in

Tempat Wisata Di Mojokerto

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Tempat Wisata Di Mojokerto yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Mojokerto.

1. Candi Tikus 

Candi Tikus ini merupakan candi yang menarik untuk anda kunjungi ketika berada di Mojokerto. Hal itu dikarenakan keunikan dari candi itu tersebut. Bentuk Candi Tikus berbeda dengan bentuk kebanyakan candi pada umumnya dimana candi itu berada di tengah-tengah kolam air.

Untuk menuju ke tempat ini pengunjung harus menempuh jarak 13 km dari pusat kota Mojokerto. Untuk menuju kesini pengunjung bisa menempuh jalan raya Mojokerto sampai Jombang, setelah sampai di perempatan Trowulan anda belok ke timur, anda akan melewati Kolam Segaran dan lokasi candi itu ada di sebelah timur Candi Bajangratu.

Pada mulamya candi ini dikubur di dalam tanah, namun candi itu diketemukan kembali sekitar tahun 1914. Penggalian dari situs candi ini dilakukan atas laporan dari Bupati Mojokerto pertama kali bernama Kromojoyo Adinegoro dimana beliau menemukan miniatur di pekuburan rakyat. Saat itulah candi itu diketemukan kembali, setelah diketemukan dilakukanlah pemugaran secara keseluruhan di tahun 1984. Dinamakan Candi Tikus dikarenakan tempat penemuan candi itu dulunya adalah sarang tikus. Memang sampai saat ini belum ada informasi yang jelas tentang candi tersebut misalnya saja kapan candi itu dibuat, fungsi candi itu dulunya untuk apa dan siapa yang mendirikan candi tikus etrsebut.

Bentuk dari candi ini mirip dengan petirtaan dan mengundang perdebatan di kalangan para ahli sejarah dan arekolog. Perdebatan itu tentu saja menyangkut tentang fungsi pendirian candi itu. Banyak pakar yang mengatakan bahwa candi itu dulunya digunakan sebagai sarana mandi untuk keluarga raja dan ada juga pakar yang mengatakan bahwa candi itu digunakan sebagai sarana penampungan air dan penyalurannya untuk keperluan masyarakat yang tinggal di Trowulan. Pendapat lain dikemukakan bahwa candi itu digunakan sebagai pemujaan dilihat dari menara candi ini berbentuk meru.

2. Kolam Segaran 

Mendengar namanya tentu anda sudah tahu bahwa tempat wisata itu seperti apa. Tempat wisata ini berupa kolam yang ditemukan pertama kali oleh Insinyur Belanda bernama Marc Lain Pont dan bekerja sama dengan Bupati Mojokerto yang pertama Kromojoyo di tahun 1926. Sejak ditemukan sampai dengan sekarang ini, kolam ini telah dipugar selama berkali-kali yaitu pada tahun 1966, 1974 dan yang terakhir kali di tahun 1984. Kolam ini merupakan peninggalan kerajaan Majapahit yang dibanggakan dan dituahkan oleh masyarakat Trowulan setempat.

Kolam ini dinamakan Segaran sebab diambil dari kata Segara yang artinya adalah segara atau laut. Masyarakat sekitar mengira bahwa kolam ini merupakan miniatur laut dikarenakan sangat luas. Kolam ini dikelilingi oleh tembok dan juga tanggul dari bata merah sekaligus membentuk kolam tersebut. Panjang kolam ini adalah 375 meter dan memiliki lebar 175 meter. Tebal dari tepi kolam sekitar 1,6 meter dan memiliki kedalaman 2,88 meter.

Konon pada saat masa pemerintahan Hayam Wuruk, kerajaan Majapahit mengadakan pesta besar untuk menyambut kedatangan duta yang berasal dari Tiongkok. Raja Hayam Wuruk menyuguhkan berbagai macam hidangan yang disuguhkan di atas perkakas dari emas mulai dari nampan, piring dan juga sendok. Para tamu pun puas dan menganggap Kerajaan Majapahit adalah kerajaan besar yang layak untuk dihormati. Setelah pesta besar itu usai dan sebelum tamu-tamu tersebut pulang Hayam Wuruk ingin memperlihatkan kepada para tamu kekayaan dari Kerajaan Majapahit yang dikenal dengan negeri yang gemah ripah loh jinawi.

3. Mahavihara Patung Buddha 

Salah satu tempat wisata unik yang jarang anda temui di tempat lainnya adalah Mahavihara Patung Buddha. Bangunan dari patung Buddha ini sama dengan bangunan pada umumnya yang ada di Jawa yaitu dengan gaya Joglo dan awal mula pembangunannya hanya dijadikan sebagai tempat untuk upacara keagamaan Buddha saja. Namun seiring dengan perkembangan waktu tempat tersebut memiliki nilai dan potensi yang cukup baik dilihat dari segi pariwisatanya. Ketika dibuka secara umum semakin banyak orang yang datang ke wihara ini. Tidak hanya orang yang beragama Buddha saja yang mengunjungi tempat wisata ini namun masyarakat dengan berbagai agama pun mengunjungi tempat ini.

Patung Buddha tidur yang ada di Mojokerto merupakan patung Budda terbesar ketiga yang ada di dunia setelah Thailand dan juga Nepal. Patung Buddha yang ada disini memiliki ukuran 22 meter untuk panjangnya, lebarnya adalah 6 meter sedangkan tingginya mencapai 4,5 meter. Dibawah patung Buddha ini ada kolam ikan kecil dan mengelilingi patung Buddha tersebut. Tidak hanya patung Buddha saja yang ada disini namun pengunjung yang datang juga bisa melihat miniatur dari Candi Borobudur yang ada di Jawa tengah. Anda juga melihat berbagai macam miniatur patung Buddha dengan berbagai macam pose misalnya sedang berdiri, duduk dan masih banyak lagi lainnya. Di belakang bangunan vihara ada relief di tembok yang menceritakan tentang kehidupan dari sang Buddha.

Dan itu adalah informasi tentang Tempat Wisata Di Mojokerto yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Mojokerto.

Tempat Wisata Di Banjarmasin

Tempat Wisata Di Tuban