Tempat Wisata Jakarta Yang Tersembunyi

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Tempat Wisata Jakarta Yang Tersembunyi, yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Jakarta.

1. Banjir Kanal TimurKeberadaan Banjir Kanal Timur (BKT) nyatanya tidak hanya berfungsi sebagai penangkal banjir saja. Di daerah Duren Sawit, Jakarta Timur, BKT justru menjelma tempat rekreasi baru yang ramai dikunjungi pelancong. Wah!
Daerah penampungan dan serapan air yang sengaja dibangun oleh pemerintah DKI Jakarta ini, awalnya untuk menanggulangi banjir yang terjadi di Jakarta. Ya, kanal buatan seluas 207 kilometer persegi ini, difungsikan guna menampung air dari Kali Ciliwung, Kali Cipinang, Kali Sunter, Kali Buaran, Kali Jati Kramat, dan Kali Cakung.

Meskipun dibuat untuk penampungan dan resapan air, nyatanya kanal ini memiliki daya tarik sebagai lokasi rekreasi. Banyak penduduk Jakarta yang menjadikan lokasi BKT sebagai tempat ‘kongkow’ bersama keluarga ataupun teman. Kanal dengan panjang sekitar 23,5 km ini, membentang mulai dari Kebon Nanas, Jakarta Timur higga Pantai Marunda, Jakarta Utara. Bertujuan memperindah tampilan sekitar BKT, lahan kosong yang berada di kiri dan kanannya diaspal, ditanami pepohonan, rumput, dan dibuat beberapa halte atau taman mini.

Setiap sore, tepian BKT tak pernah sepi dan selalu ramai dengan pedagang. Ada yang warung-warung kecil dan lapak-lapak yang menjual baju, aksesoris, sepatu, sampai beraneka ragam makanan. Seperti pasar kaget pada umumnya, lokasi ini pun ramai dikunjungi pelancong.

Uniknya, para penjual yang menjajakan makanan seperti bakso, mie ayam, sate dan lainnya menyediakan tikar agar pelancong bisa duduk lesehan. Ya, tikar-tikar itu disusun rapi menghadap ke kanal. Pengunjung yang datang ke BKT selalu datang bersama teman, kekasih, keluarga, dan ada juga yang datang sendiri.

2. Taman Ayodya 

Taman Ayodya berdiri di tanah seluas 7.500 meter persegi disebuah lahan bekas pertokoan bunga dan pasar ikan hias Barito. Taman ini berbentuk lingkaran, karena itu taman ini terlihat seperti sebuah pulau. Sekeliling taman bagian luar dihiasi oleh pepohonan tropis yang tinggi dan rimbun. Kemudian pada bagian dalam terdapat pepohonan yang ukurannya lebih kecil, hamparan rumput hijau, anekaragam bunga yang cantik, Jogging track seluas 1.700 meter persegi, gazebo, pendopo dan kursi taman. Selanjutnya pada bagian tengah atau pusat taman terdapat danau buatan seluas 1.500 meter persegi yang di dalamnya terdapat tanaman teratai serta aksen dekorasi berupa penataan lampu berbentuk gurita dan juga air mancur.

Pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur lainnya, taman ini ramai akan pengunjung. Untuk menambah kenyamanan taman, rencananya taman Ayodya akan ditambah dengan fasilitas umum lainnya yaitu internet nirkabel. Akses internet nirkabel itu diupayakan untuk meningkatkan daya tarik taman dan  juga menjadi daya dukung untuk menjadikan taman tersebut sebagai tujuan wisata alternatif bagi kaum ekspatriat. Dengan harapan masyarakat bisa bersantai sambil membuka laptop di taman. Kaum ekspatriat itu sendiri adalah orang yang pergi meninggalkan negeri asalnya atau warga negara asing yang menetap di suatu negara.

Kemudian fasilitas umum yang akan ditambahkan lagi adalah rencana dibangunnya toilet khusus dan jalur bagi para penyandang cacat yang menggunakan kursi roda. Hal ini yang menjadikan taman Ayodya sebagai salah satu taman yang memfasilitasi pengunjung dengan kebutuhan khusus.

Selain fasilitas umum, ada lagi yang dapat Anda temui di sini yaitu juru foto keliling. Mereka menawarkan jasa foto instan kepada pengunjung. Sayangnya jika Anda ingin mencari makanan di taman tampaknya agak sulit, karena para pedagang kaki lima ditempatkan dilokasi khusus dengan maksud agar tidak menganggu warga yang sedang berolahraga atau bersantai di taman. Tips bagi Anda, untuk membawa makanan camilan dari rumah sebagai pengganjal perut.

Dan itu adalah informasi Tempat Wisata Jakarta Yang Tersembunyi yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Jakarta.