Wisata Banyuwangi Air Terjun Kembar

Hi Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberikan informasi tentang destinasi Wisata Banyuwangi Air Terjun Kembar, yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Banyuwangi.

1. Air Terjun Jagir Air Terjung Jagir yang terletak di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Di sini, pengunjung dimanjakan dengan panorama alam yang indah, air terjun dengan pemandangan alam yang masih asri. Air Terjun Jagir ini memiliki keunikan dimana dalam satu lokasi terdapat tiga air terjun, masyarakat sering menyebut air terjunThree In One, air terjun kembar, air terjun bersaudara, sampai air terjun bidadari karena airnya yang saking jernihnya diibaratkan sebagai pemandian bidadari.

Air yang mengalir dari Air Terjun Jagir ini berasal dari mata air yang terletak di atas air terjun langsung, yakni mata air sumber Pawon, yang diartikan dapur, tempat makanan dan minuman berasal. Air terjun memiliki aliran air yang menyebar, jadi dalam satu air terjun bisa terdapat tiga aliran air terjun sekaligus. Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang asri di Air Terjun Jagir, sambil menikmati segarnya air dari mata air secara langsung, atau berswafoto ria di sekitar lokasi air terjun yang memiliki bentang alam yang tak kalah indah untuk diabadikan. Fasilitas yang ada di Air Terjun Jagir ini cukup lengkap, seperti tempat ganti pakaian, wc dan toilet, yang cukup representatif. Berbagai macam kuliner khas pun tersedia disini, juga oleh-oleh yang dapat dibawa pulang sebagai buah tangan.

2. Air Terjun Kembang Arum 

Air Terjun Kembang Arum terletak di Kecamatan Songgon yaitu kecamatan yang berada di Banyuwangi yang berada di dataran tinggi. Wilayah Kecamatan Songgon terdapat pegunungan di bagian utara dan barat dan timur dan di selatan banyak berdiri tempat tinggal penduduk. Banyak perkebunan di Kecamatan Songgon ini misalnya  Perkebunan Bayu Kidul dan Bayu Lor. Di wilayah ini terdapat wisata arung jeram dan perkemahan dan wisata hutan (wanawisata) serta Air Terjun Lider.

Rute Menuju air terjun
Air terjun Kembang arum(Temcor) begitu masyarakat setempat menyebutnya berada di Dusun Sumber Arum, Desa Sragi , Kec. Songgon, Kab.Banyuwangi. Air dari air terjun mengalir ke persawahan milik warga, sehingga terbentuknya sungai akibat air itu jatuh ke bibir persawahan. Air terjun Kembang arum ini sejalur dengan Air terjun Sendang Arum. Untuk yang dari arah banyuwangi langsung saja arahkan kendaraan anda menuju Bunderan patung kuda-menuju jalan utama menuju jember-kabat-rogojampi-pertigaan rogojampi ambil kanan menuju arah Songgon- ikti jalan tersebut melintasi pasar songgon- Lalu ke Arah Sragi.

3. Air Terjun Tirto Kemanten Dinamai Tirto Kemanten yang berarti air pengantin, karena air terjun ini merupakan air terjun kembar atau terdapat dua aliran yang letaknya bersebelahan mirip pengantin yang bersanding. Menurut penduduk setempat, air terjun ini  merupakan tingkat terakhir dari 7 air terjun yang berada di lereng gunung Raung. Air terjun ini tercipta dari satu aliran sungai yang sama, hanya saja terpisah oleh batu besar yang menjadikannya dua aliran. Belum ada trayek umum menuju lokasi ini. Biasanya para pengunjung dari luar kota menggunakan jalur kereta api dan turun di stasiun Kalibaru. Dari sini perjalanan  dilanjutkan sekitar 5 km lagi dengan ojek sepeda motor atau sewa mobil.

Yang perlu diperhatikan bahwa jalur yang ditempuh adalah jalan perkebunan yang terjal dengan struktur jalan dari batu prejeng. Sesampainya di lokasi anda akan menjumpai pos jaga yang dikelola oleh penduduk setempat. Di sini anda diwajibkan melapor, membeli tiket masuk yang sekaligus ongkos parkir. Selanjutnya anda akan menyusuri tangga beton yang menurun, menuju air terjun. Suara gemuruh air terjun kembar ini sangat mendominasi suasana, walau sesekali akan terdengar suara-suara dari beberapa satwa yang tinggal dikawasan ini seperti kera dan burung-burung.

Dan liburan anda akan terasa kurang lengkap bila tidak turun ke sungainya, membasahi kaki dan muka atau mandi, menyeburkan badan untuk merasai segarnya air di lereng gunung Raung. Namun bagi anda yang hanya ingin bersantai sambil mengagumi air terjun kembar yang memiliki ketinggian sekitar 10 m tersebut, bisa duduk dan berteduh di bawah bangunan joglo tanpa dinding yang berada di pinggir tanggul, letaknya persis berhadapan dengan air terjun.

Dan itu adalah informasi tentang Wisata Banyuwangi Air Terjun Kembar, yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Banyuwangi.