Wisata Banyuwangi Baluran

Hi Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Wisata Banyuwangi Baluran yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur ke Banyuwangi.

1. Taman Nasional Baluran 

Taman nasional baluran merupakan padang savana yang banyak di huni satwa liar dan menjadi salah satu tempat wisata di indonesia yang cukup menyenangkan. Anda tidak perlu pergi jauh jauh ke afrika karena di Indonesia juga tidak kalah menarik, tentunya di taman nasional baluran. Berbagai aneka satwa bisa anda temui disini, hal yang cukup menarik bisa melihat langsung satwa liar di padang savana. Anda bisa menikmati perjalan di padang savana dengan aman sambil melihat satwa yang berkeliaran.

Wisata taman nasional baluran lokasinya berada di sumberwaru, banyuputih, situbondo dan wongsorejo, banyuwangi. Namun secara adminitratif lokasi taman baluran berada di situbondo namun jaraknya lebih dekat dengan kabupaten banyuwangi. Pintu gerbang menuju taman baluran ini terletak di jalan situbondo-banyuwangi. Cukup mudah sekali menemukan lokasinya, jika anda perjalanan menuju pelabuhan ketapang anda bisa melewati taman baluran melalui jalan pantura.

Tempat Wisata Taman Nasional Baluran

Ketika anda berkunjung ke TNB, anda akan melihat padang savana yang sangat luas dan banyak di penuhi dengan satwa liar. Begitu luasnya akan membuat pandangan anda tampak terlihat padang savana yang tandus serta pohon kering dan bebatuan gersang. Beberapa satwa liar yang hidup di taman nasional baluran yaitu burung merak, kerbau, banteng, rusa, moyet ekor panjang. Dari beberapa hewan yang ada disini menjadi cirri khas dari wisata TNB.
Objek wisata taman nasional baluran mempunyai luas wilayah berkisar 25.000 hektar. Dari luas wilayahnya, wisata TNB mempunyai jenis satwa, tumbuhan dan hutan. Wisata TNB merupakan miniature hutan Indonesia, hampir semua tipe hutan di Indonesia ada di taman nasional baluran. Jenis hutan tersebut meliputi vegetasi savana, hutan musim, hutan mangrove, hutan rawa, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan hijau sepanjang tahun.

Untuk jenis tumbuhan yang ada di destinasi wisata taman nasional baluran mencapai 444 jenis. Dari semua jenis tersebut terdapat tumbuhan asli meliputi pilang, mimba, widoro bukol. Selain itu wisata baluran juga memiliki 26 jenis mamalia dan 155 jenis burung hidup disini. Ada satu hewan yang menjadi maskot di taman nasional baluran yaitu banteng bos javanicus. Dari semua hewan dan tumbuhan yang ada, bisa anda temui di wisata ini.

Untuk masuk ke taman nasional baluran, terlebih dahulu anda harus membeli tiket masuk dengan harga yang cukup murah. Untuk mencapai padang savana, anda harus menempuh jarak sekitar 12 Km dari pintu utama TNB. Ketika perjalanan menuju padang savana, anda akan melihat pemandangan hutan yang lebat sepanjang 5 Km. namun ketika musim kemarau hutan tersebut akan kering dan semi lagi ketika musim hujan.Aksesnya sangat mudah ditempuh dengan kendaraan darat dari berbagai kota besar, karena adanya jalan raya lintas provinsi yang menghubungkan Surabaya, Bali dan Banyuwangi. Sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau sewa. Jalur utama terdekat yang dapat digunakan adalah dari kota Banyuwangi. Rutenya dari pusat kota Banyuwangi menuju ke arah Batangan (jaraknya sekitar 35 kilometer) lalu dilanjutkan menuju ke Bekol dengan waktu tempuh sekitar 45 menit perjalanan. Dari Bekol dapat langsung menuju ke Banyuputih.

Dan itu adalah informasi tentang Wisata Banyuwangi Baluran yang wajib Brader and Sister kunjungin jika sedang berkunjung ke Banyuwangi.