in

Tempat Wisata Religi Di Banjarmasin

Hai Brader and Sister,

kali ini kami akan memberi informasi tentang Tempat Wisata Religi Di Banjarmasin yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Banjarmasin.

1. Masjid & Makam Sultan Suriansyah Masjid yang berada di Kelurahan Kuin Utara ini adalah masjid pertama di Kalimantan Selatan yang dibangun oleh raja Banjar pertama yang memeluk Islam: Sultan Suriansyah. Inilah tonggak penyebaran Islam di Kalimantan Selatan. Berbagai ukiran kuno masih bisa kita saksikan di masjid ini.

Sultan Suriansyah atau yang setelah masuk Islam berganti nama menjadi Sultan Suryanullah adalah raja Banjar pertama yang memeluk Islam. Masuknya beliau dalam agama Islam menjadi kunci pembuka penyebaran agama Islam di bumi Banjar. Beliau dimakamkan di daerah Kuin beserta dengan keluarga dan keturunannya. Di dalam komplek makam tersebut juga terdapat museum kecil tempat penyimpanan barang-barang peninggalan Kesultanan Banjar.

2. Masjid Raya Sabilal Muhtadin 

Masjid Raya Sabilal Muhtadin adalah sebuah masjid besar yang berada di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia, tepatnya di kelurahan Antasan Besar, kecamatan Banjarmasin Tengah. Di dalam kompleks mini juga terdapat kantor MUI Kalimantan Selatan. Masjid ini dibangun di tepi barat sungai Martapura dan dibangun pada tahun 1981. Di Masjid ini akan diselenggarakan Seleksi Tilawatil Quran Nasional (STQN) Ke XXI 2011 pada tanggal 4-11 Juni 2011. 

Sabilal Muhtadin, nama pilihan untuk Mesjid Raya Banjarmasin ini, adalah sebagai penghormatan dan penghargaan terhadap Ulama Besar alm. Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari (1710—1812) yang selama hidupnya memperdalam dan mengembangkan agama Islam di Kerajaan Banjar atau Kalimantan Selatan sekarang ini. Ulama Besar ini tidak saja dikenal di seluruh Nusantara, akan tetapi dikenal dan dihormati melewati batas negerinya sampai ke Malaka, Filipina, Bombay, Mekkah, Madinah, Istambul dan Mesir.

3. Pura Agung Jagat Natha Jika ingin merasakan suasana Bali di Banjarmasin, maka datanglah ke pura yang beralamat di Jalan Gatot Subroto ini. Inilah pura satu-satunya yang ada di Kalimantan Selatan. Pura ini memiliki banyak candi dengan bentuk yang unik, bahkan juga memiliki kolam. Pokoknya, berada di sini, benar-benar serasa seperti di Bali.

3. Gereja Katedral Keluarga Kudus Gereja katolik ini lebih dikenal dengan sebutan “Gereja Batu” oleh warga Banjarmasin, karena pada saat dulu kebanyakan bangunan masih berupa kayu. Merupakan gereja tertua yang ada Kalimantan Selatan, yaitu dibangun pada 28 Juni 1931. Gereja dengan arsitektur neo-gotik dari Eropa ini dirancang oleh arsitek Roestenhurg. Berlokasi di Jl. Lambung Mangkurat No.40, Banjarmasin Tengah.

4. Makam Surgi Mufti K.H. Jamaluddin Makam dengan kubah yang beralamat di Jalan Masjid Jami, Kelurahan Surgi Mufti ini hampir setiap hari didatangi peziarah. Semasa hidupnya, K.H. Jamaluddin adalah seorang ulama besar yang diberi kewenangan memberi fatwa (Mufti). Saking besarnya kharisma beliau, namanya diabadikan sebagai nama kelurahan. Makam ini sendiri oleh pemerintah daerah ditetapkan sebagai benda cagar budaya. Di belakang makam, terdapat sebuah rumah banjar tua yang dulunya merupakan kediakam sang Surgi Mufti, dan terus didiami oleh anak cucu beliau. Di rumah tersebut terdapat barang-barang peninggalan Surgi Mufti sehingga tampak seperti museum mini.

5. Makam Datu Kelampaian Terletak di Desa Pelampaian Ulu, Kec.Astambul , Kab.Banjar atau diperkirakan sekitar 60 Km dari Kota Banjarmasin, di sana ada peninggalan-peninggalan beliau (Datu Kelampayan) yang di simpan didalam Perpustakaan sekaligus Museum, di sana terdapat Buku Karangan Beliau yang terkenal yaitu : Sabilal Muhtadin yang diabadikan sebagai Mesjid yang terbesar di Kalimantan Selatan. Mesjid ini terletak di bagian depan Makam Syech Muhammad Arsyad Al-Banjari, bukan hanya untuk beribadah ataupun sholat saja. tapi mesjid ini digunakan juga untuk para wisatawan beristirahat sejenak. Apabila anda selesai untuk berziarah dan ingin meembeli oleh-oleh , tersedia juga di Bagian Belakang Makam. Disini pengunjung dapat tawar menawar untuk mendapatkan kesepakatan harga, yang dijual belikan disini merupakan accecories ,Photo-Photo Beliau semasa Hidupnya, serta pernak-pernik perlengkapan ibadah.

Dan itu adalah informasi tentang Tempat Wisata Religi Banjarmasin yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Banjarmasin.

Tempat Wisata Di Belitung Selain Pantai

Rekomendasi Tempat Wisata Di Belitung