremai. Tepatnya di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Curug ini tidak terlalu tinggi, kurang lebih tingginya hanya 20 meter. Terdapat tangga-tangga batu dan jalan setapak untuk memudahkan pengunjung menikmati segar dan dinginnya air curug. Curug Putri buka mulai pukul 07:00 pagi hingga 05:00 sore dengan tiket masuk seharga Rp5.000 saja.

3. Wisata  Bukit Panembongan 

Bagi Anda yang menyukai wisata bukit, tempat wisata di Kuningan yang satu ini wajib Anda sambangi. Bukit Wisata Panembongan yang berlokasi di Desa Tembong, Kecamatan Garawangi, Kabupaten Kuningan ini menawarkan panorama alam Kabupaten Kuningan yang bisa Anda nikmati dari ketinggian. Meskipun baru dibuka secara resmi pada tahun 2016, Bukit Panembongan telah berhasil menjadi salah satu destinasi favorit masyarakat dan wisatawan lokal.

Tidak hanya bisa memanjakan mata dengan indahnya alam, Anda juga bisa menjajal berbagai fasilitas lain yang ada di tempat wisata di Kuningan ini. Fasilitas yang ada antara lain lahan untuk berkemah, permainan flying fox, dan spot-spot menarik untuk melangsungkan foto prewedding. Wisata Bukit Panembongan buka setiap hari hingga pukul 05:00 sore, dengan harga tiket masuk seharga Rp5.000 saja.

4. Gunung Ciremai 

Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat yang selalu menjadi incaran para pendaki untuk ditaklukkan. Gunung setinggi 3.078 mdpl ini adalah salah satu gunung api tipe A yang masih aktif hingga saat ini. Salah satu kawah bekas letusan di gunung ini berada pada ketinggian 2.900 mdpl dan dinamakan Gua Walet.

Ada empat jalur yang bisa dipilih untuk menaklukkan Gunung Ciremai. Dari Kabupaten Kuningan, Anda bisa memilih Desa Linggarjati, Desa Palutungan, atau Desa Linggasana. Sementara itu, dari Kabupaten Majalengka, Anda bisa melakukan pendakian melalui jalur dari Desa Apuy. Tentunya setiap gunung dan jalur memiliki tingkat kesulitannya masing-masing sehingga banyak pendaki yang mencoba mendakinya lebih dari satu kali dengan melalui jalur yang berbeda.

Selalu jaga kesehatan dan lakukan olahraga rutin sebelum Anda melakukan pendakian. Jika Anda adalah seorang pendaki amatir, jangan mendaki gunung ini sendirian. Ikutlah dalam rombongan pendaki yang berpengalaman.

Dan itu adalah informasi tentang Tempat Wisata Di Kuningan yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Kuningan.

Tempat Wisata Di Gresik

Tempat Wisata Di Samarinda