Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Wajib Dikunjungi

Hi Brader and Sister,

Saat anda menentukan pilihan berlibur di Yogyakarta maka berikut ini adalah rujukan tempat wisata di Yogyakarta yang wajib Anda kunjungi ūüôā

Yogyakarta atau banyak yang menyebutnya jogja terkenal sebagai pusat budaya dan seni di Indonesia, Selain digemari karena budaya Jawa-nya yang kental, Jogja juga terkenal destinasi wisata paling populer di Indonesia. Dan yang paling wajib di coba, Jika berkunjung ke Jogja wajib yakni mencicipi beberapa kuliner khas nya yaitu gudeg, sate klathak, nasi kucing angkringan dan masih banyak lagi.

Keistimewaan lainnya yang dimiliki Yogyakarta adalah sebagai gudang masyarakat terpelajar dari seluruh Indonesia. Bisa dikatakan bahwa Yogyakarta merupakan miniaturnya Indonesia karena terdapat keberagaman suku, agama, bahasa dan budaya yang berbeda ‚Äď beda yang dibawa setiap pelajar dari berbagai pulau yang ada di Indonesia. Oleh karena itu Daerah Istimewa Yogkarta juga dikenal sebagai Kota Pelajar di Indonesia.

Karena Yogyakarta merupakan destinasi tujuan wisata di Indonesia, Kami akan mereview singkat 8 tempat wisata di Yogyakarta yang wajib anda kunjungi .

1.  Candi Borobudur

Yogyakarta merupakan salah satu pusat budaya dan seni di Indonesia, selain digemari karena budaya Jawa-nya yang kental. Jogja juga terkenal destinasi wisata paling populer di Indonesia. Salah satunya adalah Candi Prambanan dan Candi Borobudur, kompleks candi ini sangat terkenal di Indonesia dan juga sudah ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia. Aka tetapi Candi Prambanan diwariskan pada tahun 1991 setelah Candi Borobudur yang pertama.

2.   Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan sebuah kompleks candi Hindu dan berbeda dengan Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha. Candi ini merupakan ikon Kota Yogyakarta yang menjadi tujuan utama oleh para wisatawan baik lokal maupun domestik. Disini pengunjung dapat belajar banyak hal tentang sejarah mengenai Candi Prambanan. Lokasi wisata yang satu ini sangat ramai pengunjung apalagi saat hari libur.

3.  Tugu  Yogyakarta

Tugu jogja dalam sejarahnya mempunyai nama lain Tugu Golong Gilig atau Tugu Pal Putih. Tugu Jogja bukanlah tugu biasa, melainkan tugu yang memiliki mitos dan makna dengan sejarah panjang yang menyertainya. Sehingga menjadi ikon istimewa yang dimiliki oleh Kota Yogyakarta. Tugu Jogja dibangun pada tahun 1755 oleh pangeran Raden Mas Sujana atau Sri Sultan Hamengkubuwono pertama sebgai peringatan persatuan raja dan rakyat dalam melawan Belanda pada saat itu.

4.  Jalan Malioboro

Jalan Malioboro merupakan jalan di Kota Yogyakarta yang membentang dari Stasiun Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta atau yang dikenal dengan Titik Nol Km Jogja. Setiap hari di jalan ini selalu di padati oleh wisatawan maupun warga jogja.

5.  Pantai Parangtritis

Parangtritis merupakan obyek wisata pantai yang paling terkenal di Kabupaten Bantul, bahkan di Provinsi Yogyakarta pantai Parangtritis menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi para wisatawan. Terletak sekitar 27 km dari pusat kota Jogja.

6.  Gumuk Pasir Parang Kusumo Yogyakarta

Pengalaman baru berselancar di atas pasir, nah di Parang kusumo ada nih Gumuk Pasir yang sering dilakukan berselancar pasir atau sandboarding. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri jika ingin melakukan olahraga sandboarding atau berseluncur di atas pasir. Di Desa Parangkusumo kecamatan Keretek Kabupaten Bantul Yogyakarta terdapat lokasi sandboarding, lokasi ini bernama Gumuk Pasir Parangkusumo.

7.  Pantai Depok

Pantai Depok merupakan salah satu pantai yang terdapat di Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta. Pantai Depok tak hanya ramai dikunjungi wisatawan yang hendak berburu panorama dan melepas kepenatan kota. Namun lebih dari itu, pantai Depok adalah pusatnya kuliner laut yang ada di Kabupaten Bantul, tak heran jika di musim liburan pantai ini sangat ramai dikunjungi wisatawan kelaparan yang ingin mencicipi hidangan laut.

8.  Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko atau dikenal juga dengan sebutan Candi Boko sebenarnya bukan merupakan sebuah candi akan tetapi merupakan sebuah Istana atau Keraton. Sehingga panggilan untuk Ratu Boko juga sering disebut sebagai Keraton Ratu Boko.

Nah, sudah 8 tempat wisata di yogyakarta yang wajib anda kunjungi, nanti kita akan berikan informasi kembali tentang tempat wisata dan tempat kuliner lainnya di Yogyakarta ya ūüôā