in ,

Tempat Wisata Di Pacitan

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Tempat Wisata Di Pacitan yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Pacitan.

1. Pantai Klayar 

Yang terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo dan belum disentuh oleh banyak modernisasi, memiliki daya pikat ombak pantai yang tinggi dan gemar dipakai sebagai area surfing turis mancanegara, berikut beberapa keindahannya sebagai berikut:

  • Keindahan alam yang tersaji di pantai ini yang tidak dapat ditemui di wisata lain selain keindahan butiran pasir pantai putih yang halus, kamu juga akan diajak menemui batu karang yang setinggi pohon kelapa dan menjadi ikon pantai ini.
  • Selain itu Pantai Klayar ini juga menyajikan tiga keunikan fenomena alamnya. Dimana yang pertama, disebut Seruling Samudera yang terletak di balik tebing yang menjulang tinggi.
  • Kamu bisa menemukan fenomena ini ketika air laut pasang pukul 9 pagi hingga 4 sore,  akan ada air yang memancar setinggi 10 – 15 meter dari lubang kecil batu karang.

Fenomena alam yang kedua yaitu adanya batu karang besar yang menjulang tinggi menyerupai Patung Spinx di Mesir, yaitu patung singa besar berkepala manusia. Lantas fenomena alam yang ketiga yaitu munculnya lubang air besar yang menyerupai sumur. Dimana lubang air pertama yang paling besar, dulunya dipakai untuk memandikan kuda balap, karena di sekitaran Pantai Klayar dulu pernah dipakai sebagai area pacuan kuda, lalu lubang air kedua dan ketiga oleh masyarakat sekitar dipercaya sebagai air petuah yang bisa menyembuhkan penyakit dan membawa keberkahan.

Untuk menuju objek wisata Pantai Klayar ini, bisa melalui dua jalur, yakni jika dari arah Solo bisa melewati rute Dononrejo – Kalak – Klayar, namun jika berasal dari jalur Pacitan, bisa melalui rute Puneng – Bomo – Klayar. Di jalur Pacitan ini.

2. Goa Gong 

Terletak di Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, sekitar 30 menit dari Kota Pacitan yang berjarak 37 km. Goa Gong ini dikelilingi oleh empat gunung tidak aktif, dengan bagian utara Gunung Manyar, bagian selatan Gunung Karang Pulut, bagian barat Gunung Grugah dan bagian timur Gunung Gede, berikut beberapa info menarik dari Goa Gong sebagai berikut:

  • Berdasar info warga sekitar, asal muasal Goa Gong yang memiliki kedalaman 256 meter ini adalah akibat dari aktifitas gerakan termik dan vulkanik gunung aktif yang berlangsung ratusan tahun lalu.
  • Juga warga sekitar menamakan Goa Gong lantaran tetesan air yang menimpa stalaktit dan stalagmite menghasilkan bunyi harmonis dan indah layaknya suara gong dalam alat musik gamelan.

Dengan biaya masuk yang hanya lima ribu rupiah, jika belum naik, kamu akan diajak menyusuri tangga untuk memasuki goa, di dalam goa suasananya juga tidak gelap dan menyeramkan, namun meriah karena lampu warna warni yang memantul di dalam goa. Setelah memasuki goa, kamu akan disuguhkan pemandangan indah gongcave, stalaktit yang meneteskan air, rekahan dari endapan kalsium juga danau kecil di ujung goa yang terbentuk dari tetesan air. Ditambah dengan ukiran stalagmit yang menjulang tinggi dan bertumpukan satu sama lain bersama tetesan air yang tak pernah berhenti dan kering, menambah sensasi indah dalam Goa Gong.

3. Sungai Maron 

Panorama susur sungai sepanjang 4,5 km dengan kedalaman 20 meter yang terletak di Desa Darsono Kecamatan Pringkuku ini dikenal dengan julukan Grand Canyon Indonesia. Keindahan panorama sungai berupa pohon kelapa di tiap sisi, dengan air sungai yang sangat jernih sekali hingga biasa dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk kebutuhan sehari – hari ini biasa menjadi destinasi wisata favorit para artis ibukota.

  • Untuk menyusur Sungai Maron yang berlabuh di muara pantai Ngiroboyo, kamu bisa menyewa satu perahu yang muat ditumpangi oleh 6 orang dewasa.
  • Dengan biaya sewa yang beragam mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 150.000 tergantung dari jenis perahu yang disewakan. Namun sebelumnya kamu harus berjalan sejauh 20 meter dari lokasi tiket biaya masuk yang sebesar Rp 2000 per orang.
  • Jika kamu ingin berhenti sejenak, memijakkan kaki di tepi sungai dan berfoto ria bersama keluarga atau teman, akan dikenakan biaya tambahan untuk perahu bersandar yakni Rp 5000.

Suguhan wisata lainnya yang kamu bisa nikmati selain susur sungai yakni wisata water tubing, surfing dan acara tahunan berupa lomba dayung yang mulai diadakan sejak tahun 2012. Supaya keindahan wisata Sungai Maron bisa kamu nikmati bersama teman atau keluarga secara maksimal, alangkah baiknya bila kamu menghindari musim hujan. Sebab di saat hujan, air sungai yang sangat jernih tersebut akan berubah menjadi keruh secara drastis.

dan itu adalah informasi tentang Tempat Wisata Di Pacitan yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Pacitan.

Tempat Wisata Di Sidoarjo

Tempat Wisata Di Salatiga