Tempat Wisata Di Makassar Yang Jarang Dikunjungi

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Tempat Wisata Di Makassar Yang Jarang Dikunjungi yang wajib Brader and Sister kunjungi.

1. Benteng Somba Opu 

Bangunan ini memiliki nilai arsitektur yang tinggi. Bentuknya segi empat, dengan panjang 2 km, berketinggian 7-8 meter, dan ketebalan dinding benteng mencapai 3.6 meter. Konstruksi yang sangat kokoh dari Benteng Somba Opu adalah sebuah sistem pertahanan yang kuat mengingat benteng ini adalah pusat perdagangan dan pelabuhan rempah-rempah yang ramai dikunjungi pedagang asing dari Asia dan Eropa pada masa lampau. Di benteng ini tersimpan benda-benda bersejarah peninggalan Kerajaan Gowa.

Di dalam kawasan benteng, Anda juga akan menemukan taman satwa dan waterboom yang dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung, terkenal dengan sebutan Gowa Discovery Park. Untuk dapat masuk ke Gowa Discovery Park, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 85 ribu, menjadi Rp 100 ribu di saat akhir pekan. Sementara itu, tiket masuk Benteng Somba Opu adalah sebesar Rp 2 ribu per orang.

2. Pulau Samalona 

Berjarak sekitar 6,8 km dari kota Makassar, Anda dapat tiba di Pulau Samalona ini dengan menggunakan speed boat dalam durasi waktu sekitar 20-30 menit. Anda bisa berangkat dari sebuah dermaga di dekat Losari atau memulai perjalanan dari dermaga yang dekat dengan Fort Rotterdam. Anda perlu skill tawar-menawar agar bisa mendapatkan tarif sewa kapal yang murah.

Selain pengalaman menyelam yang seru di tempat ini, menikmati panorama sunset di tepian pantai di Pulau Samalona adalah sebuah hal lainnya yang patut Anda rasakan. Bermain-main di tepian pantai dengan hamparan pasir putih adalah cara yang populer dilakukan para penikmat perjalanan di tempat wisata Makassar yang satu ini. Mushola, toilet, saung, dan rumah makan adalah beberapa fasilitas publik yang tersedia di pulau Samalona selain pula Anda dapat menyewa penginapan di pulau tersebut.

3. Pulau Lae-Lae 

Akses menuju ke pulau Lae-Lae dengan menggunakan speedboat dengan waktu tempuh kurang lebih sepuluh menit.  Untuk biaya transprtasi pulang pergi sediakan uang sepuluh ribu rupiah. Setiba di dermaga Lae-Lae kami berkeliling pulau terlebih dahulu sembari memotret tempat-tempat yang ada disana dan kehidupan masyarakatnya. Pulau ini hanya memiliki luas 0,04 KM persegi.

Menurut sejarah pulau ini dahulunya adalah Pangkalan udara dan laut dimasa penjajahan Jepang. Pun konon kabarnya dulu terdapat terowongan yang tembus langsung ke Benteng Fort Rotterdam tapi sudah tertutup. Ada cerita menarik yang menyelimuti dari penamaan pulau Lae-Lae ini sendiri. Konon kabarnya dahulu ada seorang pedagang arab yang tenggelam dan berteriak meminta tolong dengan berucap “Lae Lae”, karena itulah kenapa pulau ini kemudian disebut dengan pulau Lae-Lae.

Berkunjung ke pulau Lae-Lae tentunya tak lengkap jika tidak mencemburkan diri di pantainya. Pantai pasir putih dengan air yang jernih begitu sangat menggoda. Disekitarnya terdapat pohon yang orang-orang sebut dengan pohon ‘’Tammate’’ yang  semakin menambah eksotika di sekitar pantai di Pulau Lae-Lae ini. Pun terdapat gazebo yang terbuat dari bamboo untuk berteduh yang bisa disewa dengan harga 20.000-30.000 rupiah seharian.

4. Pulau Kayangan Makassar 

Lokasinya berjarak sekitar 0.8 Km dari kota Makassar. Pulau terdekat dari Makasaar ini dapat ditempuh dengan mengunakan kapal motor selama 15 menit dari dermaga wisata Pulau Kecil Kayangan tidak jauh dari benteng Fort Rotterdam. Fasilitas dari tempat Penginapan, resort, restoran, hingga sarana olahraga air telah di bangun di area Pulau. Kamu dapat menikamti view kota Makassar dari Pulau Kecil ini apalagi jika dilakukan dimalam hari keindahan gemerlap kota Makassar tampak jelas dari Pulau ini.

Dengan hamparan pasir yang putih Pulau Kayangan memilik daya tarik tersendiri dengan fasilitas yang cukup lengakap. Permainan air seperti banana boat, jetsky, dan kolam renang juga tersedia di Pulau ini. Selain itu anda juga dapat berenang dan sun bathing di pinggir pantai dan duduk santai menikmati keindahan pulau dengan lautnya yang biru. Selain aktifitas air, menikmati matahri terbenam menjadai slah satu daya tarik sendiri dari Pulau Marrouw. Kamu dapat menikmati pesona Pulau Kahyangan sehari penuh dengan sepuasnya tanpa bermalam di pulau Kahyangan. Karena setiap jam sekali akan ada kapal motor yang datang dan pergi ke Pulau kecil Kayangan.

Dan itu adalah informasi tentang Tempat Wisata Di Makassar Yang Jarang Dikunjungi yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Makassar.