in

Wisata Kuliner Di Banjarmasin

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Wisata Kuliner Di Banjarmasin yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang ingin wisata kuliner di Banjarmasin.

1. Nasi Kuning Masak Habang Nasi kuning masak habang atau dalam bahasa Indonesia berarti masak merah sangat cocok untuk sarapan pagi. Banyak penjual nasi kuning ini di tepian jalan kalau pagi hari, akan tetapi menjelang siang, mereka akan menutup lapak dagangannya. Berbeda dengan yang jual nasi kuning di restoran atau warung makan. Mereka akan menyediakannya dari pagi sampai malam tiba.

Nasi kuning masak habang biasa dimakan bersama dengan aneka macam lauk yang lezat dan enak. Diantaranya adalah ayam, telur bebek, sampai dengan iwak haruan atau ikan gabus yang harganya lumayan tinggi di pasaran. Ikan gabus enak dimasak apa saja baik digoreng, pepes, bakar, dan lain-lain.

2. Soto Banjar 

Seperti telah saya katakan di atas, Banjarmasin identik dengan soto banjar. Soto banjar sudah menjadi sajian wajib di kota ini. Warung makan yang menyediakan soto banjar pun tak terhitung jumlahnya, bertebaran hampir di seluruh pelosok kota, pun dengan merek masing-masing. Soto banjar berbahan dasar ayam, telor dengan campuran bumbu rempah lengkap dengan kayu manis menjadikan rasa khas soto banjar berbeda dengan soto-soto lainnya di nusantara.

Kuah soto banjar biasanya ditambahkan susu sehingga sedikit lebih kental. Perkedel dan jeruk nipis (limau kuit) menjadi pelengkap yang wajib untuk menu masakan ini. Nah, yang unik adalah jika anda memesan soto banjar, maka anda akan disajikan soto lengkap dengan lontong. Namun jika anda ingin lontong diganti nasi, makan pesanlah nasi sop. So jangan salah.

3. Ketupat Kandangan 

Ketupat Kandangan (atau dalam Bahasa Banjar : Katupat Kandangan) merupakan kuliner khas yang berasal dari daerah Kandangan, Hulu Sungai Selatan. Kalsel. Seperti ketupat pada umumnya, bahan untuk membuat ketupat berasal dari beras. Perbedaan ketupat Kandangan dengan jenis ketupat lainnya adalah penggunaan ikan gabus (haruan) sebagai menu pelengkap. Ikan gabus ini dipanggang lebih dulu sebelum dimasak menggunakan santan. Kemudian, ikan gabus beserta kuahnya disiramkan ke ketupat. Kuliner ini dapat dihidangkan untuk makan pagi, siang atau malam.

Ketupat disiram dengan kuah bersantan yang diracik dari bumbu-bumbu tradisional seperti kayu manis, pala, cengkih dan kapulaga. Kuah agak kental dengan rasa yang sangat khas gurih. Oh ya saking tak bisa dipisahkannya antara ketupat Kandangan dengan ikan haruan, beberapa warung makan memilih tutup alias tidak buka saat ikan haruan langka di pasaran.

3. Nasi Itik Gambut 

Tak jelas kapan makanan ini mulai tenar.  Mungkin sejak puluhan tahun lalu. Jika anda dari Bandara Syamsudin Noor  dan menuju ke Kota Banjarmasin, maka anda akan melewati sebuah daerah (kota kecamatan) yang bernama Gambut.

Daerah ini mempunyai masakan khas yaitu nasi itik Gambut. Nasi putih dengan lauk itik dengan bumbu habang (merah) khas Banjar yang sangat istimewa di sini. Satu porsi disajikan dalam bungkus daun pisang, anda tinggal ambil karena sudah disiapkan sejak awal.

Banyak warung yang menyediakan menu ini dan semua terkonsentrasi di sebuah area. Tepatnya di Jl. A Yani Km 14  Gambut. Anda bisa memilih warung yang anda sukai di sekitar  Gambut.

Dan itu adalah informasi tentang Wisata Kuliner Banjarmasin yang wajib Brader and Sister kunjungi jika ingin berwisata kuliner di Banjarmasin.

Wisata Alam Yang Ada Di Banjarmasin

Tempat Wisata Di Belitung Selain Pantai