Wisata Alam Yang Ada Di Banjarmasin

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Wisata Alam Yang Ada Di Banjarmasin yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Banjarmasin.

1. Pulau Kembang Banjarmasin 

Pulau Kembang merupakan sebuah pulau yang berada di tengah Sungai Barito. Tempat wisata ini menjadi habitat monyet dan beberapa jenis burung. Menurut warga, di pulau ini terdapat seekor monyet besar yang merupakan raja monyet. Saat berada di pulau ini, berhati-hatilah dengan barang bawaan Anda. Monyet-monyet seringkali penasaran dan ingin melihat apa saja yang Anda bawa. Jika anda berkunjung ke sini sebaiknya bawa makanan ringan atau buah-buahan untuk mengalihkan perhatian mereka dari tas Anda. Menariknya, di pulau ini terdapat sebuah kuil dan altar dengan arca berbentuk monyet putih atau Hanoman. Altar ini, oleh warga Tionghoa, digunakan untuk meletakkan sesaji pada saat-saat tertentu.

2. Rafting Bambu Di Sungai Amandit Salah satu wisata sungai yang menarik yaitu rafting. Rafting memang seru, kita dapat menyusuri arus sungai serta menguji adrenalin. Rafting pada umumnya menggunakan perahu karet, tapi Anda akan menemukan sensasi rafting yang berbeda jika berkunjung ke kawasan wisata Laksodo tepatnya di Sungai Amandit, Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

Rafting di sini memang lain,karena menggunakan bambu yang disusun rapi memanjang. Rafting bambu ini sebenarnya terinspirasi oleh Suku Dayak Meratus yang menggunakan rakit bambu sebagai sarana transportasi. Seperti yang telah kita tahu Suku Dayak Meratus ini memang banyak tinggal di kawasan Kalimantan Selatan.

Satu rakit bambu biasanya terbuat dari 10-20 batang bambu yang dirakit menjadi satu. Setiap rakit hanya boleh dinaiki maksimal 3-4 orang saja, ini sudah termasuk joki. Joki inilah yang akan mengendalikan rakit kita menyusuri arus sungai. Joki akan membawa bambu panjang untuk mengendalikan rakit. Jika kita beruntung kita akan mendapatkan Joki asli penduduk Suku Dayak Meratus. Sekitar dua jam kita akan diajak berkeliling Laksado dengan mengarungi Sungai Amandit. Rafting bambu ini dikenakan biaya sekitar Rp 250.000 untuk sekali jalan.

3. Air Terjun Bajuin Air Terjun Bajuin ini terletak di Desa Sungai Bakar, Kecamatan Pelaihari yang berjarak sekitar 10 km dari Ibu Kota Kabupaten Tanah Laut dan sekitar 75 km dari Banjarmasin. Air terjun Bajuin memiliki panorama pegunungan yang indah, eksotik, dan udaranya pun masih sangat sejuk karena banyaknya pepohonan.

Di kawasan ini terdapat tiga air terjun dengan ketinggian yang berbeda, dikarenakan alamnya yang masih asri dan alami. Di sini juga terdapat beberapa jenis burung dan tanaman anggrek hutan, serta bunga bangkai. Air Terjun Bajuin berada di kawasan pegunungan Maratus. Kawasan ini dikembangkan menjadi ekowisata alam seperti traking, climbing, hiking.

Meskipun objek wisata ini memiliki area parkir yang luas namun sayangnya belum tersedia fasilitas yang memadai seperti banyaknya jalan rusak. Oleh karena itu untuk menuju objek wisata ini masih sangat sulit, namun pemerintah setempat sedang melakukan perbaikan. Di kawasan ini juga terdapat telaga alam batuah yang tidak jauh dari area parkir.

4. Bukit Rimpi Pelaihari Bukit Rimpi merupakan sebuah perbukitan yang ditumbuhi oleh padang savana hijau yang dihiasi oleh hamparan rumput dengan pemandangannya yang sangat elok. Bukit cantik ini lebih dikenal dengan sebutan Bukit Teletubies karena gundukan bukitnya yang menjulang seperti layaknya di film Teletubies. Terletak di Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, akses menuju lokasi bukit ini dapat ditempuh sekitar 30 menit dari Kota Pelaihari dan sekitar 2 jam apabila ditempuh dari Kota Banjarmasin.

Mengunjungi bukit yang hijau nan asri ini, pengunjung akan dibuat terkagum-kagum oleh keindahan panorama di sekitarnya yang serasa berada di New Zealand. Tak jarang, gerombolan hewan ternak pun terlihat di sekitar kawasan bukit sedang mencari makanan. Perpaduan bukit hijau dan hewan ternak di sekitar bukit semakin menambah keindahan Bukit Rimpi ini. Bukit Rimpi juga merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati panorama keindahan matahari terbit di pagi hari.

Dan itu adalah informasi tentang Wisata Alam Yang Ada Di Banjarmasin yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Banjarmasin.