Wisata Kuliner Gudeg Solo

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Wisata Kuliner Gudeg Solo, yang wajib Brader and Sister kunjungi jika ingin Wisata Kuliner di Solo.

1. Gudeg Ceker Bu Kasno 

Gudeg Ceker ini  bukanya bukan sore atau pagi hari seperti layaknya gudeg-gudeg yang lain, melainkan sekitar jam 01.00 dini hari sampai pagi sekitar jam 06.00 /07.00 wib. Namun menjelang subuh, biasanya Gudeg Ceker sudah habis dibeli pelanggan. Meskipun hanya buka pada dini hari, gudeg ini menjadi incaran bagi para pemburu kuliner yang dilanda kelaparan selepas tengah malam. Meski pada jam ini bukanlah waktu yang wajar bagi orang untuk keluar rumah, ternyata terlihat banyak sekali kerumunan pembeli di sini. Pemandangan unik yang jarang sekali bisa Anda temukan di sebuah lokasi kuliner.

Bila akhir pekan tiba, antrean pengunjung memenuhi warung tenda berukuran sekitar 20 meter persegi itu. Terlebih lagi saat Ramadhan. Banyak sekali yang menikmati suasana sahur di sini. Jika anda bertandang ke warung ini, keramahan baik dari Bu Kasno sendiri maupun dari pegawainya akan siap melayani anda. Masih sepinya aktivitas sebuah kota , sesekali suara bus antar kota menyapa dan alunan lagu -lagu dari pengamen menjadi cerita dan kenangan tersendiri.

Selain itu, warung ini tidak menggunakan meja, tetapi hanya menggunakan bangku panjang yang ditata sedekian rupa untuk melayani para tamu. Sehingga ketika makan, piringnya disangga atau dibawa dengan tangan.  Di dalam warung, Bu Kasno duduk dan siap melayani pesanan para pembeli. Di hadapannya ada baskom-baskom berisi gudeg, sambel goreng, ceker ayam, dan aneka lauk pauk seperti ayam, telur pindang, dan tahu tempe.

Pengunjung bisa memesan gudeg, lauk, dan cakar ayam sesukanya. Tidak jarang ada pembeli yang memesan cakar ayam hingga 10 buah. Seporsi gudeg dengan lauk ayam suwir dan tentu saja tiga ceker ayam diracik oleh Bu Kasno dengan sigap, kurang dari dua menit. Nasinya empuk, pulen, enak dan porsinya bisa dibilang sedikit. Tapi cocok untuk disantap pada jam makan yang tak lazim ini. Berbeda dengan gudeg Yogya yang rasanya dominan manis, gudeg racikan Bu Kasno cenderung lebih asin dan gurih.

Sajian Gudeg Ceker terasa semakin nikmat dengan kuah serta bumbu areh berwarna putih pucat yang disiram di atasnya. Sambel gorengnya juga istimewa. Kerupuk rambak kulit sapi benar-benar terasa. Jika masih merasa kurang pedas, pengunjung bisa bebas mengambil sambal matang yang tersedia di dalam wadah kendi.

2. Gudeg Ceker Bu Mari 

Warung Spesial Nasi Gudeg Bu Mari di Solo, Jawa Tengah, dapat menjadi pilihan tepat berwisata kuliner. Salah satu keunggulannya adalah warung ini buka 24 jam penuh. Warung gudeg yang berada di Jl Gatot Subroto ini merupakan warung gudeg populer yang sudah ada sejak 60 tahun yang lalu. Rata-rata pengunjung yang datang berasal dari Jawa Timur namun juga banyak yang datang dari luar pulau seperti Kalimantan, Tangerang, Jakarta, dan lain-lain.

Harga untuk nasi gudeng plus lauk pauk yaitu dengan paha ayam harganya Rp 25.000, nasi gudeg dengan ceker Rp 25.000, nasi gudeg ayam suwir Rp 17.000, nasi gudeg dengan telor Rp 15.000 sedangkan nasi gudeg dengan tahu Rp 13.000. Satu porsi nasi gudeg ceker ini berisi 10 potong ceker yang teksturnya sangat lunak. Selain gudeg, menu makanan berupa bubur lemu juga disajikan di warung iniWarung ini termasuk populer di kalangan tokoh dan artis nasional karena terdapat banyak foto-foto artis dan tokoh yang dipajang di atas meja besar antara lain Hatta Rajasa, Irfan Hakim, dan Amien Rais.

Dan itu adalah informasi tentang Wisata Kuliner Solo Gudeg Ceker, yang wajib Brader and Sister Kunjungi jika ingin berwisata Kuliner di Kota Solo.