Tempat Wisata Di Nagan Raya Aceh

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Tempat Wisata Di Nagan Raya Aceh, yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Aceh.

1. Pantai Naga Indah Permai 

abupaten Nagan Raya terletak di daerah barat selatan Aceh, kurang lebih sekitar 5-6 jam perjalanan darat dari Banda Aceh atau 1 jam perjalanan udara dari Bandar Udara Kuala Namu Sumatera Utara tujuan Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya. Nagan Raya merupakan salah satu Kabupaten di Aceh yang merupakan  hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat. 13 tahun sudah usia kabupaten ini di tahun 2015. Tidak sedikit pencapaian yang telah dilakukan meskipun usia kabupaten nagan raya masih tergolong muda. Pemerintah juga sedang gencar-gencarnya mempromosikan sejumlah tempat wisata di Nagan Raya untuk dinikmati oleh warga dan pengunjung kabupaten ini. Tak terkecuali tempat wisata di area pantai pun turut dikembangkan.

Adalah Pantai Indah Naga Permai, salah satu pantai di Nagan Raya, yang ramai dikunjungi warga. Tidak hanya warga Nagan Raya, namun juga dikunjungi oleh warga Aceh Barat, Aceh Barat Daya juga Aceh Selatan karena lokasinya yang strategis berada di tengah-tengah ketiga kabupaten di atas. Pantai ini berlokasi di Desa Suak Puntong Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya. Hanya berjarak sekitar 4 Km dari Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya dan juga posisinya dekat dengan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Nagan Raya.

Untuk menuju pantai ini tidak begitu sulit. Jika bepergian memakai transportasi darat dari Kota Banda Aceh, anda akan menyusuri jalanan Banda Aceh Meulaboh melalui jalur barat selatan. Sepanjang jalan raya anda dijamin tidak akan bosan karena anda akan menyaksikan panorama-panorama yang menyejukkan mata. Di kiri-kanan jalan terdapat hamparan sawah yang cantik mempesona. Juga anda akan melihat ilalang yang bergoyang mengikuti hembusan angin. Belum lagi pantai-pantai mempesona di Aceh Jaya juga turut menemani perjalanan anda.

Setibanya di Kota Meulaboh, anda tinggal melewati jalanan Meulaboh – Medan untuk menuju pantai ini. Setelah anda memasuki wilayah Kabupaten Nagan Raya anda akan menjumpai PLTU. Lokasi pantai ini tidak terlalu jauh dari PLTU tersebut. Anda akan menemukan gapura selamat datang yang berada di sebelah kanan jalan. Masuk melewati gapura tersebut, hanya beberapa meter anda akan tiba di Pantai Indah Naga Permai ini. Tenang saja, tidak ada naga di pantai ini. Pantai ini memiliki pesona khas pantai di Aceh Barat pada umumnya. Hamparan pasir hitam, kemungkinan karena berada di daerah pertambangan, air laut yang bening dan deretan pohon cemara menghiasi area pantai.

Pengunjung pantai ini tidak terlalu ramai. Jika weekend tiba, maka banyak warga yang mendatangi pantai ini bersama keluarga. Ceritanya piknik. Mereka menggelar alas untuk duduk seperti tikar, membuka makanan yang telah dipersiapkan, selebihnya diisi dengan canda dan tawa tak lupa ber”grufie” ria. Jika anda tidak membawa makanan, tidak usah khawatir. Anda juga bisa menemukan beberapa kios kecil yang menyediakan jajanan disini. Di kios-kios ini juga terdapat gazebo atau pondok-pondok kecil dengan pohon cemara mendampingi.

Menjelang maghrib tiba, jangan lupa siapkan kamera anda untuk memburu panorama sunset disini. Pesona jingga langit menuju senja dipadu dengan suara ombak berkejaran, musik khas alam akan membuat anda merasa santai sejenak melupakan penatnya aktivitas seharian.

Dan itu adalah informasi tentang Tempat Wisata Di Nagan Raya Aceh yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Aceh.