Wisata Banyuwangi Favorit

Hi Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Wisata Banyuwangi Favorit yang wajib Brader and Siter kunjungi jika sedang berlibur di Banyuwangi.

1. Kawah Ijen 

Kawah Ijen adalah kawah danau terbesar di pulau Jawa. Kawah ini secara administratif terletak di 3 kabupaten, yaitu Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi. Berada pada ketinggian 2.443 m dpl dengan kedalaman kawah 200m. Kawah Ijen memiliki pesona luar biasa, yakni adanya danau belerang yang berwarna tosca dan api biru (blue fire). Anda dapat menyaksikan panorama memikat ini pada saat malam hari hingga menjelang subuh.

Agar dapat tiba di Kawah Ijen, Anda dapat memilih 2 jalur, yaitu dari utara dan selatan. Jalur utara dapat dilalui dari Situbondo menuju Sempol (Bondowoso) dan berakhir di Paltuding, waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Jika dari arah selatan, dapat dilalui dari Banyuwangi menuju Licin yang berjarak sekitar 35 km. Untuk mencapai kawah, Anda harus mendaki setinggi 3 km, ini memakan waktu sekitar 1,5 jam. Rasa lelah mendaki akan terbayar lunas tatkala mendapati pesona indah blue fire di salah satu tempat wisata di Banyuwangi terpopuler ini.

2. Pulau Tabuhan 

Pulau Tabuhan memiliki air laut yang sangat jernih dan  menjadi salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang digemari banyak wisatawan. Lokasi pulau ini berada di tengah Selat Bali. Di pulau ini, kegiatan snorkel atau scuba diving adalah salah satu yang menarik. Jarak Pulau Tabuhan hanya sekitar 20 km dari pusat kota Banyuwangi. Pulau yang tak berpenghuni ini memiliki luas area sekitar 5 ha dengan karakter pasir pantai yang putih serta air lautnya yang begitu bening

Untuk dapat tiba di Pulau Tabuhan, Anda dapat menyewa kapal dari sejumlah tempat, seperti Watu Dodol, Bangsring, atau Kampe. Perjalanan terdekat ke Pulau Tabuhan adalah dari Bangsring dan Kampe yang memakan waktu sekitar 15 menit. Biaya sewa kapal sebesar Rp 500 ribu maksimal memuat 10 orang. Biaya sewa alat snorkel umumnya Rp 30 ribu dan tersedia di wilayah Bangsring.

3. Pantai Bangsring 

Pantai ini adalah salah satu destinasi wisata Banyuwangi yang populer dikunjungi wisatawan. Memiliki keindahan bawah laut dengan aneka biota laut dan keindahan terumbu karangnya, juga berbagai atraksi wisata lainnya yang tak kalah seru. Pantai Bangsring memiliki luas sekitar 15 ha dengan kedalaman bervariasi dari 2 – 15 meter.

Kegiatan wisata favorit di Pantai Bangsring ini adalah snorkel dan diving. Anda dapat menyewa peralatannya dengan harga yang terjangkau. Ikon utama pantai ini adalah Rumah Apung Bangsring, sebuah bangunan berukuran 27m x 7m yang terapung berjarak sekitar 20 meter dari bibir pantai. Di area rumah apung ini, ada dapat mencoba berenang di antara kawanan anakan ikan hiu sirip hitam yang sudah dijinakkan dan memang ditangkar di sana. Menanam terumbu karang adalah juga kegiatan lainnya yang disukai wisatawan di pantai ini mengingat Pantai Bangsring adalah kawasan konservasi terumbu karang.

4. Pantai Pulau Merah 

Masyarakat Banyuwangi menyebutnya sebagai Pulau Merah, sebab tanahnya berwarna merah. Bentuknya menyerupai sebuah bukit kecil, terletak tak jauh dari bibir pantai. Anda dapat menginjakkan kaki di Pulau Merah ini tatkala air sedang surut, berjarak sekitar 100 meter dari bibir pantai. Cukup hanya dengan berjalan kaki saja. Pantai ini dahulu bernama Pantai Ringin Pitu, sekarang disebut sebagai Pantai Pulau Merah.

Pantai Pulau Merah memiliki ketinggian gelombang hingga 4-5 m, sebuah tempat berselancar di Banyuwangi yang direkomendasikan bagi para pemula. Berjarak sekitar 80 km dari pusat kota Banyuwangi, Anda dapat masuk ke kawasan pantai ini dengan harga tiket masuk ke Pantai Pulau Merah adalah Rp 3 ribu per orang, saat weekend menjadi Rp 5 ribu. Untuk ke tempat wisata di Banyuwangi yang satu ini, Anda dapat menggunakan transportasi publik.

Dan itu adalah informasi tentang Wisata Banyuwangi Favorit yang sangat wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Banyuwangi.