Tempat Wisata Di Medan Binjai

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Tempat Wisata Di Medan Binjai, yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Binjai, Medan, Sumatera Utara.

1. Arung Jeram Sungai Bingei

Arung Jeram Sungai Binge Binjai merupakan kegiatan di sungai dangkal bebatuan berair jernih dengan jeram cukup banyak dan memiliki tingkat kesulitan 2-3. Menjelang finish, pengarungan Sungai Binge disudahi dengan serunya meluncur di bendungan setinggi hampir 8 meter dengan kemiringan sekitar 45 derajat.

Jarak tempuh Arung Jeram Sungai Binge sekitar 6 kilometer dengan waktu tempuh antara 2 – 3 jam, dengan lokasi awal pengarungan sekitar satu jam dari Kota Medan. Sudah ada cukup banyak operator tur yang menawarkan jasa pendamping wisata arung jeram Sungai Binge ini. Grade 2-3 untuk Arung Jeram Sungai Binge ini masuk dalam kategori aman dan cocok untuk pemula dan untuk kegiatan rekreasi.

2. Gedung Pengadilan Agama Binjai 

Gedung Pengadilan Agama Kota Binjai yang beralamat di Jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Kartini, Kecamatan Binjai Kota, bersebelahan dengan Mapolres Binjai, adalah merupakan bangunan peninggalan dari jaman penjajahan Belanda. Gedung Pengadilan Agama Binjai memiliki sebuah kubah besar, dengan luas bangunan 552,25 m2 yang berdiri di atas tanah seluas 3.836 m2 (56×68,5 m). Gedung yang telah ditetapkan sebagai benda Cagar Budaya ini terdiri dari satu ruang sidang utama, ruang keuangan, ruang mediasi, dan museum rumah keadilan.

Selain bangunan peninggalan kolonial itu, di Gedung Pengadilan Agama Binjai dulu ada dua meriam kuno yang sekarang sudah dipindahkan ke kantor Pengadilan Negeri di Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Binjai Barat. Berdasarkan surat keputusan Badan Urusan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia tertanggal 29 Oktober 2008, gedung yang sebelumnya menjadi kantor Pengadilan Negeri Binjai itu menjadi tanah dan bangunan gedung kantor Pengadilan Agama Binjai.

3. Tugu Perjuangan 1945 Salah satu ikon Kota Binjai adalah Tugu Perjuangan 1945 yang menjadi perlambang pintu gerbang Kota Binjai menyambut kedatangan pengunjung dari luar kota.Tidak banyak yang mengetahui, bahwa peranan Muhammadiyah di awal-awal kemerdekaan tahun 1945 sangat-sangat dominan.

Pengibaran sang saka Merah Putih pada tanggal 06 September 1945 bertepatan dengan 1 syawal 1365 H (Hari Jumat) dilaksanakan oleh Pengurus dan Anggota Muhammadiyah serta masyarakat umum lainnya segera setelah menerima telegram bahwa Republik Indonesia sudah merdeka.

Pengakuan Pemko dalam hal ini dapat dilihat dengan adanya tatengger di jalan Perintis Kemerdekaan. Selain itu, sebelumnya Binjai juga mempunyai ikon lain yaitu tugu air peninggalan zaman Belanda di Jalan Jenderal Sudirman yang sebelumnya digunakan untuk menyalurkan air bersih ke rumah-rumah di dalam kota. Namun peninggalan bersejarah ini beberapa tahun lalu telah digantikan dengan jejeran rumah toko.

4. Masjid Agung Binjai Masjid yang berada di kawasan Pasar Tavip ini, dibangun oleh Sultan Langkat Tuanku Sultan Haji Musa Al Khalid Al Mahadiah Muazaam Shah pada tahun 1887, dan pertama kali dipergunakan pada tahun 1890 dan diresmikan oleh putranya Tuanku Sultan Abdul Jalil Rahmat Shah. Pembangunan masjid ini lebih dulu dimulai 12 tahun dibandingkan masjid Azizi yang berada di Tanjung Pura, namun Pembangunnya sama sama membutuhkan waktu tiga tahun.

Mesjid Raya Binjai berdiri di atas lahan kurang lebih 1000 meter persegi. Sejak berdiri, mesjid ini sudah beberapa kali melakukan renovasi, khususnya di bagian timur dan selatan dibangun teras untuk menambah daya tampung pengunjung mesjid. Sekretaris Mesjid Raya Binjai, Haji Usman mengatakan dari empat kubah masjid yang menghiasi atap mesjid, kubah utamanya sudah berganti warna. Sedangkan sisanya masih berwarna hijau sesuai dengan warna aslinya. “Kubah utamanya sudah dilapisi stainless steell sehingga menjadi warna perak. Sengaja ditutup karena sudah bocor, namun kita tidak merubah bentuk, hanya membalutnya,”

Dan itu adalah informasi tentang Tempat Wisata Medan Binjai, yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Medan.