Tempat Wisata Jogja Bagian Utara

Hai Brader and Sister,

Sekarang kita bakal kasih informasi buat Tempat Wisata Jogja Bagian Utara, yang sangat menarik buat dikunjungi ketika Brader dan Sister sedang berkunjung ke Yogyakarta.

1. Tlogo Putri 

Tlogo Putri terletak di kawasan lereng Selatan Merapi dan satu komplek dengan Bukit Plawangan Turgo dan hutan yang dikelola oleh Perhutani. Disini terdapat juga jalur tracking dengan berjalan kaki memasuki hutan dengan menyusuri jalan setapak sampai akhirnya sampai di obyek wisata Kaliadem atau Kalikuning, Watu Kemloso atau di Air Terjun Tlogo Muncar. Pertunjukan seni juga sering diadakan di tempat ini. Seni yang digelar biasanya menampilkan grup-grup kesenian seperti jathilan, campur sari, topeng ireng, kubro siswo, orkes melayu, dangdutan, pentas di sebuah panggung yang berada di Tlogo Putri. Untuk kamu yang ingin menyaksikan pertunjukan ini tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

2. Museum Vulkanik Merapi 

Salah satu museum terbaik yang dimiliki Jogja. Di sini kamu bakal mendapatkan berbagai hal informasi yang berkaitan dengan letusan Gunung Merapi. Di museum ini kamu dapat mengetahui asal mula proses terjadinya letusan hingga saat letusan terjadi. Bukan cuma, kamu dapat mengetahui banyak hal tentang mitos yang berhubungan dengan Gunung Merapi tersebut. Museum Vulkanik Merapi ini beralamat di Jalan Boyong Harjobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman.

3. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu, terletak di daerah Pakem, Kaliurang, Kabupaten Sleman. Ulen Sentalu adalah museum yang menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram (Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman) beserta koleksi bermacam-macam batik (baik gaya Jogja maupun Surakarta). Museum ini juga menampilkan tokoh raja-raja dari dinasti Mataran dengan berbagai macam pakaian yang dikenakan sehari-harinya.

4. Goa Jepang

Goa di Kaliurang ini peninggalan tentara Jepang yang pada masa itu menjadikan goa ini sebagai tempat berlindung dari serangan sekutu serta menjadi tempat tinggal sementara mereka. Pesona unik goa ini adalah terdapat 25 pintu goa yang saling terhubung satu sama lainnya. Saat menempuh perjalanan menuju Goa Jepang, pengunjung dapat menikmati pemandangan Gunung Merapi. Menurut informasi dari penjaga Goa Jepang, pengunjung yang ingin masuk kedalam Goa Jepang sangat terbatas. Goa Jepang hanya boleh dikunjungi oleh pengunjung hingga pukul 14.00 WIB saja.

5. Taman Wisata Plawangan Turgo

Satu lagi suguhan panorama alam yang begitu indah, kamu dapat pergi ke Taman Wisata Plawangan Turgo. Nah, dari pintu gerbang wisata Bukit Plawangan, maka kamu bisa berjalan menuju kearah tangga yang terletak di sebelah kanan. Di setengah perjalanan nanti, kamu bisa melihat pemandangan Kaliurang dari ketinggian dan juga bisa melihat puncak Bukit Turgo yang berada di samping Bukit Plawangan. Di persimpangan jalan, kamu akan menemui dua buah jalan menuju puncak Bukit Plawangan dan jalan yang menuju ke Goa Jepang. Dan nantinya jika sudah sampai di puncak pengunjung, kamu bisa melihat pemandangan sekitar yang indah dan menyegarkan lho. Jika cuaca sedang cerah kamu bisa melihat Gunung Merapi yang berdiri dengan gagahnya. Wisata ini tentu akan sangat menyenangkan untuk kamu yang doyan olahraga lintas alam. Spot wisata Kaliurang yang satu ini memiliki hutan tropis yang tertata rapi serta terdapat bebatuan hasil letusan Merapi.

Dan itu adalah 5 Tempat Wisata Jogja Bagian Utara yang wajib Brader and Sister Kunjungi saat berkunjung ke Yogyakarta Bagian Utara, Menarik Bukan? 🙂