Tempat Wisata Extreme Di Jogja

Hi Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Tempat Wisata Extreme Di Jogja yang wajib Brader and Sister kunjungi ketika ingin berwisata sambil menguji adrenalin.

1. Lava Tour Merapi Mari kita awali petualangan dengan menyambangi kawasan Kaliurang di Sleman, Yogyakarta. Di sana sudah ada mobil jeep yang menunggumu untuk ber-offroad ria menakhlukkan jalanan di lereng Merapi menuju desa-desa di dekat puncak yang luluh lantak akibat erupsi dahsyat tahun 2010 silam. Rute yang dilalui mobil jeep ini bukan rute biasa yang tidak akan membiarkanmu leha-leha begitu saja. Sungai, jalan penuh pasir vulkanik yang berdebu serta kerikil yang berserakan menjadi pemandangan jamak di sepanjang rute offroad. Tubuhmu akan berguncang-guncang di atas mobil jeep yang dikendarai kencang.

Rasakan adrenalin yang mengalir kencang menuju kepala yang membuat jantung berdegup kencang tiada henti. Tapi kamu tidak perlu khawatir dengan keamanan paket tur ini, selama kamu mematuhi semua aturan keamanan dan keselamatan maka hal-hal yang tidak menyenangkan menyangkut kecelakaan dan lain sebagainya bisa diminimalisir. Sediakan dana minimal Rp. 300-500 ribu untuk mengikuti paket Lava Tour Merapi. Beberapa operator yang siap mengantar berkeliling antara lain Jeep Wisata Tlogo Putri Merapi, Jeep Wisata Merapi (JWM), Wisata Merapi Lava Tour, Jeep Merapi dan masih banyak lagi. Kamu juga akan diberikan wawasan mengenai kegunungapian termasuk kala Gunung Merapi mengalami erupsi 5 tahun lalu.

2. Goa Jomblang Kawasan Gunungkidul terkenal dengan jajaran pegunungan kapur. Dengan lanskap alam yang seperti itu memungkinkan wilayahnya dipenuhi dengan gua dan juga sungai bawah tanah. Dari sekian banyak gua yang terdapat di sana ada satu yang paling menantang untuk ditelusuri yaitu Gua Jomblang. Sudah pada tahu belum dengan Gua Jomblang? Gua ini cukup terkenal setelah kemunculan perdananya beberapa tahun lalu di televisi sebagai tempat pengambilan gambar iklan sebuah produk rokok yang menayangkan aksi skateboard di dalam gua yang diterangi oleh cahaya matahari dari mulut gua di atasnya yang traveler kenal dengan istilah cahaya surga.

Gua Jomblang memiliki karakteristik vertikal yang biasa dikenal dengan sebutan luweng. Menurut penelitian gua ini terbentuk karena tanah disekitarnya ambles dan membentuk sebuah lubang. Ekosistem yang ada di atas ikut terpendam, uniknya tidak mati malah membentuk sebuah ekosistem sendiri di dalam gua yang dikenal dengan hutan purba. Wisata ekstrim ke Gua Jomblang terbilang sangat premium dengan harga yang mahal. Satu orang dibanderol dengan tarif mulai dari Rp 450 ribu lengkap dengan pemandu dan alat keselamatan. Itu pun ditambah dengan batasan pengunjung yang mana dalam satu hari hanya diizinkan masuk sebanyak 40 orang saja. Kamu yang kepingin harus membuat janji dulu biar tidak kecewa jika datang ternyata kuotanya sudah penuh.

3. Paralayang Bukit Gupi

Tidak jauh dari Pantai Parangtritis terdapat sebuah bukit yang bernama Bukit Gupi. Ada yang istimewa di sana, selain pemandangan pantai yang indah bukit ini juga menjadi titik start melakukan olahraga ekstrim yang dikenal dengan nama paralayang. Dari Pantai Parangtritis kamu perlu meluncur ke arah timur menuju Jalur Jalan Lintas Selatan yang menjadi jalan penghubung antara Bantul dan Gunungkidul. Bukit Gupi ini bisa kamu temukan di Desa Giricahyo, Gunungkidul kamu bisa bertanya warga untuk menemukannya.

Butuh dari sekedar skill untuk mencoba terbang paralayang namun juga mental dan keberanian. Sebab kamu akan meluncur dari puncak bukit dengan ketinggian beberapa ratus meter yang langsung menghadap jurang. Setelah itu kamu akan melayang ribuan meter dari atas tanah mengikuti arah angin yang membawamu kemana saja. Tempat mendarat dari paralayang ini adalah di pinggir pantai Parangtritis. Untuk harga sewa parasutnya kamu harus merogoh kocek sebesar Rp. 200 ribuan. Jangan khawatir jika kurang berani terbang sendiri ada pemandu yang siap menemanimu terbang tandem.

Dan itu adalah Tempat Wisata Extreme Di Jogja yang wajib Brader and Sister kunjungi, jika ingin berwisata sambil menguji adrenalin 🙂