Wisata Kuliner Di Bangka Belitung

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Wisata Kuliner Di Bangka Belitung yang wajib Brader and Sister kunjungi jika ingin berwisata kuliner di belitung.

1. Otak-Otak Khas Belitung 

Camilan berbahan dasar ikan ini merupakan kuliner istimewa di Bangka. Ketika jalan-jalan sore, kamu bisa coba jajanan yang satu ini. Selain di alun-alun Pangkalpinang, kamu bisa cicip otak-otak Bangka di Belinyu. Belinyu memang dikenal sebagai “kampung halaman” otak-otak Bangka, so otak-otak Bangka paling enak biasanya buatan orang Belinyu. Sebagai teman makan otak-otak, coba juga es kacang merah yang manis, lembut dan segar.

Di Bangka, ada berbagai jenis otak-otak, seperti otak-otak satai goreng, aneka pempek rebus, pempek panggang, uyen (talas goreng), empiang (pempek kulit), otak-otak ikan yang dibungkus daun pisang dan dibakar, dan masih banyak lagi. Semuanya enaknya dimakan di tempat, ketika masih ngebul dan panas.

Yang membedakan otak-otak Bangka dengan yang lain adalah cocolannya. Jenis cocolan atau saus yang menemani otak-otak hadir dalam beberapa pilihan, seperti cuka terasi, cuka tauco, dan cuka pedas buatan rumahan. Rekomendasi tempat makan otak-otak di Bangka antara lain otak-otak “Ase” di Jl. Kampung Bintang dan otak-otak “Samoichi” di dekat supermarket lama. Beragam otak-otak khas Bangka juga bisa kamu temukan di samping alun-alun kota Pangkalpinang bisa dengan harga antara 1.500 hingga 2.000 rupiah per-potong.

2. Bakmi Bangka 

Kamu pasti pernah mencicipi Mie Ayam Bangka yang khas dan terkenal itu. Bakmi Bangka atau Mie Bangka adalah kuliner khas Bangka yang sudah sangat dikenal di daerah lainnya, termasuk di Jakarta. Tapi kalo makan di Bangka langsung, rasanya beda dan enak sekali. Gurih daging ayam bercampur nikmatnya bumbu minyak wijen. Di Bangka, pilihan daging yang menyertai bakmi-nya tak hanya ayam. Ada juga mie babi. Jadi sebaiknya kalo kamu tidak bisa makan makanan non-halal, tanya-tanya dulu ya. Untuk teman makan Mie Bangka, ada semangkuk bakso yang isinya macam-macam, seperti bakso ikan, fukian (otak-otak yang dibungkus kulit tahu), sayuran dan tahu. Tambah sambal tauco, yummy! Tempat makan Mie Bangka yang recommended adalah di kedai mie “Akau”  di Jalan Kampung Bintang. Pilihan lainnya ada rumah makan “Asu” di dekat Plaza Ramayana. Kedua tempat itu memang ramainya minta ampun, jadi harus sabar menunggu ya.

3. Gangan Belitung Gangan adalah makanan has dan boleh di bilang paling favorite khas Belitung. Gangan adalah sejenis sup pindang ikan laut . Ikan yang paling lezat untuk di masak gangan adalah ikan ketarap, ikan ketarap adalah sejenis ikan karang yang banyak terdapat di seputaran laut Belitung. Dalam penyajiannya, gangan sering pula Ditambahkan pula potongan buah nanas yang tentunya memberi tambahan sensasi berbeda: segar dan asam. Daun salam adalah bumbu pelengkap pamungkas lainnya sebagai penguat aroma. Gangan dianjurkan dimasak pedas karena aroma pedas dapat menetralisir bau amis ikan. jadi jangan lewatkan untuk menikmati kuliner khas belitung ini bila anda belibur ke Belitung.

4. Kricu Khas Belitung 

Kericu merupakan kuliner masih masuk dalam kategori sea food yang mempunyai rasa cukup enak, kericu juga merupakan makanan dengan gizi tinggi karena campuran dari sea food tersebut. Makanan ini bentuknya lonjong kering sebagai camilan seperti kerupuk. Makanan ini berbahan utama telur cumi-cumi dan sagu. Cara pembuatan kuliner ini adalah telur cumi-cumi dihaluskan sampai lembut. Adonan telur cumi-cumi yang sudah lembut kemudian ditambah tepung sagu (tapioka).
Setelah itu, adonan ditambahi bumbu lainnya seperti lengkuas, bawang merah, bawang putih, garam, serta bumbu-bumbu lainnya. Setelah adonan dibentuk menjadi lonjong dengan sisi ujung runcing, maka adonanpun siap di masak. Cara memasak kuliner yang renyah ini ialah dengan digoreng sampai kering. Agar makanan ini menjadi awet, anda bisa menaruh makanan ini diwadah tertutup. Makanan ini dapat anda jumpai di tempat-tempat yang menyediakan oleh-oleh kuliner Bangka Belitung.
 Dan itu adalah informasi tentang Wisata Kuliner Di Bangka Belitung Yang Wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Bangka Belitung.