Wisata Danau Laut Tawar Di Aceh Tengah

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi Wisata Danau Laut Tawar Di Aceh Tengah yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Aceh.

Danau Laut Tawar 

Danau Laut Tawar sebuah potensi wisata Aceh, tempat hunting foto yang digemari wisatawan. Digemari anak-anak muda yang senang berpetualang, cocok juga buat anak-anak sampai orang dewasa. Pergi sendiri asik, bersama kawan-kawan komunitas lebih asik, juga bila berwisata bersama keluarga.

Terus terang saja, awalnya saya agak segan pergi jauh-jauh dari Banda Aceh menuju Takengon. Awalnya berpikir gambaran danau ini sama saja dengan danau-danau lain di Indonesia. Namun pikiran saya ternyata salah besar. Melihat langsung, mengelilingi beberapa kali, merasakan pengalaman keseruan jalan-jalan bersama kawan-kawan. Danau Laut Tawar ternyata menyimpan banyak keindahan.

Panorama Danau Laut Tawar

Danau yang menyimpan banyak keindahan, cerita asal usul, dan misteri ini, sangat layak untuk didatangi. Saya suka sekali dengan panorama keindahannya. Saya kurang tahu dengan sejarah asal usul namanya. Namun dari cerita-cerita kawan di Takengon, dinamakan demikian karena danau ini luas seperti laut dengan rasa air yang tawar. Kombinasi dataran, bebukitan, dan perairan di sekeliling Danau Laut Tawar menyajikan keindahan alam yang menawan.

Kita bisa menyaksikan pula aktivitas harian masyarakat dataran tinggi Gayo di sekitar danau. Dari bercocoktanam, memancing, berkebun , berburu hama perkebunan. Danau terluas di Aceh ini mempunyai luas sekitar 5.472 hektar. Panjang sekitar 17 km dengan lebar sekitar 3,2 km. Pertama kali kemari, saya bersama kawan-kawan komunitas sepeda dari Banda Aceh. Mereka mengelilingi danau melalui jalan melingkar danau yang memiliki banyak tanjakan, turunan, dan tikungan. Mereka gowes, saya ikut mobil yang mengawal mereka dari belakang. Ga kuat, hehehe..

Banyak spot foto indah di sekeliling danau. Tidak sempat berhenti di semua tempat dan memotret banyak. Membuat saya datang kembai di lain waktu bersama kawan-kawan yang lain. Warna warni rerumputan bebukitan pun berbeda-beda di lain musim. Kadang hijau kadang kekuningan. Memberikan nuansa berbeda di setiap kunjungan saya. Satu saat langit didominasi putih karena mendung dan hujan, asik juga minum kopi di warung dekat tepi danau. Menikmati suasana syahdu. Di kesempatan lain cuaca cerah, memanjakan para fotografer dengan langit biru. Semua ada keindahan masing-masing.

Wisata dan Penginapan Danau Laut Tawar

Untuk menikmati keindahan Danau Laut Tawar kita tidak perlu membayar tiket masuk. Kita bisa bebas memilih di tepian mana untuk bersantai dengan gratis. Di beberapa tempat pemandangannya sangat indah. Jangan lupa menikmati wisata kuliner di tepian danau. Menyeruput kopi Gayo. Atau meyantap ikan depik yang rasanya gurih. BIsa tanya-tanya di rumah makan yang ada di Takengon. Untuk penginapan, kita bisa memilih menginap di Kota Takengon atau penginapan yang ada di tepi danau. Tiga kali berkunjung, saya lebih memilih menginap di kota Takengon. Mungkin lain waktu memilih menginap di tepi danau.

Jalan Menuju Takengon

Ada jalan menuju Roma, ada juga jalan menuju Danau Laut Tawar. Ada 3 (tiga pilihan) jika ingin jalan-jalan ke Takengon (Danau Lut Tawar). Bisa dengan Bus/travel Banda Aceh – Takengon. Jarak tempuh Banda Aceh – Takengon sekitar 315 kilometer dalam waktu 7 jam. Pilihan kedua adalah dari Medan dengan menggunakan bus. Jarak tempuh Medan Takengon adalah 427 kilometer, dalam waktu 9,5 jam. Menurut pengamatan saya, bus ke Takengon lumayan bagus-bagus.  Harga tiket antara Rp. 140.000 – Rp. 170.000. Namun saya belum pernah mencobanya.

Yang saya tahu, banyak bus di Aceh, meskipun ber-AC, seringkali drivernya merokok sambil mengendara. Bahkan beberapa perusahaan bus, membiarkan penumpangnya merokok di dalam bus ber-AC. Kecuali bus executive yang tetap menjaga kenyamanan penumpang. Pilihan ketiga menggunakan pesawat. Ada penerbangan Medan – Takengon saat ini. Dari bandara Kuala Namu (KNO) menuju bandara Rembele (TXE). Dengan harga tiket dimulai dari Rp 400.000. Waktu tempuh penerbangan Medan – Takengon 60 menit. Bandara Rembele ini diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Tiga kali jalan-jalan ke Danau Laut Tawar saya selalu menikmati keindahan alam, budaya, kuliner, dan keramahan kawan-kawan di Takengon. Tidak kapok dan tidak bosan, malah ingin datang kembali satu waktu nanti. Atmosfir keindahan khas dataran tinggi yang tentu berbeda dengan suasana pantai. Menjadi satu tempat wisata di Aceh Tengah yang mesti kamu coba kalau sedang berada di Aceh.

Dan itu adalah informasi tentang Wisata Danau Laut Tawar Di Aceh Tengah yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Aceh.