Wisata Bogor Yang Belum Terjamah

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Wisata Bogor Yang Belum Terjamah, yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Bogor.

1. Curug Leuwi Hejo Menikmati liburan yang indah tidak harus jauh dan mahal. Ternyata tidak jauh dari Jakarta terdapat surga tersembunyi, tepatnya di Sentul, Bogor. Di sana, Anda bisa mengunjungi sebuah air terjun indah yang belum banyak terjamah, orang menyebutnya dengan nama Air Terjun Leuwi Hejo. Bagi Anda yang penasaran ingin merasakan keindahan air terjun Leuwi Hejo di Sentul, rutenya sangat mudah. Jika Anda menggunakan kendaraan mobil pribadi Anda bisa memasuki tol ke arah Bogor dan keluar di tol Sentul Selatan.

Kemudian perjalanan Anda akan memasuki sebuah pedesaan yang dimana rute menuju air terjun indah itu hanya tinggal mengikuti jalan saja. Selama perjalanan Anda akan merasakan sedikit kesulitan yaitu dengan area kontur jalan sempit, curam dan bergelombang. Hal itu terkadang membuat mobil yang datang dari arah berlawanan harus ada yang mengalah satu sama lain agar bisa lewat. Perjalanan Anda akan dihiasi dengan penduduk desa yang ramah serta udara pegunungan yang sejuk.

Setelah memarkir kendaraan Anda harus berjalan kaki dari parkiran menuju air terjun tersebut. Menurut warga setempat yang sekaligus pengelola perjalanan menuju Leuwi Hejo dari parkiran berjarak sekitar 500 meter. Saat menuju air terjun perjalanan Anda dihiasi dengan kontur jalanan yang curam dan licin. Untuk itu diminta berhati-hati, akan ada banyak hal unik ditemukan dalam perjalanan, seperti aliran air jernih yang keluar dari tanah.

2. Curug Nangka Curug Nangka merupakan sebuah tempat wisata air terjun yang lokasinnya di Ciapus, Kota Bogor, Jawa Barat. Curug Nangka ini dikelola oleh RPH Gunung Bunder, BKPH Bogor KPH Kab. Bogor. Yang menjadi daya tarik utama dari Wisata Curug Nangka ini adalah sebuah air terjun yang memiliki 3 tahap, dengan memiliki ketinggian masing-masing sekitar 10-20 m. Lokasi Curug Nangka berada di Desa Warung Loa, Kec. Tamansari, Kab. Bogor, Propinsi Jawa Barat, Pulau Jawa, Indonesia. Berjarak kurang lebihnya sekitar 25 km dari Kota Bogor lewat Ciapus yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 30 sampai 45 menit menggunakan kendaraan sampai pintu gerbang dan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sepanjang kurang lebih sekitar1,5 km. Kondisi jalan untuk menuju curug ini seperti pada umumnya tergolong baik atau sudah beraspal dan dapat dilewati oleh kendaraan roda empat.

Harga Tiket masuk ke Curug Nangka yaitu Rp. 4000 tiap orang dan sudah termasuk asuransi jiwa serta biaya parkir sebesar Rp 2000 setiap kendaraan untuk sekali parkir. Fasilitas di Curug Nangka selain digunakan untuk kegiatan hiking mengunjungi curug, tempat wisata ini juga bisa digunakan untuk wisata kemah karena di kawasan sini tersedia sebuah area untuk camping ground. Fasilitas yang telah tersedia di dalam tempat wisata ini seperti pos jaga, pondok kerja, loket karcis, jalan setapak, tempat parkir , MCK, shelter atau gardu pandang tempat duduk, ruang informasi serta tempat sampah. Anda juga akan menjumpai banyak warung-warung yang menjajakan makanan di sekitar kawasan Curug Nangka.

3. Leuwi Liyet 

Leuwi Liyet dapat disebut sebagai surga yang tersembunyi di Kota Bogor. Leuwi sendiri berarti bagian terdalam dari sungai atau lubuk dalam bahasa Sunda. Leuwi Liyet bahkan mirip dengan Green Canyon. Perbedaannya adalah ada tebing dengan bentuk U serta tidak terlalu tinggi.

Tentu saja air yang mengalir sangat jernih dengan warna hijau tosca yang khas. Sementara itu, di sisi lain terdapat air terjun mini yang dikeliling oleh pepohonan. Untuk sampai ke sini, Anda harus menyiapkan tenaga karena mesti berjalan menanjak ditambah lagi harus berhati-hati karena tekstur tanah yang cukup licin.

Dan itu adalah informasi tentang Wisata Bogor Yang Belum Pernah Terjamah yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Bogor.