Wisata Alam Solo Jawa Tengah

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Wisata Alam Solo Jawa Tengah, yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Solo.

1. Tawangmangu 

Siapa yang tidak kenal akan keindahan alam dari Tawangmangu yang berada di daerah Solo. Tempat wisata ini memiliki banyak sekali objek wisata alam yang sangat indah. Objek wisata alam yang dapat anda kunjungi di tempat ini seperti air terjun, pemandian air hangat, areal camping, situs purbakala ataupun juga aneka macam permainan outbond serta flying fox.

Tidak hanya pemandangan alamnya saja yang indah di tempat ini anda juga dapat merasakan memetik buah strawberry di kebun buah yang berada di areal tempat wisata ini. Bila anda ingin mencoba memetik buah strawberry sebaiknya anda mengunjungi tempat ini pada bulan Juni-Agustus.

Biaya yang di keluarkan juga cukup terjangkau anda hanya perlu membayar sekitar Rp 50.000,- saja untuk menikmati serta memetik buah strawberry langsung pada pohonnya. Bagi anda yang pecinta kuliner di Tawangmangu sendiri anda juga bisa menikmati sate kelinci yang lezat yang menjadi ikon makanan di tempat wisata yang satu ini.

2. Grojogan Sewu 

Air terjun Grojogan Sewu merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan yang berkunjung di daerah Solo. Tempat ini berada pada areal wisata Tawangmangu. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 81 meter. Air terjun ini dinamakan Grojogan Sewu karena terdapat banyak air terjun yang berada di sekitar kawasan wisata ini walaupun jumlahnya tidak mencapai seribu buah.

Di kawasan wisata ini terdapat hutan yang mencapai luas areal sekitar 20 hektar yang tentunya makin memperindah pesona alam di tempat ini dengan ditambah hijaunya pepohonan. Fasilitas penginapan ditempat ini cukup banyak sehingga jangan kawatir bagi anda yang ingin menginap untuk menikmati lebih lama lagi kondisi alam di tempat ini. Selain tempat penginapan di tempat ini juga terdapat toko cinderamata, mushola, warung-warung makanan, kolam renang maupun taman binatang. Bila anda berwisata ke kota Solo jangan lewatkan tempat wisata yang satu ini.

3. Air Terjun Jumog 

Air terjun ini juga memiliki keindahan yang menarik. Para wisatawan yang datang ke Solo bisanya dengan suka hati memilih air terjun ini sebagai tempat liburan selain Grojokan Sewu. Untuk menjangkau wisata ini dari Solo, anda harus memilih jalur Tawangmangu. Jaraknya cukup dekat yaitu sekitar 40 km dari pusat kota Solo.

Sebagaimana kita tahu bahwa kesejukan di sekitar objek wisata air terjun pastinya sangat terasa. Kesejukan alamnya biasanya berasal uap air hasil percikan air yang mengenai bebatuan, kemudian tertiup oleh angin. Selain itu, tempatnya yang di dataran tinggi juga menjadi salah satu penyebabnya.

Banyak fasilitas yang bisa dinikmati di wisata alam ini, diantaranya tempat permainan anak-anak dan kolam renang. Dengan adanya wahana anak-anak, anda dapat memperkenalkan keindahan air terjun Jumog sambil mengajaknya berkumpul dan bermain bersama teman-temannya. Memperkenalkan alam secara langsung dapat memberikan meningkatkan kecerdasan emosional anak, karena ketertarikan serta kekagumannya dapat menjadikan anak menjadi sayang dengan alam sekitar.

Setelah anda puas mengajaknya bermain di wahana, anda bisa mengajak ke kolam renang yang terdapat di kawasan ini. Air jernih dengan kolam yang lumayan besar dapat dimanfaatkan untuk berenang bersama keluarga. Segar memang, tapi jangan berlama-lama, karena udara yang dingin bisa membuat anda menggigil kedinginan. Bila sudah puas bermain air, anda bisa memanfaatkan rest area untuk beristirahat. Terdapat juga warung makan dengan menu yang tak kalah menarik yang siap mengisi kekosongan perut anda.

Dan itu adalah informasi tentang Wisata Alam Solo Jawa Tengah, yang wajib Brader and Sister jika sedang berlibur di Solo.