in

Tempat Wisata Di Palembang

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Tempat Wisata Di Palembang yang wajib sekali dikunjungi jika sedang berada atau berlibur di Palembang.

1. Jembatan Ampera 

Mulanya, Jembatan Ampera yang memiliki panjang 1.177 meter dan lebar 22 meter ini dinamakan Jembatan Bung Karno. Pemberian nama tersebut ditujukan sebagai bentuk penghargaan kepada Soekarno yang sudah memperjuangkan keinginan warga Palembang yang menginginkan sebuah jembatan di atas Sungai Musi. Namun, Bung Karno tidak setuju dengan pemberian nama tersebut. Makan, jembatan itu dinamakan Jembatan Ampera, sesuai fungsinya yaitu sebagai Amanat penderitaan Rakyat (slogan bangsa Indonesia tahun 1960-an).

Sungai Musi sendiri adalah sungai terpanjang di Sumatera yang membelah Palembang menjadi dua bagian. Dulunya Sungai Musi adalah sarana transportasi utama. Di tepiannya, terdapat beberapa obyek wisata, seperti Restoran Terapung, Benteng Kuto Besak, Kampung Arab, dan lain-lain.

50 meter dari Jembatan Ampera, ada Pasar Sekanak yang merupakan pusat makanan dan souvenir, di mana kamu bisa kulineran dan beli oleh-oleh. Pasar tersebut merupakan pasar semi modern dan tradisional. Bukan hanya untuk berjualan makanan dan souvenir, tapi Pasar Sekanak juga mengadakan pementasan seni dan budaya secara rutin. Pasar Sekanak sendiri sudah dianggap sebagai Kota Tua di Palembang.

2. Pulau Kemaro 

Pulau legendaris yang satu ini terletak di tengah Sungai Musi. Di Pulau Kemaro ada sebuah kelenteng yang sering didatangi oleh umat Buddha untuk sembahyang dan berziarah. Soalnya, di sana ada makam seorang Putri Palembang, putri yang menikah dengan pangeran dari China. Sang pangeran yang tenggelam terlebih dahulu ke sungai, akhirnya disusul oleh sang putri. di Pulau Kemaro juga terdapat pagoda dengan sembilan lantai yang baru dibangun tahun 2006, juga pohon cinta. Katanya, jika kamu dan pacar mengukir nama kalian di pohon tersebut, hubungan kalian bakal berlanjut di pelaminan.\

3. Masjid Agung Sultan Mahmud Badarudin 

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin yang didirikan oleh Sultan Mahmud Badaruddin I ini dipengaruhi oleh tiga kebudayaan, yaitu Indonesia, Eropa, dan China. Gaya arsitektur Eropanya terlihat dari pintu gerbang masjid yang besar dan kokoh. Gaya arsitektur China terlihat dari atapnya yang mirip kelenteng dan ujung menaranya berbentuk kerucut seperti tumpeng.

Di nusantara, tumpeng memiliki makna  hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan alam, dan manusia dengan sesama manusia. Masjid ini merupakan salah satu peninggalan sultan, jadi nggak heran jika Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin dijadikan sebagai salah satu masjid nasional, serta cagar budaya di Palembang.

4. Air Terjun Bidadari 

Untuk bisa mencapai Air Terjun Bidadari, kamu bisa naik kendaraan bermotor selama 15 menit dari Kota Lahat. Setelah sampai di Desa Karang, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki melintasi kebun kopi, lalu masuk ke hutan selama 30 menit. Ada dua alternatif jalan yang bisa kamu tempuh, yaitu kamu bisa langsung menuju air terjun pertama atau kamu bisa menyusuri air terjun dari bawah.

Dengan ketinggian 30 meter, keindahan Air Terjun Bidadari mampu menghipnotis para wisawatan. Di tepinya ditumbuhi pohon-pohon rindang yang membentuk sebuah goa, sehingga membuat suasananya makin teduh, apalagi banyak burung dan kupu-kupu beterbangan di sana. Akar pepohonan di sana menggantung di tepi sungai dengan indahnya. Selain pohon mahoni, tumbuh juga pohon bambu.

dan itu adalah informasi tentang Tempat Wisata Di Palembang yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Palembang.

Tempat Wisata Di Magelang

Tempat Wisata Di Sumatera Utara