Wisata Alam Pangandaran Lembah Hijau

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Wisata Alam Pangandaran Lembah Hijau, yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Pangandaran.

Lembah Hijau Pangandaran

Objek wisata ini diresmikan pada 14 April 2007 dengan konsep rekreasi bernuansa alam dengan hadirnya lembah subur berwarna hijau dan rekreasi edukasi atau pengetahuan. Taman wisata ini terletak di pusat Ibu kota Lampung, yaitu Bandar Lampung, sehingga mudah dicari dan diakses.

Kawasan wisata ini adalah lembah dengan luas mencapai 30 hektar. Tentu saja lokasi ini bisa dieksplor dengan keluarga dan teman-teman. Alamatnya adalah di Jalan Raden Imba Kesuma Ratu Kelurahan Sukadana Ham Tanjung Karang Barat Bandar Lampung.

Di sana ada banyak wahana rekreasi yang menarik untuk dicoba, mulai dari wahana permainan air, permainan game dan outbound, fasilitas camping ground, sampai wahana rekreasi edukasi alam yang dihadirkan untuk memanjakan keluarga dan wisatawan yang datang.

Aksesibilitas Wisata Lembah Hijau

Lokasi wisata ini tidak jauh dari pusat kota Bandar Lampung, yaitu hanya berjarak kurang lebih 30 menit saja dengan kendaraan. Untuk menuju ke sana, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat. Namun saat liburan ada banyak juga bus pariwisata yang mampir di area tersebut.

Belum ada angkutan umum yang bisa mewadahi aksesibilitas ke tempat wisata ini. oleh karena itu, lebih baik membawa kendaraan pribadi saja. Atau bisa juga dengan menyewa kendaraan dari Bandar Lampung. Harga tiket masuk wisata lembah hijau ini dipatok sangat terjangkau, yaitu sebesar Rp 10.000 untuk umum, Rp 8.000 untuk pelajar, Rp 5.000 untuk biaya parkir mobil, dan Rp 2.000 untuk biaya parkir motor.

Di lokasi wisata yang luas ini tentu saja ada banyak wahana wisata yang bisa dinikmati. Berikut ini adalah beberapa wahana permainan yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan untuk menikmati perjalanan di Lembah Hijau.

  1. Elephant riding, yang merupakan wahana naik gajah yang bisa dilakukan oleh wisatawan dalam dua trek perjalanan.
  2. Amphiteatre, yang merupakan lokasi untuk pertunjukan atau acara lainnya.
  3. Cinema 4D, yang merupakan ruangan berdaya tampung 6 orang untuk menikmati film petualangan 4D.
  4. Boom boom car, yang merupakan wahana permainan mobil mini dengan cakupan arena seluas 30m x30m.
  5. Rumah hantu, yang merupakan wahana dengan sistem meanis yang menyeramkan dengan kereta dan tempat duduk yang akan mengantarkan wisatawan berkeliling rumah hantu.
  6. Mini train, yang merupakan wahana permainan simulasi untuk wisatawan yang ingin seolah-olah menjadi masinis. Namun wahana ini hanya untuk anak-anak di bawah 8 tahun.
  7. Waterboom, yang merupakan wahana permainan air dan juga wahana renang yang bisa dinikmati bersama keluarga.

Fasilitas Wisata Lembah Hijau

Fasilitas wisata ini sangat amat lengkap. Lembah Hijau mewadahi banyak akomodasi dan pemenuhan fasilitas wisata yang menarik. Adapun fasilitas yang ditawarkan Lembah Hijau adalah sebagai berikut.

Cottages

Di wisata Lembah Hijau ini ada sebuah cottages atau penginapan yang bisa disewa untuk bermalam. Selain itu, bisa juga digunakan untuk membuat agenda pertemuan. Suasana penginapan tersenut sangat hangat, nyaman, dan tentunya akan sangat membantu aktifitas wisata di sana. Setidaknya ada 5 tipe cottages yang bisa dipilih ileh wisatawan dengan total 11 kamar tidur yang luas dan lapang. Di dalam kamar ada fasilitas tambahan seperti AC, televisi, kursi dan meja tamu, serta meja makan.

Di cottages ada juga sebuah rumah makan atau restoran yang bisa dikunjungi untuk makan. Berbagai macam menu spesial dengan rasa yang lezat dibuat oleh chef yang berpengalaman. Restoran tersebut terbangun dari kayu yang semakin menambah nuansa alami wisata tersebut. Ada juga lokasi makan lesehan yang bisa dikunjungi wisatawan untuk makan. Selain itu di restoran juga ada meetng room yang biasa digunakan untuk rapat dan sebagainya.

Waterboom

Seperti yang dijelaskan di atas, Lembah Hijau memiliki wahana waterboom yang akan membuat wisatawan bisa bermain air dan berenang sepuasnya. Beberapa fasilitas waterboom atau permainan air yang bisa digunakan antara lain:

  • Gelas Tumpah
  • Kolam Arus
  • Spiral Slide
  • Torpedo Slide
  • Twins Boomerang
  • Water Canon
  • Water Splash

Aktifitas Outdoor

Lembah Hijau juga memberikan fasilitas untuk wisatawan yang ingin melakukan aktifitas outdoor, diantaranya dengan membuka:

  1. Outbound training center, yang merupakan program pelatihan outbond yang akan mengembangkan kegiatan outbond wisatawan dengan berbagai macam arena dan permainan outbond.
  2. Outbond kids & children playgound, yang merupakan konsep belajar di alam untuk wisatawan kecil untuk mengembangkan minat dan bakat mereka tentang alam dan juga kedisiplinan melalui permainan. Untuk menggunakan paket ini, dikenakan biaya Rp 55.000.
  3. Camping ground, yang merupakan area berkemah di Lembah Hijau yang bisa digunakan untuk berbagai acara camping dan menambah kebersamaan antar wisatawan. Untuk camping di sana, wisatawan harus membayar Rp 75.000 per orang dengan fasilitas full set camping. Sehingga wisatawan tidak perlu membawa alat camping dari luar.
  4. Paint ball &air soft guns, yang merupakan permainan simulasi dengan perlengkapan khusus yang bisa digunakan untuk melatih ketangkasan dan menambah keceriaan. Paint ball bisa dilakukan dengan membayar Rp 280.000 per orang dengan minimal anggota 25 orang.

Taman Satwa

Ada juga taman satwa yang mewadahi rekreasi edukasi yang akan memberikan berbagai macam informasi mengenai satwa. Di taman satwa ada beberapa spot yang bisa dieksplor, seperti taman burung, taman flora, dan juga aquarium. Ada berbagai satwa langka di taman satwa yang akan memberikan wawasan tambahan, baik itu satwa lokal maupun satwa di luar negeri.

Dan itu adalah informasi tentang Wisata Alam Pangandaran Lembah Hijau, yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Pangandaran.