in

Tempat Wisata Kuliner Di Kediri

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Tempat Wisata Kuliner Di Kediri yang wajib Brader and Sister kunjungi jika ingin berwisata kuliner di Kediri.

1. Tahu Takwa Bah Kacung 

Salah satu kuliner yang bisa kamu coba jika sedang berkunjung ke Kediri adalah tahu takwa atau tahu kuning. Tahu ini bukan sembarang tahu loh! Tahu takwa memang sangat berbeda dengan kebanyakan tahu yang dijual pada umumnya. Tahu takwa sudah terkenal seantero Kediri sebagai salah satu kuliner khasnya serta menjadi camilan wajib yang perlu dibeli ketika di Kediri. Tahu Takwa pertama diproduksi oleh perusahaan Bah Kacung.

Bah Kacung sendiri sudah menjual tahu ini sejak tahun 1912 dan sejak saat itu menjadi makanan favorit banyak orang. Tahu kakwa memiliki warna kuning dengan tekstur yang kenyal dan lembut. Bentuk tahu ini pipih dan kotak. Bila digoreng lapisan luarnya sangat renyah dan gurih serta tak terasa masam di lidah. Rasanya yang enak ternyata didapat dari cara pembuatannya yang masih menggunakan cara tradisional yaitu dengan tangan.

Faktor utama yang mendorong pemilihan lokasi pembuatan tahu di Kediri, karena terdapat kesamaan karakteristik air dengan yang terdapat di Tiongkok. Putra Liem Ga Moy, Liem Djang Yen atau Bambang Suyendro mengungkapkan, “Proses pembuatan tahu ini tidak segampang membalikkan telapak tangan. Jenis air sangat berpengaruh terhadap hasil akhir.”

2. Sate Emprit 


Setelah menikmati kuliner ringan pastinya kamu masih merasa lapar, bukan? Jika sudah memasuki waktu makan siang coba deh untuk mencicipi sate emprit. Kediri ternyata juga memiliki wisata kuliner yang unik berupa sate. Sate emprit menggunakan daging burung emprit yang banyak ditemukan di daerah persawahan. Burung Emprit sendiri merupakan hewan pengganggu yang bisa merusak tanaman petani.

Warga Kediri yang kreatif malah dengan sengaja mengolahnya menjadi salah satu hidangan nikmat. Dagingnya biasa dibakar layaknya sate kemudian disajikan dengan bumbu kacang plus irisan bawang yang menambah segar kudapan ini. Soal rasa tak perlu ditanya pastinya sedap dan menggugah selera. Harganya Rp12.000,- untuk sepuluh tusuk sate emprit ini.  Kuliner satu ini bisa kamu dapat  di Jl Wahidin, Gurah, Kabupaten Kediri.

3. Soto Ayam Depot Podjok kediri 

Untuk kamu yang lebih gemar dengan masakan berkuah, jangan khawatir, sebab wisata kuliner Kediri juga punya soto kediri. Salah satu soto kediri yang sudah lama berdiri adalah Soto Ayam Depot Podjok dan selalu menggunakan resep turun temurun yang sudah terjamin rasanya. Tak heran bila pembeli soto ini mayoritas merupakan pembeli langganan sejak dulu.

Soto Kediri sendiri memiliki kuah yang lebih keruh ketimbang soto pada umumnya. Kuahnya pun lebih gurih dan isinya lebih lengkap. Tidak hanya suwiran ayam saja yang menjadi bahan utamanya namun juga bisa ditambahkan uritan maupun rempelo ati.  Soto yang berada di jalan Dhoho ini uniknya juga bisa disantap bersama tahu. Mungkin kamu bisa mencobanya dengan tahu takwa yang baru kamu beli untuk mendapatkan sensasi soto yang berbeda. Jangan lupa juga menambahkan perasan jeruk nipis agar rasanya semakin segar.

4. Nasi Pecel Tumpang Kediri 

nasi pecel memang menjadi salah satu makanan popular khususnya di daerah Jawa Timur. Nasi pecel biasa terdiri dari nasi putih hangat, sayuran yang direbus seperti  bunga turi atau bayam dan kecambah yang sering disebut dengan kulupan. Untuk nasi pecel di kota Kediri memiliki komposisi sedikit berbeda.

Nasi pecel tumpang namanya yang terdiri dari nasi putih dilengkapi kulupan, peyek dan tahu tempe yang disiram dengan sambal pecel. Tidak hanya sambal pecel saja namun juga ditambahkan dengan sambal tumpang. Sambal tumpang sendiri merupakan olahan sambal seperti cabai, garam, bawang dan bumbu lainnya yang dicampur dengan tempe busuk. Kamu juga bisa menambahkan telur puyuh rebus maupun rempelo ati sebagai lauk pendamping. Kamu bisa mencoba nasi pecel tumpang ini di jalan Dhoho yang disajikan dengan menggunakan daun pisang (pincuk) sebagai piringnya. Hati-hati ya, jangan sampai ketagihan saking enaknya.

Dan itu adalah informasi tentang Tempat Wisata Kuliner Di Kediri yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang ingin berwisata kuliner di Kediri.

Tempat Wisata Kuliner Di Depok

Tempat Wisata Kuliner Di Semarang