Tempat Wisata Gunung Di Balikpapan

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Tempat Wisata Gunung Di Balikpapan yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Balikpapan.

1. Batu Dinding 

Taman hutan rakyat Bukit Soeharto yang terbentang mulai kilometer 38 hingga Kilometer antara Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Balikpapan dan Samarinda di Provinsi Kalimantan Timur menyimpan potensi objek wista yang menjanjikan, yakni Batu Dinding. Batu dinding merupakan gundukan batu yang sangat tinggi menjulang dan membentuk dinding. Dari puncak akan dapat melihat keindahan hutan Kalimantan yang masih terjaga keasriannya. Tidak hanya itu, dari lokasi wisata tersebut dapat melihat keindahan matahari terbit maupun matahari terbenam.
Untuk menjangkaunya, pengunjung harus rela berjalan kaki sejauh kurang lebih dua kilometer dari pos terakhir yang bisa dijangkau dengan kendaraan. Tempatnya lumayan jauh, tidak bisa dijangkau dengan kendaraan apapun, baik itu roda dua maupun sepeda. Namun sesampainya di lokasi, rasa lelah terbayar karena dapat menyaksikan keindahan hutan Kalimantan yang masih terjaga keasriannya,
Dia menyebutkan, waktu yang bagus untuk berangkat adalah dinihari dari Balikpapan, agar tiba di lokasi tepat sebelum matahari terbit.  Meskipun siang hari pemandangan yang kita nikmati juga menawan, namun lebih menarik jika kita datang sebelum fajar, menyaksikan matahari terbit. Hal yang sama juga diungkapkan Adi salah satu pengunjung yang datang ke Batu Dinding. Menurutnya,rasa lelah untuk jalan menuju ke Batu dinding sangat terobati dengan keindahan hamparan hijau taman hutan rakyat.
Agar aman selama perjalanan, pengunjung harus membawa bekal perjalanan karna tak ada penjual makanan, serta menggunakan sepatu gunung dan pakaian hangat. Selama menuju lokasi terbaik batu dinding, perjalanan cukup terjal dan hutun stamina yang kuat. Kawasan ini biasanya ramai dikunjungi pada akhir pekan atau hari libur. Anak-anak muda mendominasi tempat wisata ini. Selain menikmati keindahan alam, mereka juga mengabadikan momen terbitnya fajar, atau foto selfie dengan latar belakang panorama hutan belantara.
Kawasan wisata ini baru dikenal masyarakat Kalimantan Timur pertengahan tahun ini. Kawasan ini menjadi ramai dikunjungi wisatawan setelah muncul di media sosial dan pemberitaan media lokal. Warga setempat sejauh ini belum merespon keberadaan tempat wisata baru ini sebagai peluang usaha. Mereka hanya menyediakan lahan parkir bagi pengunjung dengan sewa mulai 2 ribu per kendaraan. Beberapa warga berinisiatif membuka warung seadanya, yang letaknya juga masih jauh dari lokasi wisata alam ini.
Dan itu adalah informasi tentang Tempat Wisata Gunung Di Balikpapan yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Balikpapan.