Tempat Wisata Sekitar Solo Raya

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Tempat Wisata Sekitar Solo Raya, yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Kota Solo.

1. Kebun Binatang Taru Jurug 

Kebun binatang yang umurnya sudah cukup tua ini dibangun oleh Sinuwun Prabu Pakubuwono X pada tahun 1939. Menempati lahan seluas 14 hektar yang ditata dengan konsep wisata alam, lengkap dengan jalan-jalan di lokasi kebun binatang serta pohon-pohon rindang di sekeliling, membuat suasana yang dihadirkan benar-benar nyaman untuk didatangi bersama keluarga.

Sebanyak 200 ekor binatang dari berbagai jenis menjadi koleksi Kebun Binatang Taru Jurug, beberapa diantaranya adalah: Gajah, Jerapah, zebra, Komodo, Beruang, Harimau Sumatera, Macan Tutul, Buaya, Kuda, Iguana, kera, Merak, dan berbagai jenis binatang lainnya. Sedang untuk flora yang mengisi tempat ini diantaranya adalah pohon trembesi (munggur), cemara, pinus, akasia, flamboyan, dan beberapa jenis tumbuhan berpohon besar lainnya.

Selain dapat menikmati koleksi flora dan fauna, pengunjung yang datang ke tempat ini juga disuguhi dengan arena permainan anak, kereta mini, serta berbagai jenis pertunjukan, seperti pementasan reog dan berbagai kesenian tradisional lainnya, pertunjukan musik terutama  pementasan musik keroncong di monumen Gesang yang lokasinya berada di dalam Kebun Binatang Taru Jurug.

2. Ngarsopuro Night Market Solo 

Beroperasi seminggu sekali dan hanya pada malam hari, tepatnya pada Sabtu malam, Ngarsopuro Night Market menjadi surga bagi penggemar wisata kuliner dan wisata belanja, terutama bagi mereka yang ingin menikmati makanan tradisional masyarakat Jawa Tengah serta produk-produk khas Surakarta.

Pasar malam yang ditata dengan sangat menarik ini kerap disamakan dengan Orchied Road yang ada di Singapura. Di sini dapat ditemui para pedagang yang menjajakan berbagai jenis makanan, seperti nasi liwet, nasi kere, cabuk rambak, bakso bakar, wedang ronde serta kuliner yang lain. Sedang berbagai produk khas Solo yang dijual di sini diantaranya adalah: batik, patung, wayang, hiasan dinding, dan berbagai jenis kerajinan yang lain.

3. Museum Radya Pustaka 

Bagi penggemar wisata edukasi, Museum Radya Pustaka tidak boleh dilewatkan, karena di sini Anda dapat melihat dan mempelajari benda-benda kuna yang merupakan peninggalan dari Keraton Mataram serta benda-benda bersejarah yang berhubungan dengan kota Surakarta atau Solo.

Beberapa koleksi yang tersimpan di museum ini diantaranya adalah arca perunggu dan batu peninggalan zaman Hindu Budha, keramik, gamelan, wayang kulit, koleksi berbagai macam senjata tradisional termasuk keris, dan yang  paling terkenal adalah koleksi porselen yang dulu diberikan Napoleon Bonaparte sebagai hadiah kepada Sri Susuhunan Paku Buwono IV.

4. Pura Mangkunegaran 

Dibangun pada tahun 1757, landmark yang diarsiteki KGPAA Mangkunegara II ini memadukan gaya tradisional Jawa dengan sentuhan Eropa, sehingga bentuk bangunan yang ditampilkan benar-benar sangat menawan. Bangunan istana ini, secara utuh terdiri atas 2 elemen utama, yakni Pendopo dan Ndalem yang diapit tempat tinggal keluarga raja.

Selain dapat menikmati keindahan bangunan, para wisatawan juga dapat melihat-lihat berbagai koleksi peninggalan bersejarah dan benda-benda seni, seperti koleksi topeng dari seluruh Indonesia dan topeng dari negeri China, Kitab-kitab kuna dari masa Mataram dan Majapahit, koleksi berbagai macam perhiasan emas, serta koleksi foto-foto Mangkunegoro.

5. Taman Sriwedari 

Taman Sriwesari ini awalnya dibangun oleh Pakubuwono X sebagai tempat peristirahatan dan rekreasi bagi keluarga kerajaan. Seiring dengan berjalannya waktu, Taman Sriwesari beralih fungsi menjadi fasilitas hiburan bagi masyarakat, yang setiap malam diisi dengan pertunjukan Wayang Orang, serta berbagai macam hiburan, seperti pertunjukan musik dan dance. Selain itu, tempat ini juga dilengkapi dengan wahana permainan anak, water park, arena ketangkasan, restoran-restoran yang menjual berbagai macam makanan, serta stand-stand yang menjajakan berbagai jenis souvenir.

Dan itu adalah informasi tentang Tempat Wisata Sekitar Solo Raya, yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Kota Solo.