in

Tempat Wisata Religi Jakarta Timur

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Tempat Wisata Religi Jakarta Timur, yang wajib dikunjungi jika Brader and Sister sedang mengunjungi kota Jakarta, terutama Jakarta Timur.

1. Manasik di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur 

Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur kini menjadi desinasi baru untuk rekreasi wisata rohani.  Asrama yang selama ini hanya digunakan untuk memberangkatkan jamaah haji setahun sekali memiliki keunggulan khusus yang patut dijadikan andalan yaitu miniatur ka’bah. Alat kelengkapan ibadah haji selain ka’bah di asrama haji terdapat pula prosesi melontar jumroh dan dua bukit marwa dan safa.

Kelebihan fasilitas asrama haji ini merupakan peluang untuk digunakan sebagai kegiatan manasik haji. Peluang dimanfaatkan oleh Event Organizer (EO) dengan mengkoordinasikan kegiatan manasik haji untuk anak anak Paud dan Taman Kanak Kanak. (TK).  Luar biasa, antusias guru dan orang tua sangat besar sekali menyambut kegiatan manasik haji sehingga hampir setiap hari di asrama haji selalu ada kegiatan manasik yang dihadiri sekitar  2000 orang anak.  Sungguh sangat ramai sekali, ikutan pula yang belum lagi dihitung sang pengantar, Ibu, Pembantu , kakak dan para penjual makanan dan penjual mainan.

Reportase manasik ini diambil pada hari Rabu, 3 Desember 2014. Setiap hari Rabu kami mempunyai jadual main tennis lapangan persis di sebelah selatan asrama haji. Suasana meriah tampak sejak Taman Mini Square. Meriah dalam artian macet karena puluhan bus besar melewati kawasan terminal Busway Pinang Ranti ditengarai pula dengan angkot dan ratusan motor yang berdesakan di jalan raya pondok gede ang kelihatannya tidak mampu lagi menampung arus kendaraan.   Baru saja anak anak turun dari bus, tukang potret amatir,  jepret sana  jepret sini sebagai ucapan selamat datang berbuntut uang.

Semua anak Paud dan TK memakai busana muslim, tepatnya pakaian ihram sebagai mana layaknya jamaah haji. Anak laki laki mengenakan 2 potong kain ihram, dililitkan di sekujur tubuh yang kecil.  Sedangkan anak perempuan mengenakan hijab putih mulai dari jilbab sampai alas kaki. Tak lupa panitia menyediakan  tas gantung berisikan perlengkapan haji atau umroh ditandai dengan nama si anak. Terlihat bu guru sibuk mengatur anak anak mulai dari pintu masuk sampai menunggu antrian prisosi manasik haji.   Terdengar talbiah sahut menyahut  melalui penegras suara : Labbaik Allahuma Labbaik,

Orang tua pengantar tidak diperbolehkan mendekat, semua urusan manasik di kerjakan secara rapi dan teratur oleh panitia.  Nampak raut muka si ibu cemas kuatir anak anaknya kepanasan dan kehausan.  Ibu ibu  melongok di pagar agak jauh dari lokasi manasik. Sementara sipenjual makanan dan mainan bersileweran diantara sela sela bus besar.  Satpam sibuk mengatur bus, macet didalam asrama tidak terhindarkan lagi karena begitu banyaknya jamaah.

Kegiatan manasik haji bagi anak anak tentu saja merupakan kegiatan yang sangat positif ditinjau dari pemahaman rukun Islam Menunaikan ibadah haji adalah rukun islam ke – 5, sejak dini anak anak di perkenalkan dengan ibadah ini lengkap dengan praktek tawaf mengelilingi ka’nbah 7 kali, putaran terakhir mencium batu hitam hajar Aswad.  Sebelumnya anak anak di antarkan ke arafah versi asrama haji untuk melontar jumroh aqobah , ula dan wustha, Setelah tawaf anak anak di ajak menyentuh maqam Ibrahim dan hijir Ismail.  Prosesi haji diakhiri dengan berjalan serta lari lari kecil bolak balik di bukit safa dan marwa.  Panitia menyediakan pula air Zamzam sebagai pelengkap ketika anak anak dahaga  setelah melaksanakan seluruh prosesi manasik.

Entah sudah berapa ratus ribu anak anak s-jabotabek yang di koordinir oleh panitia. untuk melaksanakan manasik haji. Kegiatan ini secara ekonomi memiliki multiflier effect. Banyak komunitas yang mendapatkan berkah rezeki. Mulai dari bus, tukang parkir, tukang potret amatir, tukang jualan makanan dan minuman serta penjual mainan anak anak. Penjual maiknan anak anak kreatif menyediakan oleh oleh untuk dibawah kerumah seperti boneka barby berjilbab.  Dan yang pasti manajemen asrama haji pondok gede bisa bergembira ria, karena pemondokan haji sekarang selalu ramai pengunjung setiap hari.

Dan itu adalah informasi tentang Tempat Wisata Religi Jakarta Timur, yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang ingin berwisata Religi di Jakarta Timur.

 

Wisata Jakarta Pulau Tidung

Tempat Wisata Jakarta Untuk Anak