Tempat Wisata Edukasi Di Jogja

Hi Brader and Sister,

Sekarang kita akan memberi informasi tentang Tempat Wisata Edukasi Di Jogja, yang wajib dikunjungi jika Brader and Sister ingin berwisata sambil belajar.

1. Musem Sasana Wiratama 

Museum sasana wiratama berada di Jalan HOS Cokroaminoto TRIII/430, Tegalrejo, Yogyakarta. Untuk sampai ke museum wiratama anda harus menempuh perjalanan 4 Km dari kota Yogyakarta menuju desa Tegalrejo. Museum wiratama identik dengan monumen Pangeran Diponegoro, museum ini dulunya merupakan rumah dari Pangeran Diponegoro sendiri. Pangeran Diponegoro sendiri merupakan bangasawan yang menjadi pahlawan bangsa ini melawan penjajahan Belanda pada tahun 1825- 1830, berkat jasa- jasa, perjuangan dan dedikasihnya tersebut museum wiratama ini didirakan untuk mengenang abadi beliau.

Museum wiratama sendiri diresmikan pada tanggal 9 Agustus 1969 oleh Jendral TNI (purnawiraman) Soeharto. Didalam museum ini terdapat banyak benda – benda sejarah peninggalan Pangeran Diponegoro, anda bisa mendapatkan pengetahuan lebih tentang beliau. Museum yang menempati luas tanah 2 hektar  ini mempunyai bangunan arsitektur Jawa, terdiri dari pendapa dan pringgitan, yang didalamnya terdapat benda- benda sejarah mulai dari, berbagai jenis senjata tradisional seperti, keris, tombak, pedang, panah dan masih banyak yang lainnya. Terdapat juga tembok berlubang atau dalam bahasa Jawa jebol, yang menjadi jalan keluar Pangeran Diponegoro untuk meloloskan diri dari kepungan penjajah Belanda. Tersimpan juga barang peninggalan Sri Hamengku Buwono II, mulai dari ketipung dan wilahan bonang panembung yang terbuat dari kayu dan perunggu yang berwarna merah dan kuning, yang semua barang peninggalan- peninggalan tersebut sudah mecapai lebih dari 100 buah

2. Taman Pintar 

Taman Pintar Yogyakarta terletak di Jalan Panembahan Senopati no. 3 yang berada dijantung Kota Yogyakarta. Akses untuk ke taman ini sangatlah mudah , banyak angkutan umum yang tersedia, mulai dari becak sampai bis kota, lokasinya yang dekat dengan Bandara Adi Sucipto 8 km, terminal Giwangan 6 km  dari setasiun Lempuyangan 3 km dan dari Stasiun Tugu 2 km. Taman yang mulai dibangun tahun 2003 dan diresmikan oleh Sultan Hamengku Buono X pada tanggal 9 juni 2007, dibangun untuk bertujuan meningkatkan kepekaan anak terhadap Ilmu  Pengetahuan Informasi dan teknologi (IPTEK). Taman Pintar Yogyakarta merupakan obyek wisata pendidikan keluarga, yang menawarkan fasilitas wahana dari usia pra sekolah sampai usia sekolah menengah keatas. Mulai dari PlayGround, Gedung PAUD, Gedung Oval, Gedung kotak dan Gedumg Memorabilia. Pada masing – masing gedung terdapat wahana pembelajaran yang berbeda- beda, dari Wahana Indonesiaku , Taman bermain, titian sains, titian penemuan, petualangan lingkungan, penjelajahan kecil,  jembatan sains , Teknologi canggih dan Teknologi populer. Taman ini juga ingin mewujudkan moto yang diambil dari filosofi Ki hajar Dewantara, memahami dan mengingat( niteni), Menirukan (Nirokake) dan Mengembangkan ( nambahi).

Dimulai dari Wahana Taman Bermain, wahana ini bisa digunakan tempat bermain anak dan ruang tunggu publik, yang bertujuan untuk menumbuhkan Kecerdasan dan ketrampilan. Berbagai permainan yang ada di wahana ini adalah Cakram warna, permainan air dan dinding berdendang, disini anak – anak bisa mempelajari terjadinya pelangi, warna dan sumber bunyi, dan berbagai pertanyanan dijalan setapak. Anda bisa mengetahui penemu- penemu terkemuka didunia di wahana titan penemuan, Mulai dari penemu bola lampu, listrik, telepon, sampai penemu roda dan temuan terkemuka lainnya.Disini pengunjung bisa mempelajari penemu- penemu besar dari zaman Yunani Kuno sampai Abad ke-20. Bagi anak – anak yang tertarik dengan penelitian , diwahan Titan sains terdapat dua bagian yaitu anjungan duga yang menjelaskan tentang metode penelitian, dan bagian penelitian fosil, disini anak- anak akan diajarkan cara dan langkah dalam penggalian fosil. Untuk pengunjung yang Tertarik dibidang Matematika,fisika, kimia dan biologi tersedia wahana jembatan sains dan penerapannya dalam kehidupan sehari- hari, dengan model penyampai interaktif. Diwahana Teknologi Populer pengunjung bisa belajar tetantang teknologi sekarang yang banyak digunakan masyarakat luas,sedangkan diwahana teknologi Canggih pengunjung bisa bermain mempelajari tentang teknologi masa depan dan cara- cara penerapannya.

3. Museum Affandi 

Bagi anda pecinta seni, dan ingin belajar banyak tentang seni melukis, ada tempat di Yogyakarta yang bisa anda tuju, Museum Affandi. Anda akan mendapatkan pelajaran dari peninggalan Affandi, yang merupakan maestro seniman pelukis Yogyakarta. Museum Affandi berada di Jalan Solo no. 167, Tepatnya ditepi sungai  gajah wong, Yogyakarta. Di Museum Affandi ini mempunyai 300 koleksi lukisan yang merupakan karya Affandi sendiri. Lukisan Affandi beraliran abstrak dan Affandi sendiri merupakan seniman jempolan yang mempunyai andil besar dalam perkembangan seni rupa di Indonesia, Affandi tergabung  dalam kelompok lima lukis Bandung, dengan dia sebagai pemimpinnya, sebuah kelompok yang bergerak untuk belajar dan bekerjasama bersama membantu sesama pelukis. Lukisan Affandi sendiri terkenal sampai seluruh dunia, mulai dari Eropa, Asia, Afrika dan Amerika. Hasil dari bakat alaminya sekarang bisa anda lihat dan pelajari semuanya di museum Affandi yang dulunya merupakan tempat tinggalnya semasa hidupnya.

Dan itu adalah Tempat Wisata Edukasi Di Jogja yang bisa Brader and Sister kunjungi ketika ingin berwisata sambil belajar 🙂