Wisata Bogor Yang Wajib Dikunjungi

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Wisata Bogor Yang Wajib Dikunjungi jika sedang berlibur di Bogor.

1. Gunung Pancar 

Setidaknya ada beragam jenis lokasi wisata yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke Gunung Pancar. Tempat wisata di Bogor yang sering kali digunakan sebagai tempat camping, hiking, jogging, hingga berkuda ini memang cocok bagi Anda yang mendambakan wisata alam, namun tidak ingin jauh dari ibukota.

Di kawasan Gunung Pancar, Anda dapat menyaksikan panorama alami hutan lindung yang penuh pepohonan pinus, ditambah sejumlah satwa yang hidup bebas di kawasan ini. Tidak jauh dari sana, terdapat pula Pemandian Air Panas Gunung Pancar yang airnya berasal dari mata air alami.

2. Kebun Raya Bogor 

Berkunjung ke Kebun Raya Bogor yang merupakan ikon kota Bogor bisa dijadikan alternatif liburan seru dan hemat. Nah, bukan hanya duduk-duduk santai atau jalan berkeliling saja, di sini Anda juga bisa mengajak si kecil untuk belajar dan mengobservasi tanaman. Hal ini dimungkinkan karena hingga kini sudah ada lebih dari 15 ribu jenis pohon dan tumbuhan yang hidup di Kebun Raya Bogor.

Dikenal sebagai kebun botani paling tua di Asia, Kebun Raya Bogor memang sudah dikembangkan sejak zaman penjajahan. Namun, jika pada awalnya kebun ini hanya berisi berbagai jenis tumbuhan, kini terdapat pula objek wisata lain yang tidak kalah cantiknya. Di area belakang kebun, misalnya. Terdapat sebuah danau yang indah, Istana Bogor, jembatan gantung berwarna merah, hingga Museum Zoologi yang letaknya bersebelahan dengan Kebun Raya Bogor.

3. Taman Wisata Mekarsari 

Jika Kebun Raya Bogor adalah kebun botani paling luas di Indonesia, Taman Wisata Mekarsari merupakan taman buah terbesar di Indonesia. Setidaknya, ada sekitar 1.470 varietas tanaman buah dan 100 ribu pohon di atas lahan seluas 264 hektare ini.

Nikmati serunya memetik dan mencicip buah langsung dari pohonnya di Taman Wisata Mekarsari. Maklum saja, tempat wisata di Bogor yang satu ini memang mengusung konsep rekreasi, edukasi, reboisasi, dan konservasi. Selain mencicipi buah langsung dari pohonnya, Anda dapat berkeliling dengan kereta untuk menyaksikan koleksi tanaman buah, menjajal wahana outbond, atau menikmati serunya paket family camp, permainan banana boat, angsa air, hingga floating donut!

4. Museum Pembela Tanah Air (Peta) 

Bukan hanya memiliki keindahan alam yang tiada duanya, Bogor juga pernah terlibat dalam catatan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Salah satunya, perihal pembentukan Tentara Sukarela Pembela Tanah Air, atau yang kita kenal dengan sebutan PETA.

Kendati didirikan dengan maksud membantu Jepang mengalahkan Sekutu, pada PETA-lah, cikal bakal ketentaraan Indonesia mulai terbentuk. Nah, seluruh perjuangan tersebut pada akhirnya diabadikan melalui pembentukan Museum Pembela Tanah Air.

Di tempat wisata di Bogor yang satu ini, Anda akan disuguhkan banyak kisah perjuangan PETA, bahkan ada juga artefak peninggalan bersejarahnya. Tempat ini sangatlah berguna untuk menumbuhkembangkan nasionalisme masyarakat Indonesia, khususnya para generasi muda.

5. Situ Gede Terletak di tepi Hutan Dramaga, yakni hutan penelitian milik Badan Litbang Kehutanan, Departemen Kehutanan, telaga yang memiliki luas sekitar 6 hektare ini merupakan tempat rekreasi harian bagi warga Bogor. Para pengunjung dapat berperahu, memancing, atau berjalan-jalan di kerimbunan hutan. Danau dan hutan ini pun kerap digunakan sebagai lokasi pembuatan film dan sinetron.

Lokasi wisata alam di Bogor ini berada kurang lebih 10 km dari pusat Kota Bogor, atau sekitar 3 km di utara Terminal Bubulak. Situ Gede sebetulnya berdekatan, atau berada dalam satu sistem, dengan beberapa situ yang lain di dekatnya. Yakni Situ Leutik (kini sudah menghilang), Situ Panjang, dan Situ Burung. Yang terakhir ini terletak di Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor.

Salah satu yang menarik dari tempat ini adalah Danau Situ Gede biasa dijadikan tempat untuk memancing ikan bagi para pecinta memancing. Selain itu, tempat ini juga sangat bagus untuk anda gunakan berlayar ke tengah danau dan menikmati keindahan panoramanya. Jika anda sudah cukup bosan berkeliling danau situ gede, anda juga bisa berkeliling atau jalan-jalan di hutan yang ada di sekeliling danau situ gede tersebut.

Dan itu adalah Wisata Bogor Yang Wajib Dikunjungi jika Brader and Sister sedang berlibur di Bogor.